Blog - 6 Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari

6 Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari
31/07/2018 12.00 Comments

Sebagian orang pasti merapikan tempat tidur saat bangun, namun banyak juga yang malas melakukannya. Kamu termasuk yang mana? Selain malas, tak jarang orang yang menyepelekan hal ini karena tidak tahu manfaat merapikan tempat tidur.

Perlu kamu ketahui ternyata ada banyak manfaat merapikan dan membersihkan tempat tidur setiap hari. Salah satu keuntungannya adalah kita tak perlu repot menata kamar tidur ketika akan ada tamu yang dating. Apa hanya itu? Tentu tidak!

Berikut ini manfaat merapikan tempat tidur setiap hari versi InTheBox:

1. Tidur Lebih Nyenyak

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata ada survei dari National Sleep Foundation tahun 2010 yang berkaitan dengan merapikan tempat tidur. Hasil survei tersebut menyatakan bahwa setiap orang yang merapikan tempat tidur setiap hari akan tidur lebih nyenyak pada malam harinya.

Berdasarkan hasil survei tersebut, perbandingannya ada di angka 44% yang tidur nyenyak berkat merapikan tempat tidur dan 37% yang tidur nyenyak meski tak merapikan tempat tidur. Perbandingannya memang tidak terlalu jauh, tapi pasti kamu mau ‘kan tidur lebih nyenyak?

Terlepas dari penelitian tersebut, tempat tidur adalah ‘incaran’ utama setelah pulang dari beraktivitas seharian. Tentunya akan sangat nyaman beristirahat di atas kasur yang sudah rapi.

2. Tempat Tidur Bersih dan Sehat

Salah satu manfaat merapikan tempat tidur setiap hari adalah membuat kasur dan peralatan tidur lain menjadi bersih. Tak menutup kemungkinan, setiap harinya debu dan kotoran menempel di kasur, selimut, bantal, dan guling.

Oleh karena itu, merapikan dan membersihkan tempat tidur adalah kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan setiap pagi. Tempat tidur yang bersih tentu akan membuat kita jadi lebih sehat dan terhindar dari pernyakit, khususnya gangguan pernapasan.

3. Istirahat Jauh Lebih Maksimal

Ketika kamu merapikan tempat tidur, maka ada baiknya langsung menata kamar tidur untuk bisa beristirahat lebih maksimal. Caranya?

Cukup jauhkan benda-benda elektronik dari dekat tempat tidurmu, seperti televisi, laptop, dan radio. Tak hanya itu, usahakan juga untuk menjauhkan ponsel saat sebelum tidur. Rapikan juga tempat tidur dari barang-barang yang tidak diperlukan.

4. Peralatan Tidur Pasti Lebih Awet

Tempat tidur yang selalu dirapikan dan dibersihkan akan jauh lebih awet jika dibandingkan dengan yang dibiarkan atau bahkan ditelantarkan begitu saja. Percaya atau tidak, banyak sumber yang mengatakan kalau bantal dan guling yang rutin dibersihkan akan jauh lebih awet dan tidka mudah berubah bentuk.

Bukan hanya itu, kalau kamu tak suka dengan seprai yang kusut, maka rutin membersihkan tempat tidur tak akan membuatnya kusut. Seprai kamu akan selalu tampak licin dan juga terasa nyaman, bahkan Nampak seperti baru dipasang setiap hari.

5. Kamu Jadi Lebih Bahagia

Setiap orang tentu ingin bahagia. Nah, kalau kamu ingin bahagia, maka cobalah untuk rutin merapikan tempat tidur setiap hari. Kebiasaan sederhana ini nyatanya terbukti mampu untuk memberikan ketenangan batin karena kita melihat sesuatu yang rapi setiap hari.

6. Bisa Jadi Contoh dan Inspirasi

Tentu mau ‘kan jadi sumber inspirasi orang lain?

Kamu bisa memulainya dari hal-hal sederhana, seperti merapikan tempat tidur. Kebiasaan merapikan atau membersihkan tempat tidur bisa saja ditiru oleh orang-orang di sekitar kamu, seperti anggota keluarga dan juga teman-teman.

Bisa saja mereka tadinya malas membersihkan tempat tidur, namun ketika masuk atau melihat kamar tidur milikmu, mereka jadi terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Tak menutup kemungkinan juga kebiasaan kamu merapikan tempat tidur ikut ‘menular’ ke orang terdekat mereka.

---

Sekarang sudah tahu ‘kan kenapa tempat tidur harus dirapikan dan dibereskan? Yuk, segera rapikan tempat tidur dan menata kamar tidur untuk mendapatkan semua manfaat di atas!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields