Blog - 6 Manfaat Ngulet Saat Bangun Tidur

6 Manfaat Ngulet Saat Bangun Tidur
26/09/2018 17.48 Comments

Meregangkan tubuh atau yang biasa kita sebut ngulet adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang ketika bangun pagi. Tak dipungkiri bahwa ngulet sendiri memberikan kenyamanan, terlebih setelah badan kaku tidur seharian. Nah, tahukah kamu aklau ada manfaat ngulet?

Ngulet Saat Bangun Ternyata Bermanfaat

Kebiasaan meregangkan tubuh di pagi hari atau ngulet yang sudah menjadi rutinitas ini terkadang tak disadari. Maksudnya begini, banyak yang refleks ngulet saat baru saja membuka mata tanpa disadari. Tujuannya sederhana yaitu agar badan tidak pegal-pegal, namun belum banyak yang tahu manfaatnya.

Langsung saja, manfaat ngulet atau meregangkan otot tubuh saat bangun tidur terdiri dari:

1. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Kalau kamu sering duduk sehari-hari, terutama di depan komputer, maka ada baiknya sering ngulet saat bangun tidur. Kebiasaan sederhana ini akan membantu memperbaiki postur tubuh setelah seharian duduk dan bahkan terkadang membungkuk.

Disadari atau tidak, aktivitas harian kamu yang seperti itu akan membuat otot-otot tubuh menjadi tegang, sehingga tak cukup dipulihkan hanya dengan tidur. Peregangan lah yang bisa menjadi salah satu alternatif, terlebih jika kamu kurang aktif berolahraga.

2. Menormalkan Suhu Tubuh

Perlu kamu tahu bahwa ketika tidur, suhu tubuh kamu akan turun mencapai 35 derajat celcius, padahal normalnya sekitar 37 derajat celcius. Ketika bangun tidur, seringkali kita merasa lemas dan itu salah satu tanda tubuh belum siap karena belum mencapai suhu normal. Nah, manfaat ngulet adalah bisa membuat suhu tubuh menjadi normal.

3. Membuat Lebih Berenergi

Berdasarkan dari beberapa sumber, ada penelitian yang dilakukan para ahli di American Council on Exercise terkait ngulet. Faktanya, meregangkan tubuh di pagi hari bisa meningkatkan energi dan mencegah perasaan lelah seharian.

Bukan hanya itu, hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa manfaat ngulet mampu menghikangkan nyeri otot dan sendi. Tentunya peregangan yang dilakukan harus perlahan agar sendi tetap merasa nyaman.

4. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat ngulet yang lainnya adalah bisa memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Ada baiknya meregangkan tubuh dilakukan pada pagi hari ketika baru bangun tidur agar bisa meningkatkan konsentrasi kamu ketika beraktivitas seharian.

5. Otot Jadi Lebih Fleksibel

Tak jarang kita merasa pegal dan kaku saaat bangun tidur. Hal ini wajar terjadi mengingat tubuh kita berada dalam posisi yang sama selama tidur berjam-jam. Oleh karena itu, kebanyakan orang memang langsung melakukan peregangan atau ngulet saat bangun tidur dan biasanya tanpa disadari.

Kebiasaan seperti ini memang sepele, namun manfaat ngulet bisa membantu otot tubuh kamu jadi lebih fleksibel, terutama di bagian leher, tangan, dan kaki. Ini akan membuat kamu jadi lebih segar dan siap memulai hari.

6. Meredakan Stres

Manfaat ngulet saat bangun tidur yang terakhir adalah bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan sres. Yap, tidur bukanlah satu-satunya cara untuk mengurangi stres, namun perlu kamu bantu dengan ngulet saat membuka mata.

Tak bisa dipungkiri terkadang kita malas menghadapi hari, terlebih jika akan menghadapi hari yang menegangkan. Nah, salah satu solusinya adalah dengan ngulet. Memang tak benar-benar menghilangkan stres, namun cara ini bisa menenangkan diri kamu di pagi hari.

Itulah beragam manfaat ngulet atau meregangkan tubuh saat bangun tidur di pagi hari. Sederhana, namun banyak manfaatnya ‘kan? Perlu diingat, jangan ngulet terlalu berlebihan dan lakukan perlahan, ya!

Jangan lupa juga untuk gunakan kasur dan bantal INTHEBOX agar kamu terhindar dari nyeri otot dan sendi. Tidur jadi lebih nyaman dan bangun pasti lebih segar.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields