Blog - 5 Posisi Tidur yang Berbahaya untuk Kesehatan

5 Posisi Tidur yang Berbahaya untuk Kesehatan
30/08/2018 18.02 Comments

Posisi tidur setiap orang tentu bisa berbeda-beda tergantung kenyamanan masing-masing individu. Seperti apa posisi tidur kamu? Setelah sebelumnya kita pernah bahas posisi tidur yang benar, kali ini InTheBox akan bahas mengenai posisi tidur yang berbahaya untuk kesehatan.

Ya, kamu tidak salah baca. Memang ada beberapa posisi tidur berbahaya yang sebaiknya dihindari. Jangan sampai salah satunya adalah posisi favoritmu. Langsung saja, berikut posisi tidur yang berbahaya untuk kesehatan:

1. Posisi Meringkuk

Kmu suka tidur dengan posisi meringkuk?

Pada posisi tidur ini, biasanya menyamping dengan lutut yang ditekuk ke arah dada. Bagi sebagian orang mungkin ini nyaman, namun nyatanya sangat bahaya bagi kesehatan akrena dapat menyebabkan nyeri punggung dan sakit leher.

Posisi meringkung biasa disebut juga dengan posisi janin karena memang posisinya mirip menyerupai janin yang ada di dalam kandungan. Perlu kamu tahu bahwa posisi kepala yang menunduk dengan dagu hampir menyentuh dada saat meringkuk juga dapat menyebabkan tegang sendi.

2. Posisi Tengkurap

Posisi tidur yang bahaya berikutnya adalah posisi tengkurap. Kenapa berbahaya? Saat kamu tidur dengan posisi ini, maka ada beberapa kondisi yang membuat kesehatan tubuh jadiu emmburuk. Pertama, kamu bisa mengalami gangguan pernapasan, gangguan tulang belakang, bahkan hingga kematian.

Hiy, seram ya?

Begini penjelasannya, posisi tidur tengkurap membuat perut dan dada tertindih dalam waktu yang cukup lama, belum lagi posisi leher yang menyamping. Inilah yang menyebabkan gangguan pernapasan. Tulang punggung kamu juga tidak mendapatkan sandaran yang nyaman.

3. Posisi Kepala Lebih Tinggi

Kamu tim bantal tinggi atau bantal rendah?

Nah, kalau kamu adalah tim tidur dengan bantal tinggi, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan ini. Tidur dengan kepala lebih tinggi memang nyaman, namun usahakan untuk tidak terlalu sering karena tergolong posisi tidur yang berbahaya.

Berdasarkan berbagai sumber, posisi kepala yang lebih tinggi saat tidur akan membuat leher kamu terlalu maju ke depan. Efeknya, asupan dan sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi tidak lancar dan bisa memicu timbulnya penyakit asma.

4. Posisi Tidur Tangan ke Atas

Ketika tubuh lelah, maka merebahkan badan di atas kasur sambal posisi tangan ke atas tentu akan sangat nyaman. Otot-otot tubuh yang kaku terasa benar-benar meregang, bahkan tak jarang seseorang tertidur denagn posisi seperti ini.

Sayangnya, ini tergolong posisi tidur yang berbahaya. Posisi telentang dengan kedua tangan ke atas malah akan memicu asam lambung jadi naik. Bukan hanya itu, saat bangun tidur pun kamu akan merasa pegal-pegal dan sakit di sekitar pundak.

5. Mengangkat Satu Kaki

Posisi tidur yang satu ini memang cukup jarang, namun ada saja yang melakukannya. Gambarannya, kaki diangkat lalu bertumpu pada kaki yang satunya lagi. Kalau kamu juga salah seorang yang menganggap ini nyaman, sebaiknya segera hindari karena ini tergolong posisi tidur berbahaya.

Efek jangka panjang dari mengangkat kaki saat tidur yaitu pada tulang belakang tubuhmu. Kondisi tulang akan menjadi lebih mudah rapuh karena tidak benar-benar istirahat ketika tidur semalaman. Jadi, sebaiknya luruskan kaki ketika tidur.

Itu dia beragam posisi tidur yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Apakah salah satunya ada posisi tidur favorit? Kalau ada, coba untuk ubah posisinya. Memang tak mudah, namun kamu bisa mengubahnya secara bertahap.

Oh, ya, selain posisi tidur berbahaya, perlu diingat juga kalau kesehatan tubuh saat tidur dapat dipengaruhi oleh kondisi kasur yang sudah tidak layak. Yuk, buat tidur lebih berkualitas dan lebih sehat dengan pakai kasur spring bed InTheBox!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields