Blog - 6 Posisi Tidur yang Baik dan Paling Sehat

6 Posisi Tidur yang Baik dan Paling Sehat
06/08/2018 13.15 Comments

Seperti apa posisi tidur kamu setiap hari? Banyak yang bilang, posisi tidur dapat menunjukkan kepribadian seseorang, namun tahukah kamu ternyata ada posisi tidur yang baik dan paling bermanfaat bagi kesehatan. Apa posisi tidurmu termasuk salah satunya?

Kalau selama ini kamu sering mengalami gangguan tidur, ada baiknya mencoba untuk mengubah posisi tidur. Percaya atau tidak, posisi yang tepat akan membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak dan tentunya terhindar dari beragam masalah tidur.

Dikutip dari berbagai sumber, begini posisi tidur yang paling sehat:

1. Telentang dengan Tangan ke Atas

Siapa yang posisi tidurnya seperti ini? Perlu kamu ketahui juga bahwa posisi ini sering disebut “starfish” karena memang menyerupai bintang laut. Posisi seperti ini tergolong sangat bagus untuk tulang punggung karena setiap ruasnya ikut meregang. Selain itu, posisi tidur telentang juga bisa mencegah timbulnya jerawat dan kerutan di wajah

2. Telentang dengan Tangan di Samping

Kalau kamu punya masalah pada tulang punggung atau leher, ada baiknya mencoba posisi tidur yang satu ini. Posisi tidur ini akan membantu meluruskan posisi tulang punggung dan tulang leher, namun jangan pernah menumpukkan terlalu banyak bantal karena malah akan membuat leher kaku dan mendengkur.

Sayangnya, meskipun tergolong posisi tidur yang baik dan sehat, telentang dengan tangan di samping tidak disarankan untuk kamu yang bertubuh gemuk. Kenapa? Faktanya, posisi tidur telentang bisa menghentikan napas sejenak atau yang biasa disebut sleep apnea.

3. Miring dengan Lengan ke Depan

Posisi tidur miring juga biasanya akan berbeda, seperti posisi tangan yang keluar alias tidak berada di samping tubuh. Manfaat tidur miring dengan posisi lengan ke depan adalah menjaga kesehatan tulang belakang dan menghilangkan kebiasaan mendengkur.

Berbeda dengan posisi tidur di poin sebelumnya, posisi tidur miring dengan lengan ke depan sangat disarankan untuk kamu yang bertubuh gemuk. Posisi tidur yang baik ini sama sekali tidak akan memberi tekanan pada bagian tubuh, khususnya pernapasan.

4. Tidur Miring dengan Lengan di Samping

Posisi tidur yang baik dan sehat berikutnya adalah tidur miring dengan lengan di samping. Kenapa posisi tidur ini direkomendasikan?

Nyatanya, posisi tidur yang satu ini memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki struktur tulang belakang, menghilangkan dengkuran, dan mencegah naiknya asam lambung. Tentu posisi tidur ini sangat cocok untuk kamu yang punya masalah lambung dan nyeri leher serta punggung.

5. Tidur Tengkurap

Meski terkesan sesak, nyatanya banyak juga yang tidur dengan posisi tengkurap. Dikutip dari berbagai sumber, posisi tidur tengkurap akan memperlancar pencernaan. Jadi, kalau kamu punya masalah pencernaan, maka tak ada salahnya untuk mencoba posisi ini.

Apabila saat mencobanya kamu sulit bernapas atau merasa sesak dan kesulitan bernapas, sebaiknya jangan dilanjutkan dan cari posisi tidur lain yang membuatmu nyaman. Kamu bisa pilih posisi tidur yang baik dari salah satu poin di atas.

6. Tidur Meringkuk Menyerupai Janin

Posisi tidur yang satu ini sangat disarankan untuk kamu yang sering mendengkur. Tahukah kamu?

Ternyata posisi ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena bisa memperlancar sirkulasi darah. Selain posisi meringkuk, posisi tidur ibu hamil juga disarankan untuk menghadap ke kiri untuk melindungi jantung dan hati agar tidak tertekan rahim.

Itu dia beragam posisi tidur yang baik dan paling sehat untuk tubuh kita. Kalau kamu mau coba posisi tidur yang mana?

Oh, ya, selain memerhatikan posisi tidur, ada baiknya kamu juga memilih kasur yang tepat agar tidur lebih nyaman. Cobalah untuk pakai kasur InTheBox karena sudah terbukti banyak yang puas saat memakainya!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields