Blog - Penyebab Tidur Ngiler, Tanda Penyakit Berbahaya?

Penyebab Tidur Ngiler, Tanda Penyakit Berbahaya?
14/09/2018 02.01 Comments

Siapa di antara kamu yang sering ngiler saat tidur? Kebiasaan ini tentu tergolong menjijikan dan bahkan memalukan jika kamu menginap bersama teman atau tak sengaja tertidur di jalan. Sebenarnya, apa sih penyebab tidur ngiler? Temukan jawaban lengkapnya dalam artikel ini!

Siapa Saja yang Bisa Ngiler?

Sebelum kita bahas lebih jauh penyebab tidur ngiler, kita bahas dulu sebenarnya siapa saja yang bisa ngiler. Biasanya, ngiler saat tidur akan lebih banyak dialami oleh anak-anak. Alasannya sederhana, ngiler pada anak terjadi karena mereka belum mampu mengendalikan otot mulut dan rahang.

Bukan hanya pada anak, faktanya orang dewasa yang ngiler saat tidur juga tergolong wajar. Biasanya ini terjadi ketika seseorang memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka. Faktor penyebab lainnya, hampir semua fungsi tubuh beristirahat, sehingga kamu tak memiliki control secara sadar untuk menelan air liur yang sudah terkumpul di mulut.

Penyebab Tidur Ngiler

Kini sudah tahu ‘kan siapa saja yang bisa ngiler saat tidur?

Nah, kembali lagi ke bahasan utama kita yaitu mengetahui apa saja penyebab tidur ngiler. Percaya atau tidak, berbagai sumber menyebutkan bahwa tidur ngiler ternyata menandakan adanya masalah kesehatan di tubuh.

Ini dia penyebab tidur ngiler yang ternyata berbahaya dan belum banyak diketahui:

1. Posisi Tidur

Fktor penyebab pertama adalah posisi tidur kamu. Beberapa posisi tidur, seperti tidur miring atau telentang akan lebih berisiko ngiler. Ini disebabkan posisi mulut berada lebih bawah dan juga terbuka, sehingga air liur sangat mungkin untuk mengalir ketika tidur. Berbeda halnya jika kamu tidur dengan posisi telentang, maka air liur akan tertelan secara alami.

2. GERD

Gastroesophageal reflux disease atau yang disingkat dan dikenal dengan GERD. Kondisi seperti ini akan membuat kamu merasa panas dan terbakar di area dada dan ternyata ini juga bisa menjadi penyebab tidur ngiler karena produksi air liur berlebih dan refleks menelan air liur saat tidur pun berkurang.

3. Alergi

Percaya atau tidak, ternyata alergi juga bisa menyebabkan kamu tidur ngiler. Pemicu yang paling sering terjadi adalah alergi rhinitis atau yang disebut juga dengan hay fever. Apa itu alergi rhinitis? Alergi rhinitis adalah berbagai gejala alergi yang dirasakan oleh tubuh atau bisa dibilang juga sebagai komplikasi alergi. Ini memang tidak terlalu berbahaya, namun memang menjadi penyebab tidur ngiler.

4. Stroke

Penyebab tidur ngiler yang berikutnya adalah menderita penyakit stroke. Bukan hanya itu, penderita celebral palsy dan parkinson juga sangat berisiko ngiler saat tidur. Tentu saja ini terjadi karena otak dan saraf-saraf yang mengatur rahang tidak berfungsi dan berkoordinasi dengan baik.

5. Infeksi Saluran Pernapasan

Salah satu contoh infeksi saluran pernapasan yang dimaksud di sini adalah sinusitis. Penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas atau menelan ketika sedang kambuh atau memang sudah parah. Tak jarang juga penderitanya seringkali bernapas melalui mulut. Kondisi seperti ini tentu tak bisa dikontrol atau diatasi ketika tidur. Ketika mulut selalu terbuka saat tidur, maka kemungkinan besar untuk ngiler tak bisa dipungkiri lagi.

Itu dia berbagai penyebab ngiler saat tidur yang ternyata bisa menandakan adanya masalah kesehatan. Bahkan, masih ada juga berbagai penyebab lain yang membuat kita ngiler saat tidur. Jadi, jangan pernah anggap lagi kalau ngiler adalah tanda tidur nyenyak. Kalau kamu mau benar-benar tidur nyenyak, pilihlah kasur spring bed INTHEBOX!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields