Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
posisi-tidur-ibu-setelah-melahirkan-inthebox.jpg

3 Posisi Tidur Setelah Melahirkan (Paling Nyaman)

18 November 2018

Sebelumnya inthebox pernah membahas mengenai posisi tidur saat hamil. Kali ini, kita akan bahas juga posisi tidur setelah melahirkan yang aman dan nyaman bagi para ibu. Kenyamanan tidur menjadi hal yang penting karena ibu harus beristirahat cukup untuk bisa merawat sang buah hati secara maksimal.

Kebanyakan para ibu yang tidak tahu posisi tidur yang aman bagi dirinya ketika sudah melahirkan. Kebanyakan ibu hanya fokus pada posisi tidur saat hamil dan setelah melahirkan. Banyak yang merasa tak perlu memerhatikan posisi tidur dan fokus terhadap penyembuhan luka pasca melahirkan dan merawat sang buah hati.

Posisi Tidur Setelah Melahirkan untuk Redakan Nyeri

Setelah melahirkan, baik itu melahirkan normal atau caesar, ada beberapa bagian tubuh yang terasa nyeri dan bahkan tidak nyaman. Pada kondisi ini, para ibu yang sudah melahirkan pasti akan mendapatkan obat pereda nyeri. Meskipun demikian, posisi tidur ibu setelah melahirkan normal maupun caesar perlu diperhatikan agar otot lebih relaks.

Berikut beberapa posisi tidur setelah melahirkan yang nyaman dan aman untuk ibu:

1. Posisi Tidur Menyamping

Para ibu yang baru melahirkan bisa mencoba posisi tidur menyamping.

Posisi tidur ini sudah terbukti nyaman bagi para ibu. Tidak bisa asal miring, pelu diperhatikan bahwa posisi bokong dan punggung harus tetap sejajar atau lurus. Terkait hal ini, kamu disarankan untuk menyimpan bantal di belakang punggung untuk menyangga posisi punggung.

Hal yang harus diingat, jangan sampai perut bagian depan terlalu tertekuk. Selanjutnya, posisikan tangan di bagian depan dada atau di sekitar kepala untuk memudahkan kamu saat akan bangun untuk menahan tubuh dari posisi tidur.

2. Posisi Tidur Telentang

Posisi tidur setelah melahirkan yang bisa dicoba lagi adalah posisi tidur telentang.

Sebagian besar ibu yang baru melahirkan pasti sangat setuju kalau tidur telentang adalah posisi yang paling nyaman dilakukan setelah melahirkan. Oleh karena itu, banyak yang memilih tidur telentang saat seminggu pertama setelah melahirkan karena bebeapa bagian tubuh tidak mendapatkan tekanan.

Tidur telentang juga ternyata memiliki kekurangan. Posisi tidur ibu setelah melahirkan yang satu ini ternyata menyulitkan tubuh untuk bangun. Keluhan ini umumnya dikeluhkan oleh para ibu yang melahirkan caesar karena saat bangun, perut mendapatkan tekanan lebih.

Tips untuk ibu yang baru melahirkan yang tidur dengan posisi telentang yaitu simpan bantal di bawah lutut ketika akan bangun. Jangan langsung duduk, tapi mundurkan tubuh secara perlahan sambil mengganjal punggung dengan bantal sampai berhasil duduk bersandar di kasur. Oh, ya, posisi tidur telentang juga bisa dikombinasikan dengan tidur menyamping agar lebih nyaman.

3. Posisi Tidur dengan Beberapa Bantal

Posisi tidur setelah melahirkan yang bisa dicoba juga adalah dengan menggunakan bantal tinggi.

Bisa dikatakan posisinya hampir seperti posisi duduk yang bersandar di kasur. Posisi tidur seperti ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk para ibu yang memiliki gangguan pernapasan dan gangguan tidur sleep apnea. Meskipun demikian, jangan terlalu sering tidur dengan posisi ini karena beberapa kasus malah menyebabkan tubuh menjadi lelah.

Perlengkapan Tidur Ibu Setelah Melahirkan: Harus Nyaman

Tak cukup hanya mengetahui dan menerapkan posisi tidur setelah melahirkan, perlengkapan tidur juga harus diperhatikan agar tubuh ibu selalu nyaman ketika beristirahat. Ya, kebanyakan para orang tua malah sibuk memilih perlengkapan tidur bayi tanp mempertimbangkan perlengkapan tidur untuk dirinya sendiri.

Rasa nyeri pasca melahirkan akan lebih tidak terasa dan para ibu pun jadi lebih mudah untuk beristirahat dengan nyaman jika pemilihan kasur dan bantalnya sudah tepat. Pilih yang bukan hanya empuk, tapi juga yang memiliki teknologi untuk menyangga tulang punggung dengan baik agar luka pasca persalinan lebih cepat pulih.

Berkaitan dengan ini, sangat direkomendasikan untuk menggunakan kasur INTHEBOX. Spring bed yang satu ini sudah terbukti memberikan kenyamanan karena mengusung teknologi modern. Gunakan juga bantal INTHEBOX yang memiliki tingkat ketebalan dan keempukan yang sempurna.

ARTIKEL LAINNYA

INTHEBOX Hybrid: Kelebihan, Ukuran Kasur, Harga, dll
3 August 2020
Lagi cari kasur busa yang awet? Pilih INTHEBOX Hybrid yang dilengkapi garansi 10 tahun, material berkualitas, dan harga yang terjangkau. Cek berbagai kelebihan, ukuran, hingga kisaran harganya! Selengkapnya
7 Aturan Tidur Siang yang Baik, Ideal, dan Optimal
19 January 2019
Biasanya kamu tidur siang berapa lama? Ternyata tidur siang yang baik tidak boleh dari 30 menit dan tidak boleh lebih dari jam 3 sore karena bisa berbahaya. Masih ada banyak aturan tidur siang yang ideal. Temukan faktanya agar tubuh segar saat bangun! Selengkapnya
8 Cara Mengatasi Ibu Menyusui	Susah Tidur (Paling Mudah)
11 February 2019
Ada banyak faktor penyebab ibu menyusui susah tidur, terutama karena si kecil yang sering terbangun di malam hari. Jika dibiarkan, maka hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Segera lakukan cara mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui. Ternyata mudah! Selengkapnya
CS1