Blog - Penyebab Ketindihan Saat Tidur & Cara Mengatasi

Penyebab Ketindihan Saat Tidur & Cara Mengatasi
06/09/2018 22.53 Comments

Kamu pernah dengar atau mengalami langsung ketindihan saat tidur? Banyak yang bilang kalau ketindihan atau kelumpuhan tidur disebabkan oleh gangguan makhluk halus, sehingga membuat kita sulit bernapas dan bergerak. Sebenarnya, apa penyebab ketindihan?

Dalam dunia medis, sebenarnya tidak ada gangguan tidur ketindihan dan penyebabnya pun bisa dijelaskan secara ilmiah. Bukan hanya itu, ada juga cara mengatasi ketindihan yang harus kamu tahu Yuk, kita bahas lebih jauh!

Apa Itu Ketindihan?

Ketindihan adalah sleep paralysis yang merupakan salah satu gangguan tidur. Sebenarnya ini adalah kondisi tubuh yang mengalami kelumpuhan sesaat. Jika ditanya bahaya atua tidak, ketindihan saat tidur sama sekali tidak berbahaya.

Biasanya, sleep paralysis atau ketindihan akan dialami oleh seseorang dalam hitungan detik atau menit. Tak pandang usia, fenomena ini dapat dialami oleh siapa saja, baik pria atau wanita dan remaja atau dewasa.

Penyebab Ketindihan Saat Tidur

Kini sudah tau ‘kan apa itu ketindihan? Selanjutnya, kita bahas juga apa sebenarnya penyebab sleep paralysis. Banyak orang yang merasa takut yang berpikir kalau penyebab ketindihan adalah adanya gangguan makhluk halus yang membuat tidak bisa bergerak atau bahkan bernapas.

Sebenarnya, faktor penyebab ketindihan yang sering dialami yaitu karena:

1. Kurang Tidur

Ketika kurang tidur, mungkin saja kamu akan mengalami ketindihan. Penyebab ketindihan yang satu ini memang masuk akal mengingat ketika kita kurang tidur, pasti saat bangun pun badan akan merasa lemas dan bisa saja ada masalah di beberapa bagian otot tubuh.

2. Kelelahan

Penyebab ketindihan yang berikutnya adalah kelelahan. Saat tubuh merasa sangat lelah, otak pun tidak dapat bekerja dengan baik dan bahkan aliran darah bisa saja terhambat. Ini juga lah yang membuat sendi dan otot sulit digerakan. 

3. Banyak Pikiran atau Stres

Seseorang yang banyak pikiran atau stres juga sangat berpotensi tinggi mengalami tindihan. Pikiran yang sedang tidak fokus semalaman sampai tertidur bisa saja berdampak hingga saat kamu emmbuka mata.  

4. Pengaruh Obat

Penyebab ketindihan yang terakhir adalah pengaruh obat. Kalau kamu sedang sakit dan mengonsumsi obat tertentu, khususnya obat tidur atau obat penenang, maka tak heran kalau mengalami tindihan. Dengan kata lain, itu bisa jadi bagian dari efek samping obat terhadap otot tubuh. 

Faktor-faktor penyebab tersebut membuat otot tetap tidak aktif ketika bangu tidur. Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya otot memang beristirahat saat tidur, namun kondisi ini berlanjut saat sudah bangun atau membuka mata.

Penyebab ketindihan inilah yang membuat seseorang merasa kesulitan untuk bergerak atau bahkan bernapas. Tak jarang juga ada yang berhalusinasi, sehingga merasa seperti ada gangguan dari makhluk halus.

Cara Mengatasi Ketindihan

Ketika mengalami ketindihan atau sleep paralysis, pastinya kamu akan merasa panik, takut, dan tidak tahu harus berbuat apa. Nah, sebenarnya ada cara mudah mengatasi ketindihan yang pasti ampuh dan cepat hilang.

Begini cara mengatasi ketindihan atau sleep paralysis:

1. Jangan Panik

Tentu kamu akan merasa panik ketika tubuh tidak bisa digerakan sama sekali, terlebih jika tidak bisa bernapas. Lngkah pertama sebagai cara mengatasi ketindihan adalah jangan panik. Jika kamu panik, gangguan tidur ini akan terasa semakin menyiksa. Cobalah untuk rileks dan mengatur napas.

2. Bersuara

Cara mengatasi ketindihan yang berikutnya adalah mencoba untuk bersuara. Langkah ini akan membantu kamu untuk melemaskan otot di sekitar leher agar menjadi lebih rileks dan mudah bernapas.

3. Coba Gerakan Tubuh

Terakhir, cobalah untuk menggerakan salah satu anggota tubuh. Saat ketindihan, tubuh memang serasa tak bisa digerakan. Oleh karena itu, coba gerakkan salah satunya seperti jari untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Itu dia penjelasan singkat dari InTheBox mengenai penyebab ketindihan dan juga cara mengatasi ketindihan. Jadi, mulai sekarang jangan pernah takut lagi dengan ketindihan atau sleep paralysis. Cukup pastikan saja kamu tidur pakai kasur speing bed InTheBox agar otot-otot tbuh lebih rileks.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields