Blog - Tips Memilih Bantal Sesuai Posisi Tidur Favorit

Tips Memilih Bantal Sesuai Posisi Tidur Favorit
By Pamella Fricylia 01/08/2018 06.15 Comments

Bantal adalah perlengkapan tidur kedua yang terpenting setelah kasur. Sayangnya, banyak yang menyepelekan, padahal bantal berfungsi menopang kepala kita ketika tidur. Oleh karena itu, memilih bantal pun tak boleh sembarangan. Sebaiknya sesuaikan dengan posisi tidur kamu.

Lebih jelasnya, InTheBox akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tips memilih bantal hingga waku yang tepat untuk mengganti bantal. Yuk, baca sampai selesai untuk tidur lebih nyaman dan sehat!

Lebih Bagus Bantal Tebal atau Bantal Tipis?

Sebelum kita bahas mengenai tips memilih bantal sesuai posisi tidur favorit, kini kita bahas terlebih dahulu mengenai jenis bantal yang bagus untuk dipilih. Tak jarang seseorang bertanya:

Lebih bagus pakai bantal tebal (tinggi) atau bantal tipis (pendek)?

Kalau kamu juga penasaran dengan jawabannya, berikut penjelasan pemilihan bantal:

Dikutip dari berbagai sumber, ukuran bantal yang bagus adalah dengan ketinggian sekitar 10 cm. ukuran bantal sepert ini tergolong sempurna karena mampu menopang otot leher dan tulang belakang dengan sangat pas.

Perlu kamu ketahui,ukuran bantal yang terlalu tebal dan tinggi malah akan membuat otot leher menjadi tegang karena posisi kepala dan leher jadi condong ke depan. Efeknya akan menyebabkan sakit leher dan leher kaku.

Bagaimana dengan bantal yang tipis?

Sayangnya, bantal yang terlalu tipis juga ternyata kurang bagus untuk tulang dan otot leher kamu. Ini akan memicu leher yang tertarik ke belakang saat tidur, sehinga bisa memicu leher sakit.

Tips Memilih Bantal Sesuai Posisi Tidur

Selama ini seperti apa cara kamu memilih bantal? Kalau kamu hanya memilih tanpa pertimbangan, coba mulai sekarang disesuaikan dengan posisi tidur favorit kamu. Begini cara memilih abntal yang baik dan ideal berdasarkan posisi tidur:

  • Posisi Tidur Telentang

Kalau posisi tidur kamu telentang, maka sebaiknya pilih bantal yang tipis. Ini akan membuat posisi leher kamu tidak terlalu ke depan. Jika memungkinkan, pilihlah bantal yang permukaan bagian bawahnya lebih tebal dan bagian atasnya lebih tipis. Ini akan membuat posisi kepala kamu tersangga dengan baik.

Bantal yang cocok untuk posisi tidur telentang adalah jenis memory foam. Jenis bantal ini memiliki bentuk yang paling sesuai dengan kepala dan leher. Jenis bantal yang satu ini juga bisa dikatakan mirip dengan bantal air.

  • Posisi Tidur Menyamping

Berbeda lagi jika kamu terbiasa posisi tidur menyamping. Kalau posisinya seperti ini, maka kamu disarankan untuk memilih bantal yang lebar dan padat. Bentuknya yang melebar akan membuatmu lebih leluasa saat tidur karena ada jarak antara bahu dan telinga.

Bukan hanya itu, bentuk bantal seperti ini juga memungkinkan kamu untuk memeluknya dengan cara mengempit bantal di antara lulut saat tidur. Percaya atau tidak, posisi tidur seperti ini akan membantu membuat tulang belakang lebih sejajar.

  • Posisi Tidur Tengkurap

Bagaimana dengan posisi tidur tengkurap?

Kalau posisi tidur kamu seperti ini, maka jangan pernah memilih bantal tebal karena akan menyulitkanmu saat bernapas. Kamu harus memilih bantal yang lebih tipis dari bantal untuk posisi tidur telentang. Begini penjelasannya:

Posisi tidur tengkurap lebih berisiko menutup jalur pernapasan, bahkan sebaiknya kamu tak perlu menggunakan bantal untuk kepala, tapi gunakanlah bantal tipis di bawah perut. Ini akan membantu kamu terhindar dari sakit punggung bawah.

Kapan Harus Mengganti Bantal?

Nah, bukan hanya tahu tips memilih bantal, tapi kamu juga harus paham kalau bantal punya masa kadaluarsa. Dengan kata lain, kamu harus mengganti bantal dalam kurun waktu tertentu, tepatnya sekitar 18 bulan sekali atau bahkan lebih.

Cara memeriksa kelayakan bantal adalah dengan melipatnya menjadi dua bagian. Kalau ternyata bantal tak kembali ke posisi semula, kamu harus segera menggantinya.

Kenapa bantal harus diganti?

Bantal yang kita gunakan setiap hari tentu akan menjadi sarang debu, keringat, minyak, air libur, dan bahkan sel-sel kulit mati. Lama-kelamaan, ini akan memicu beragam penyakit, mulai dari gangguan pernapasan hingga penyakit kulit.

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal, memilih bantal tidak bisa sembarangan. Kamu harus memilih bantal yang berkualitas untuk bisa menopang leher dan tulang punggungmu. Coba jatuhkan pilihan pada bantal InTheBox yang bisa memenuhi kebutuhan tidur dengan baik dan sempurna!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields