Blog - Penutup Mata Tidur: Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Penutup Mata Tidur: Fungsi, Kelebihan, Kekurangan
04/10/2018 10.20 Comments

Pernah pakai penutup mata untuk tidur? Memang tidak semua orang pakai penutup mata tidur. Biasanya, benda yang satu ini banyak digunakan oleh orang-orang yang tak bisa tidur terkena cahaya atau digunakan dalam perjalanan. Lebih jelasnya, kita bahas fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari penutup mata tidur.

Fungsi Penutup Mata

Apa fungsi penutup mata tidur?

Sesuai dengan namanya, penutup mata tidur tentu digunakan untuk melindungi mata ketika kita tidur. Penutup mata untuk tidur memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk bisa menghalau cahaya yang masuk ke mata. Tujuannya tentu saja untuk membuat mata jadi lebih cepat terlelap.

Terdapat penelitian yang membutikan bahwa menggunakan penutup mata saat tidur akan membantu memperbaiki kualitas tidur, khususnya para penderita penyakit jantung. Mereka jadi bisa tidur nyenyak tanpa membutuhkan bantuan obat tidur. Dengan kata lain, para penutup mata tidur akan sangat berguna bagi para penderita penyakit jantung.

Meskipun fungsi penutup mata tidur adalah membantu untuk tidur lelap dan meningkatkan kualitas tidur, namun tak semua orang merasa nyaman untuk menggunakannya. Oleh karena itu, ada baiknya kita bahas juga mengenai kelebihan dan kekurangan penutup mata tidur agar bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu yang ingin mencobanya.

Kelebihan Penutup Mata Tidur

Masih banyak yang hanya paham kalau penutup mata tidur hanya bisa sebagai alat bantu untuk memejamkan mata agar tidur lebih cepat. Oleh karena itu, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa saja kelebihan penutup mata tidur yang terdiri dari:

1. Menghalau Cahaya ke Mata

Seperti yang sudah kita bahas sejak awal, salah satu fungsi penutup mata tidur adalah untuk menghalau cahaya yang masuk ke mata. Tentu saja ini bisa membuat kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak tanpa terbangun di malam hari. Selain itu, penutup mata juga bisa membuat kamu tidur lebih cepat karena kegelapan akan membuat kamu jauh lebih cepat mengantuk. Faktanya, ada juga penelitian yang dilakukan di China mengenai hal ini. Terbkti bahwa penutup mata tidur dapat meningkatkan produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur waktu tidur.

2. Mengurangi Pembengkakan Mata

Tak jarang sebagian orang mendapati matanya bengkak saat bangun tidur. Terkadang hal ini juga bisa mengganggu, terlebih lagi jika telat bangun tidur dan harus beraktivitas, sedangkan mata masih bengkak. Nah, salah stau kelebihan penutup mata tidur adalah bisa mengurangi pembengkakan mata karena mampu memberikan sensasi sejuk di mata.

Sayangnya, hal ini tidak berlaku pada semua jenis penutup mana. Kelebihan ini hanya berlaku jika kamu menggunakan penutup mata gel. Kamu juga bisa tidur lebih rileks jika memilih penutup mata gel dengan aroma herbal. Terbilang agak jarang, namun produk seperti ini memang ada.

Kekurangan Penutup Mata Tidur

Setelah tadi kita bahas mengenai kelebihan penutup mata tidur, kamu juga harus tahu apa saja kekurangan penutup mata tidur. Hal ini tergolong penting untuk diketahui agar bisa dijadikan perbandingan yang lebih seimbang sebelum memutuskan untuk memakainya. Langsung saja, ini beberapa kekurangannya:

1. Bisa Bangun Kesiangan

Memakai penutup mata tidur memang membuat istirahat jadi lebih nyaman dan juga rileks, namun sayangnya benda ini juga bisa membuat kamu bangun kesiangan. Seperti yang sudah kita bahas pada kelebihan yang pertama, penutup mata bisa menghalau cahaya yang masuk ke mata. Inilah yang membuat kamu bangun kesiangan. Umumnya, seseorang bis aterbangun di pagi hari saat mulai ada matahari pagi, namun saat menggunakan penutup mata, cahaya ini akan terhalau. Jadi, jangan lupa gunakan alarm kalau kamu memutuskan tidur pakai penutup mata, ya!

2. Meninggalkan Garis di Wajah

Kekurangan penutup mata yang berikutnya adalah bisa meninggalkan bekas garis di area wajah, tentunya di sekitar area mata. Garis ini berasal dari pita elastis yang diikatkan ke bagian kepala. Kalau kamu menggunakan penutup mata tidur terlalu kencang, mak jangan heran kalau garis ini akan muncul saat bangun tidur. Kalau kamu menggunakannya lebih longgar, sangat mungkin penutup mata ini akan terlepas saat tidur.

Itulah penjelasan singkat dari inthebox mengenai fungsi, kelebihan, hingga kekurangan penutup mata tidur yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memakainya. Jadi, butuh ata tidaknya memakai penutup mata saat tidur dikembalikan lagi kepada kamu.

Penutup mata bisa dibilang sebagai pelengkap saja, namun hal yang terpenting sebenarnya adalah menjaga kualitas tidur. Nah, tentunya hal ini bisa tercapai kalau kamu menggunakan kasur yang sangat nyaman seperti spring bed INTHEBOX. Kenyamanannya akan membuatmu beristirahat dengan rileks dn bangun dengan segar di pagi hari.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields