Blog - 7 Bahaya Tidur Saat Rambut Basah, Mengerikan!

7 Bahaya Tidur Saat Rambut Basah, Mengerikan!
19/10/2018 01.49 Comments

Cukup banyak orang yang mandi di malam hari dan keramas. Sayangnya, banyak juga yang langsung tidur tanpa menunggu rambut hingga benar-benar kering dan biasanya ini dilakukan oleh para wanita yang berambut panjang. Faktanya, ada bahaya tidur saat rambut basah dan ini masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Kira-kira apa saja?

1. Sakit Kepala

Disadari atau tidak, orang-orang yang tidur dengan rambut basah atau lembap akan mengalami sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Ini memang salah satu akibat tidur saat rambut basah karena suhu kepala yang jadi dingin belum bisa menyesuaikan dengan suhu tubuhmu.

Hal ini akan lebih parah kalau kamu membungkus kepala menggunakan handuk. kondisi kepala yang lembap membuat sirkulasi darah di area kulit kepala menjadi tidak stabil. Parahnya, ini bisa mengganggu waktu tidur kamu.

2. Infeksi Kulit Kepala

Seperti yang pernah dibahas oleh inthebox, bantal adalah salah satu perlengkapan tidur yang menjadi "ladang" bakteri yang berasal dari sel kulit mati, keringat, dan air liur. Ketika kamu tidur dengan rambut basah, maka kulit kepala akan sangat lembap an bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Kondisi seperti inilah yang memicu risiko iritasi dan infeksi kulit kepala, bahkan sangat mungkin timbul jamur.

3. Rambut Jadi Lebih Rapuh

Keramas sebelum tidur ternyata bis amenjadi malapetaka untuk kamu kalau langsung tidur sebelum rambut benar-benar kering. Rambut yang masih basah atau lembap sangat rentan, sehingga jika dibawa tidur maka rambut akan lebih cepat rontok, rapuh, dan rusak

4. Rambut Berminyak

Bukan hanya membuat rambut jadi lebih rapuh, bahaya tidur saat rambut basah juga bisa membuatnya lebih berminyak. Kebiasaan ini akan meningkatkan produksi lemak di kulit kepala, sehingga tekstur rambut menjadi lengket karena pH tidak seimbang.Gejala awal rambut berminyak adalah terbangun dengan rambut kusut.

5. Kulit Kepala Gatal

Kulit kepala yang lembap semalaman memicu jamur lebih mudah untuk berkembang biak di kulit kepala atau di sekitar kepala. Gejala pertama yang akan kamu rasakan adalah gatal hingga merasa tidak nyaman, bahkan ketika rambut sudah kering.

Ini bisa semakin parah jika dibiarkan dan penanganannya pun tak bisa sehari langsung sembuh. Pada kondisi tertentu, kamu butuh berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah kulit kepala gatal akibat tidur saat rambut basah.

6. Menyebabkan Flu

Kamu jangan pernah tidur saat rambut basah terlebih dengan suhu ruangan yang dingin karena dapat menyebabkan flu. Kondisi ini akan membuat tubuh semakin dingin, sehingga kekebalan tubuh pun akan menurun dan tubuh jadi lebih rentan akan virus.

7. Nyeri Otot

Ada banyak faktor penyebab nyeri otot dan sebenarnya tidur dengan rambut basah bukanlah satu-satunya hal yang jadi penyebab. Meskipun demikian, adanya perubahan suhu tubuh yang tidak stabil semalaman bisa menyebabkan peredaran darah jadi tidak lancar.

Ketika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka otot akan merasa tegang dan akhirnya terjadi nyeri otot di beberapa bagian tubuh. Rasa nyeri ini umumny terjadi di sekitar area kepala, leher, hingga pundak.

Banyak juga ya bahaya tidur saat rambut basah? Kalau melihat berbagai akibatnya, ada baiknya mulai sekarang keringkan dulu rambut dengan sempurna, lalu beranjak tidur. Jangan pernah menyepelekan kebiasaan ini karena kita tidak pernah tahu bahaya kesehatan apa lagi yang akan mengancam.

Nah, kalau akmu punya kebiasaan tidur dengan rambut basah, biasanya bantal lebih cepat rusak karena sering lembap. Bantal yang sudah sangat lembap akan menjadi sarang jamur, maka ada baiknya kamu ganti ke bantal INTHEBOX yang pasti berkualitas dan super nyaman.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields