Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
ngantuk-tapi-susah-tidur-inthebox.JPG

5 Penyebab Ngantuk tapi Tidak Bisa Tidur, Ternyata...

13 September 2018

Pernahkah kamu merasa ngantuk, tapi susah tidur? Tubuh rasanya sudah sangat lelah, mata sudah dipejamkan, namun tetap saja tidak bisa tidur. Tak jarang juga keesokan paginya malah jadi mengantuk karena merasa kurang tidur. Sebenarnya apa sih penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur?

Ada banyak faktor penyebabnya, mulai dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal yang dimaksud di sini adalah gangguan yang terjadi pada tubuh kita, sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengaruh kasur atau kamar tidur.

Ini dia berbagai penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur:

1. Perubahan Aktivitas atau Jam Kerja

Faktor penyebab yang pertama, bisa dipengaruhi oleh perubahan jam kerja harian. Biasanya penyebab yang satu ini banyak dialami oleh pekerja shift. Misalnya saja kamu ditugaskan bekerja shift malam, tentu ini mengharuskan kamu terjaga di malam hari.

Jika kondisinya seperti itu, maka mau tak mau kamu harus mengubah pola tidur menjadi pagi atau siang hari. Meski tubuh sudah lelah bekerja semalaman, belum tentu kamu akan langsung bisa tidur saat pagi harinya karena memang tubuh belum terbiasa.

2. Mengalami Stres atau Depresi

Kondisi stres atau depresi adalah penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur yang cukup banyak dialami banyak orang. Kondisi ini akan membuat kamu memikirkan banyak hal dan bahkan bisa menimbulkan rasa takut atau cemas berlebih, sehingga otak bekerja lebih aktif dan membuat susah tidur.

Ada ciri-ciri yang perlu kamu waspadai, seperti kondisi tubuh yang cepat lelah, mudah marah, hingga susah tidur meski sudahsangat lelah dan mengantuk. Kalau penyebabnya karena depresi, ada baiknya kamu segera konsultasikan ke dokter sebelum jam tidur semakin terganggu dan berdampak pada masalah kesehatan.

3. Olahraga Malam

Kalau kamu kini sering berolahraga malam hari, maka jangan heran susah tidur meski sudah ngantuk. Orang-orang yang berolahraga malam biasanya menghabiskan waktu di pusat kebugaran setelah jam pulang kantor.

Banyak yang berpikir kalau olahraga malam akan membuat lebih cepat tidur karena tubuh ada dalam kondisi lelah. Faktanya, olahraga malam adalah penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur yang sangat berpengaruh. Ini disebabkan oleh masih adanya lonjakan energi dalam tubuh.

4. Sakit & Mengonsumsi Obat

Kondisi kesehatan juga bisa menjadi penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur. Ketika kamu menderita penyakit tertentu, maka pola tidur akan jadi terganggu karena adanya gangguan tidur. Beberapa penyakit yang memicu susah tidur adalah gangguan pernapasan, diabetes, penyakit ginjal, penyakit jantung, dll.

Bukan hanya menderita penyakit, susah tidur meski sudah ngantuk juga bisa disebabkan karena kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat memang memicu timbulnya rasa kantuk, namun tak dapat membuat tidur jadi nyenyak.

5. Bantal atau Kasur yang Tidak Nyaman

Penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur yang terakhir adalah kondisi bantal atau kasur yang tidak nyaman. Dapat dipastikan kamu akan terus-menerus mencari posisi tidur yang dirasa pas karena tak kunjung bisa tidur. Waktu tidur kamu bisa terbuangs elama berjam-jam hanya karena mencari posisi tidur yang pas. Pernah mengalaminya?

Sangat mudah mengatasi penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur yang satu ini. Kamu hanya perlu memastikan pakai perlengkapan tidur yang nyaman seperti bantal dan kasur INTHEBOX. Tak butuh waktu lama, dijamin kamu akan bisa langsung tidur saar merebahkan diri di kasur!

ARTIKEL LAINNYA

7 Tips Memilih Kasur Busa yang Bagus dan Awet
21 July 2020
Ketika membeli kasur busa, jangan hanya melihat bagian cover, harga, atau merk. Nyatanya masih ada banyak tips memilih kasur busa yang harus kamu perhatikan. Dengan mengetahui tipsnya, dijamin kasur busa akan awet, nyaman, dan berkualitas. Apa saja tipsnya? Selengkapnya
Clinomania, Kecanduan Kasur yang Bikin Mager Seharian
30 August 2018
Bermalas-malasan di kasur seharian memang sangat asyik, tapi awas kamu terkena kelainan clinomania! Apa itu clinomania? Ini merupakan kelainan psikologis yang membuat penderitanya malas bergerak alias mager untuk beranjak dari kasur. Ketahui gejala dan pengobatannya, yuk! Selengkapnya
Review INTHEBOX 101: Kelebihan, Ukuran, dan Harga
1 December 2020
Salah satu produk INTHEBOX adalah INTHEBOX 101, yang dihadirkan dalam rangka merayakan 101 ribu pengikut INTHEBOX di Instagram. Berikut adalah review INTHEBOX 101 yang membahas kelebihan, ukuran, dan harga dari INTHEBOX 101! Selengkapnya
CS1