Blog - Cara Mengatasi Leher Kaku Akibat Salah Bantal

Cara Mengatasi Leher Kaku Akibat Salah Bantal
28/07/2018 07.00 Comments

Leher kaku saat bangun tidur biasanya disebabkan oleh salah bantal atau salah tidur. Leher sakit akibat salah bantal ini pun akan membuat kita tak nyaman seharian, bahkan menoleh pun akan terasa nyeri dan linu. Kamu pernah mengalami ini?

Pada artikel kali ini, InTheBox akan menjelaskan dengan lengkap penyebab leher kaku hingga solusi salah bantal.

Apa Itu Salah Bantal?

Kamu pasti sudah tidak asing dengan salah bantal. Sebenarnya apa sih salah bantal?

Kalau di dunia medis, salah bantal dikenal dengan muscle strain. Leher sakit ini disebabkan adanya otot yang iritasi atau bahkan robek. Rasa sakit yang ditimbulkan menyebabkan keterbatasan pergerakan otot di sekitar leher.

Penyebab leher sakit akibat salah bantal adalah penggunaan bantal yang terlalu tinggi dari biasanya. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh posisi kepala dan leher yang tidak bergerak selama tidur, sehingga menyebabkan leher kaku saat bangun.

Cara Mengatasi Leher Kaku Akibat Salah Bantal

Kini sudah tahu ‘kan apa itu salah bantal? Nah, tentunya kamu juga harus tahu bagaimana cara mengobati salah bantal. Semua cara yang dijelaskan kali ini dijamin mudah dilakukan dan juga merupakan cara menyembuhkan salah bantal yang cepat.

Langsung saja, ini cara mengatasi leher kaku akibat salah bantal:

1. Kompres dengan Es Batu

Cara yang pertama untuk mengobati salah bantal adalah dengan mengompres leher menggunakan es batu. Langkah ini akan membuat otot leher yang kaku menjadi rileks, sehingga rasa nyeri akan berkurang.

Begini pakai es batu untuk kompres leher sakit:

  • Bungkus es batu dengan kain atau handuk bersih
  • Tempelkan sekitar 20 menit ke bagian leher yang nyeri
  • Ulangi sekitar satu jam sekali hingga nyeri mereda

2. Lakukan Peregangan

Tidak cukup hanya dengan dikompres pakai es batu, leher kaku juga membutuhkan peregangan otot. Caranya? Kamu hanya perlu meregangkan otot leher kea rah yang berlawanan.

Ini bisa dibilang efektif sebagai cara mengobati salah bantal karena otot bisa ditarik untuk kembali ke fungsinya saat relaksasi. Satu hal yang perlu kamu ingat, peregangan otot leher harus dilakukan secara perlahan.

3. Pijat Titik Leher Sakit

Kalau sekiranya leher sakit yang kamu alami semakin tak tertahankan, kamu bisa memijatnya secara lembut dengan bantuan orang lain. Pijatan lembut yang dilakukan di titik leher kaku akan membuat otot leher menjadi lebih rileks. Ingat, pijatan harus dilakukan perlahan!

4. Istirahatkan Otot Leher

Setelah memijat titik leher sakit, kamu juga butuh mengistirahatkan otot leher selama beberapa waktu. Cara ini sangat efektif untuk meredakan nyeri yang diakibatkan oleh salah bantal. Otot yang diistirahatkan akan lebih rileks dan pemulihan pun jadi lebih cepat.

5. Latihan untuk Digerakan

Apabila istirahat sudah dirasa cukup, kamu bisa mulai melakukan latihan gerakan leher. Ini akan membuat leher kaku menjadi lebih lentur dan kembali seperti semula. Gerakan-gerakan latihan yang harus dilakukan pun tidak boleh terlalu berat dan lama.

6. Pakai Bantal yang Tepat

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk terhidar dari salah bantal adalah memilih atau menggunakan bantal yang tepat. Disadari atau tidak, fungsi bantal adalah menopang kepala yang berpengaruh juga terhadap tulang belakang.

Sangat disarankan untuk memilih bantal yang nyaman, dengan kata lain tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Kalau kamu bingung mencari bantal murah berkualitas, bisa pilih juga bantal InTheBox yang pasti menopang kepalamu dengan baik.

 

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields