Blog - 5 Cara Melatih Anak Tidur Sendiri (Terbukti Berhasil)

5 Cara Melatih Anak Tidur Sendiri (Terbukti Berhasil)
11/10/2018 08.29 Comments

Memiliki buah hati yang sudah mulai beranjak dewasa tentu harus mengajarkan banyak hal, termasuk kemandirian. Salah satu yang harus diajarkan adalah melatih anak tidur sendiri. Ketahui kapan anak tidur sendiri dan bagaimana cara melatihnya!

Kapan Anak Bisa Belajar Tidur Sendiri?

Tak jarang banyak orang tua yang bertanya-tanya kapan bisa mengajari dan membiarkan anak untuk tidur sendiri. Banyak yang merasa terlalu khawatir membiarkan buah hatinya tidur sendiri, namun faktanya hal ini bisa dilakukan sejak anak masih bayi.

Sebenarnya, melatih anak tidur sendiri akan lebih sulit ketika anak semakin dewasa. Ini disebabkan oleh anak yang sudah terbiasa tidur dengan orang lain atau orang yang ia sayangi sejak lahir. Jika hal ini terjadi, para orang tua pun harus lebih sabar melatih sang buah hati.

Meskipun demikian, jangan pernah melatih anak untuk beberapa hal yang berbeda. Misalnya, anak dilatih tidur sendiri berbarengan dengan makan sendiri dan toilet training. Si kecil pun akan merasa kebingungan untuk mempelajarinya dan juga mudah stres.

Cara dan Tips Melatih Anak Tidur Sendiri

Tidak semua anak bisa langsung tidur sendiri. Tak jarang beberapa anak merasa tak nyaman untuk tidur sendiri karena merasa takut dan tak terbiasa. Oleh karena itu, sebagai orang tua tentu harus tahu bagaimana celah untuk membiasakan anak tidur sendiri di kamarnya.

1. Melatih Saat Tidur Siang

Kalau si kecil adalah tipe anak penakut, kamu tak bisa langsung melatihnya untuk tidur sendiri. Mulailah dengan melatihnya untuk tidur sendiri di siang hari. Perlahan-lahan anak pun akan terbiasa tidur sendiri dan tidak merasa takut. Setidaknya biasakan dulu tidur sendirian, lalu biasakan dirinya untuk berada di ruangan yang lebih gelap sendirian.

2. Menemani Hingga Terlelap

Cara melatih anak tidur sendiri yang berikutnya adalah menemaninya hingga ia tertidur dan jangan ragu untuk meninggalkannya sendirian ketika sudah tidur lelap. Si kecil mungkin akan sadar karena terbangun di malam hari, namun cara ini bisa dikatakan ampuh. Lama-lama anak akan terbiasa dengan kondisi ini dan akhirnya bisa tidur sendiri.

3. Berikan Kasur yang Nyaman

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan oleh para orang tua adalah dengan memberikan kasur yang nyaman bagi buah hati. Jangan pikir kalau anak-anak hanya perlu diberikan kasur yang biasa saja. Pilihkan kasur yang dapat menopang tulang punggungnya dengan baik untuk mendukung pertumbuhannya seperti kasur INTHEBOX.

4. Tambahkan Dekorasi Kamar yang Menarik

Memilihkan kasur yang nyaman seperti spring bed INTHEBOX saja kurang lengkap apabila tak mendekorasi kamar dengan tepat. Salah satu trik melatih anak tidur sendiri adalah dengan membuatnya betah di kamar. Oleh karerna itu, buatlah kamar menjadi lebih menarik dengan hiasan-hiasan tokoh favoritnya.

5. Jangan Sering Masuk ke Kamar Anak

Ketika melatih anak tidur sendiri untuk pertama kali, biasanya orang tua akan merasa khawatir dan akhirnya sering keluar masuk ke kamar anak. Hal ini harus dihindari karena si kecil tak akan pernah terbiasa untuk bisa tidur sendiri dan akan terus mencari orang tuanya.

Cukup mudah bukan melatih anak tidur sendiri? Tak perlu lagi bertanya kapan anak tidur sendiri, sebaiknya segera siapkan dari sekarang agar si kecil menjadi pemberani dan mandiri. Kalau semua tips di atas diikuti dengan baik, dijamin anak bisa tidur dengan nyaman di kamarnya tanpa butuh waktu yang lama.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields