Blog - Tidur Mata Terbuka: Penyebab, Bahaya, Cara Mengatasi

Tidur Mata Terbuka: Penyebab, Bahaya, Cara Mengatasi
27/11/2018 13.24 Comments

Anda mungkin pernah melihat seseorang tidur mata terbuka. Banyak yang bilang dan juga mempercayai bahwa sifat orang tidur mata terbuka cenderung rajin dan pintar. Apakah hal tersebut benar? Ada baiknya kita ketahui penyebab, bahaya, dan cara mengatasinya.

Penyebab Tidur Mata Terbuka

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah apa yang menjadi penyebab tidur dengan mata terbuka. Pasalnya, kondisi ini seringkali tidak disadari karena seseorang sedang berada di bawah alam bawah sadar, sehingga tidak tahu apakah ia tidur dengan mata terbuka atau tertutup.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa penyebab tidur mata terbuka adalah adanya gangguan di sekitar mata, seperti nocturnal lagophthalmos. Penyebab nocturnal lagophthalmos adalah terjadinya kelumpuhan di area wajah, tepatnya di otot orbicularis yang ada di sekitar kelopak mata. Hal ini bisa terjadi sementara atau permanen.

Kondisi ini juga bisa menunjukkan bahwa adanya gangguan kesehatan yang sedang dialami, yaitu seperti lemahnya otot wajah, stroke, infeksi, atau bahkan bekas operasi. Ciri-ciri nocturnal lagophthalmos yaitu mata terasa lelah dan kering saat bangun tidur, mata merah, pandangan terasa kabur, sensitif dengan cahaya, atau bahkan seperti ada yang mengganjal di mata.

Penyebab tidur dengan mata terbuka juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan lainnya. Salah satunya adalah exophthalmos atau mata menonjol, sehigga sulit memejamkan mata. Beberapa penyebab lain yaitu karena sedang menderita cacar air, gondok, difteri, polio, atau kusta.

Awas! Ini Bahaya Tidur dengan Mata Terbuka

Mungkin Anda pernah mendengar pernyataan bahwa sifat orang tidur mata terbuka adalah tekun, rajin, dan bahkan pintar. Apakah hal tersebut benar adanya?

Faktanya, berbagai sumber menyebutkan bahwa ada bahaya tidur dengan mata terbuka. Salah satu bahaya yang utama adalah menyebabkan mata kering dan bahkan bisa menimbulkan iritasi. Lebih lanjutnya, ini bisa menyebabkan kerusakan kornea yang berujung kebutaan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Perlu diketahui kalau salah satu fungsi kelopak mata adalah sebagai penghalang dan pemberi akses air mata yang dapat membersihkan bola mata secara merata. Cairan inilah yang membantu mata tetap lembap dan higienis, maka akan sangat bahaya jika tidur mata terbuka.

Bukan hanya itu, tidur dengan mata terbuka juga menunjukkan adanya penyakit yang sedang diderita oleh tubuh. Beberapa di antaranya seperti cacar air, gondok, kusta, difteri, polio, dan penyakit berbahaya lainnya.

Cara Mengatasi Tidur dengan Mata Terbuka

Kini sudah tahu ‘kan apa penyebab tidur mata terbuka?

Sebenarnya kamu tidak perlu terlalu takut dengan bahaya-bahaya yang tercantum di atas. Tentu ini berlaku dengan catatan kamu tahu cara mengatasi tidur dengan mata terbuka yang tepat dan efektif. Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan obat tetes mata untuk melembapkan mata.

Apabila kenyataannya kondisi matamu sudah lebih parah, sangat disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Jangan pernah sepelekan hal ini dan jangan percaya mitos, ya!

Kalau kondisi tidur mata terbuka sudah dapat diatasi dengan baik, langah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidurharian. Pastikan kamu selalu bisa tidur dengan nyenyak setiap malam agar taka da masalah kesehatan lain.

Lengkapi waktu tidur kamu dengan kasur spring bed berkualitas dan unik dari INTHEBOX. Sudah banyak pengguna yang memberikan komentar positif spring bed INTHEBOX. Selain nyaman digunakan, kasur ini juga mudah didapatkan dan juga harga kasur INTHEBOX tergolog murah, lho!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields