Blog - 5 Posisi Tidur Saat Pilek dan Flu, Dijamin Nyenyak!

5 Posisi Tidur Saat Pilek dan Flu, Dijamin Nyenyak!
15/10/2018 17.10 Comments

Ketika sedang sakit tentu tubuh butuh istirahat ekstra, namun apa daya terkadang kita bingung bagaimana cara tidur saat flu. Semua posisi tidur saat pilek sudah dicoba, namun tak ada yang membuat nyaman. Hidung tetap tersumbat dan sulit bernapas. Kalau begini, harus bagaimana?

Posisi Tidur yang Nyaman Saat Pilek

Tak jarang ketika seseorang sedang pilek atau flu, hidung pun akan tersumbat. Kalau sudah begini pastinya akan sulit bernapas, sehingga akan susah istirahat. Biasanya ketika sedang pilek baru akan tertidur setelah minum obat.

Kalau kamu sering susah tidur saat sakit karena hidung tersumbat, coba beberapa posisi tidur saat pilek dan flu berikut ini:

1. Posisi Tidur Miring

Hidung tersumbat ketika flu bisa kamu siasati dengan posisi tidur miring. Cobalah untuk memilih salah satu sisi, yaitu antara sisi kanan atau kiri. Kamu bisa sesuaikan dengan kondisi hidung tersumbat. Sangat disarankan untuk tidur miring ke arah hidung yang paling tersumbat untuk melegakan hidung yang satunya.

Tidur miring nampaknya akan menjadi posisi tidur saat poilek yang favorit, terlebih di beberapa hari awal tubuh mulai terserang virus. Ini akan sangat membantu kamu bisa bernapas dengan mudah meski sedang mengalami sesak napas.

2. Posisi Tidur Telentang

Posisi tidur saat pilek yang satu ini memang tak akan membuat hidung tersumbat kamu hilang. Meskipun demikian, tidur telentang bisa memberikan kenyamanan pada bagian punggung karena tak jarang juga tubuh merasa pegal dan linu ketika sedang flu.

Kamu bisa mencoba posisi telentang saat pilek dan flu apabila memang sedang tidak tersumbat. Jangan paksakan posisi ini untuk membuat punggung jadi nyaman karena malah akan membuat sesak. Tambahkan satu bantal untuk membuat posisi kepala sedikit lebih tinggi dan nyaman.

3. Tambahkan Beberapa Bantal

Mau bagaimanapun posisi tidur saat pilek pilihanmu, sangat disarankan untuk menambahkan beberapa bantal di bawah kepala. Tujuannya untuk membuat posisi kepala jadi lebih tinggi dari biasanya, sehingga akan membantu menghilangkan hidung tersumbat menjelang tidur.

Jangan gunakan bantal terlalu banyak dan juga yang terlalu keras. Pastikan bantal yang kamu pilih bisa memberikan kenyamanan agar tak meninggalkan rasa pegal di sekitar bahu dan leher. Jika ingin posisi yang terbaik, coba gunakan bantal INTHEBOX yang sudah pasti empuk dan lembut.

4. Buat Kamar Tidur Jadi Lebih Gelap

Saat sedang sakit, biasanya kita jadi lebih sensitif dan mudah terbangun di malam hari. Ada beberapa faktor penyebab, mulai dari posisi tidur saat pilek yang tidak nyaman atau memang kondisi kamar yang dirasa kurang nyaman untuk beristirahat.

Ada baiknya ketika sedang pilek atau flu, kamu menciptakan suasana baru di kamar. Bukan berarti harus didekorasi, namun cukup buat kamar jadi lebih gelap untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak. Kalau tak bisa tidur dengan lampu mati, coba gunakan penutup mata tidur. Ini bisa jadi cara tidur saat flu yang cukup membantu.

5. Coba Bernapas dengan Mulut

Cara tidur saat flu ini bisa kamu lakukan kalau sudah “menyerah” dengan keadaan. Sudah mencoba berbagai posisi tidur saat pilek yang poaling nyaman, namun tetap sesak? Langkah terakhir, cobalah posisi tidur yang paling nyaman dengan bernapas perlahan melalui mulut. Kalau kamu mau melakukannya, hal yang butuh dipastikan adalah kenyamanan posisi tidur dan kepala.

Nah, itu dia beberapa posisi tidur saat pilek dan flu. Semoga bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu. Jangan lupa gunakan kasur INTHEBOX agar kamu terhindar dari linu dan pegal saat sedang tidak enak badan.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields