Blog - 5 Penyebab Mimpi Buruk yang Bisa Dihindari

5 Penyebab Mimpi Buruk yang Bisa Dihindari
08/09/2018 15.42 Comments

Pernah terpikir apa penyebab mimpi buruk? Mimpi buruk saat tidur tentu menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Bagaimana tidak? Istirahat jadi terganggu dan bahkan merasa tidak segar saat bangun tidur karena terbayang-bayang mimpi semalam. 

Tentu mimpi bukanlah hal yang datang begitu saja. Ada faktor yang bisa membuat kita bermimpi, termasuk saat mimpi buruk. Cara mengatasi mimpi buruk pun bisa dikatakan tidak mudah, namun ada beberapa penangkal mimpi buruk yang bisa kamu lakukan.

Langsung saja, ini dia penyebab mimpi buruk dan cara mengatasinya:

1.  Makan Berat Sebelum Tidur

 Faktor penyebab yang pertama adalah makan sebelum tidur. Ketika kamu mengonsumsi makana tinggi karbohidrat, ink akan meningkatkan aktibitas otak dan juga metabolisme tubuh. Inilah yang mendorong kinerja otak dan akhirnya berpengaruh pada mimpi. 

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengontrol diri untuk tidak makan atau ngemil menjelang tidur. Usahakan mengonsumsi makanan beberapa jam sebelum tidur agar tak menyebabkan mimpi buruk dan juga obesitas. cara 

2. Cemas Berlebih atau Stres

Faktor penyebab mimpi buruk yang selanjutnya adalah rasa cemas berlebih atau stres. Bisa dikatakan juga bahwa ini adalah salah satu penyebab utama mimpi buruk. Ketika seseorang stres pun bahkan bisa ikut memengaruhi siklus tidurnya.

Ada juga penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang sedang banyak pikiran, stres, atau cemas berlebih akan berisiko bermimpi buruk. Persentasenya pun cukup tinggi yaitu antara 52 persen hingga 96 persen. Jadi, cara mengatasi mimpi buruk adalah dengan berusaha selalu tenang dalam menghadapi apapun.

3. Pengalaman Sehari-hari

Tak dapat dipungkiri kalau kita sering memimpikan apa yang sudah pernah dialami atau setidaknya kejadiannya serupa dengan apa yang sedang kita pikirkan. Hal ini tentunya karena mimpi sangat berhubungan erat dengan memori yang tertanam di otak.

Bisa saja penyebab mimpi buruk adalah pengalaman negatif yang terakumulasi, termasuk trauma atau perasaan sedih di masa lalu. Cara mengatasi mimpi buruk untuk kasus yang satu ini tergolong rumit karena tak bisa diatur dengan mudah. Mau tidak mau, kamu harus bisa hidup lebih bahagia atau selalu berpikiran positif untuk menghindarinya.

4. Efek Samping Obat

Jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu, maka kemungkinan besar untuk bermimpi atau berhalusinasi jadi lebih tinggi. Biasanya penyebab mimpi buruk adalah jika kamu mengonsumsi obat yang mengandung antidepresan. 

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Obat mengandung bahan kimia yang tentu akan berpengaruh pada tubuh, bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit. Bahan kimia inilah yang akan menstimulasi otak, sehingga kamu sangat berkemungkinan untuk mengalami mimpi buruk ketika sakit dan mengonsumsi obat.

5. Kurang Tidur

Berubahnya jadwal tidur atau bahkan kurang tidur bisa menjadi penyebab mimpi buruk. Seseorang yang sering begadang akan lebih berisiko mimpi buruk dibandingkan yang tidur tepat waktu.

Kalau kamu sering terganggu dengan mimpi buruk yang terus-menerus muncul, maka cara mengatasinya adalah dengan tidur cukup. Ini akan efektif membantu kamu tidur lebih nyaman dan terhindar dari mimpi buruk.

Perlu kamu tahu kalau penyebab mimpi buruk juga bisa dipengaruhi oleh tidur yang tidak nyenyak karena Kasur yang tidka nyaman. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih Kasur INTHEBOX agar tidur jadi nyenyak dan terhindar dari mimpi buruk.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields