Blog - Penyebab Tersentak dan Kaget Saat Tidur

Penyebab Tersentak dan Kaget Saat Tidur
15/11/2018 11.48 Comments

Hampir semua orang nampaknya pernah bermimpi terjatuh, sehingga akhirnya tersentak saat tidur. Biasanya, hal ini terjadi tak lama setelah mata baru terlelap. Sebagian dari kita mungkin menganggapnya sebagai hal yang biasa, namun sebenarnya apa penyebab kaget saat tidur? Kira-kira menunjukkan gejala apa?

Sebagai informasi, di dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan istilah tersentak hypnic. Kondisinya memang didahului dengan bermimpi terjatuh. Fakta juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 70 persen orang yang pernah mengalami kondisi ini ketika tidur.

Penyebab Tersentak atau Kaget Saat Tidur

Pernahkah terpikir apa yang menyebabkan kita bermimpi terjatuh lalu merasa tersentak saat bangun tidur? Kira-kira apa yang menyebabkan kita bisa mimpi terjatuh dan tubuh langsung merespons seakan-akan itu nyata? Tanpa disadari, pertanyaan-pertanyaan ini mungkin pernah muncul di benak kita, namun tak banyak yang mencari tahu penyebabnya.

Ketika inthebox coba cari tahu apa penyebab kaget saat tidur, ternyata berbagai sumber menyebutkan bahwa penyebabnya adalah:

1. Sedang Banyak Pikiran atau Stres

Disadari atau tidak, nyatanya terkejut saat tidur disebabkan oleh stres yang dialami. Frekuensi atau efek yang dirasakan pun bisa berbeda-beda, tergantung tingkat stres yang sedang dirasakan. Ketika kamu sedang sangat banyak pikiran, bukan tidak mungkin kalau tersentak semakin terasa hingga jantung pun berdebar.

2. Terlalu Sering Begadang

Penyebab kaget saat tidur yang berikutnya adalah terlalu sering begadang, sehingga tubuh menjadi lelah dan ada beberapa saraf yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ada sumber yang menjelaskan kalau begadang bisa membuat kemacetan pada saraf hingga menyebabkan tersentak hypnic.

3. Sindrom Kaki Gelisah

Sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa itu sindrom kaki gelisah. Gejala sindrom kaki gelisah biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman di kaki seperti kesemutan. Penyebabnya bisa beragam, yaitu bisa karena kurang tidur, terlau banyak konsumsi alkohol, diabetes, atau bahkan gagal ginjal.

4. Bentuk Reaksi Tubuh yang Alami

Kamu tak perlu khawatir kalau pernah mengalami kondisi kaget saat tidur. Selain dari poin-poin yang disebutkan sebelumnya, ternyata tersentak saat tidur adalah salah satu bentuk reaksi alami tubuh.

Ada beberapa tahapan yang dilalui tubuh ketika tidur dan saat tubuh mulai mencapai fase tidur yang lebih dalam, saraf-saraf tubuh akan lebih tenang. Kondisi pergeseran kesadaran ini bisa menjadi pemicu terjadinya terkejut saat tidur dan bahkan hingga terbangun dari tidur dalam kondisi kaget.

Cara Menghindari Terkejut Saat Tidur

Kalau kamu sering merasa kaget saat tidur dan cukup terganggu dengan kondisi ini, maka sebaiknya segera lakukan cara untuk menghindari tersentak saat tidur. Kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti:

1. Tenangkan Pikiran Sebelum Tidur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menenangkan pikiran sebelum tidur. Seperti yang sudah kita bahas di atas, kaget saat tidur bisa disebabkan oleh terlalu banyak pikiran dan stres. Oleh akrena itu, ada baiknya selalu menenangkan pikiran sebelum tidur agar istirahat malammu tidak terganggu.

2. Ubah Gaya Hidup

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup. Sebisa mungkin hindari alkohol, rokok, dan kebiasaan begadang. Setidaknya mulailah untuk mengurangi porsinya agar bisa hidup lebih sehat dan terbebas dari gangguan tidur.

Kamu juga bisa mengganti kasur dan bantal dengan merek INTHEBOX. Ketika kamu tak sengaja terbangun di malam hari hanya karena kaget saat tidur, maka kasur dan bantal INTHEBOX akan membantu kamu untuk bisa kembali tidur dengan pulas.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields