Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
tersentak-saat-tidur-inthebox.jpg

4 Penyebab Kaget Saat Tidur & Cara Mengatasinya

18 November 2019

Pernah mimpi terjatuh? Biasanya ini jadi penyebab kaget saat tidur. Kondisi tersentak saat tidur umumnya terjadi tak lama setelah mata baru terlelap. Sebagian dari kita mungkin menganggapnya sebagai hal yang biasa, namun apakah berbahaya?

Di dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan istilah tersentak hypnic. Kondisinya memang didahului dengan bermimpi terjatuh. Fakta juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 70 persen orang yang pernah mengalami kondisi ini ketika tidur.

Penyebab Kaget Saat Tidur atau Tersentak

Pernahkah terpikir apa yang menyebabkan kita bermimpi terjatuh lalu merasa tersentak saat bangun tidur? Kira-kira apa yang menyebabkan kita bisa mimpi terjatuh dan tubuh langsung merespons seakan-akan itu nyata? Tanpa disadari, pertanyaan-pertanyaan ini mungkin pernah muncul di benak kita, namun tak banyak yang mencari tahu penyebabnya.

Ternyata berbagai sumber menyebutkan bahwa penyebabnya adalah:

1. Sedang Banyak Pikiran atau Stres

Disadari atau tidak, nyatanya terkejut saat tidur disebabkan oleh stres yang dialami. Frekuensi atau efek yang dirasakan pun bisa berbeda-beda, tergantung tingkat stres yang sedang dirasakan. Ketika kamu sedang sangat banyak pikiran, bukan tidak mungkin kalau tersentak semakin terasa hingga jantung pun berdebar.

2. Terlalu Sering Begadang

Penyebab kaget saat tidur yang berikutnya adalah terlalu sering begadang, sehingga tubuh menjadi lelah dan ada beberapa saraf yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ada sumber yang menjelaskan kalau begadang bisa membuat kemacetan pada saraf hingga menyebabkan tersentak hypnic.

3. Sindrom Kaki Gelisah

Sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa itu sindrom kaki gelisah. Gejala sindrom kaki gelisah biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman di kaki seperti kesemutan. Penyebabnya bisa beragam, yaitu bisa karena kurang tidur, terlau banyak konsumsi alkohol, diabetes, atau bahkan gagal ginjal.

4. Bentuk Reaksi Tubuh yang Alami

Kamu tak perlu khawatir kalau pernah mengalami kondisi kaget saat tidur. Selain dari poin-poin yang disebutkan sebelumnya, ternyata tersentak saat tidur adalah salah satu bentuk reaksi alami tubuh.

Ada beberapa tahapan yang dilalui tubuh ketika tidur dan saat tubuh mulai mencapai fase tidur yang lebih dalam, saraf-saraf tubuh akan lebih tenang. Kondisi pergeseran kesadaran ini bisa menjadi pemicu terjadinya terkejut saat tidur dan bahkan hingga terbangun dari tidur dalam kondisi kaget.

Cara Menghindari Terkejut Saat Tidur

Kalau kamu sering merasa kaget saat tidur dan cukup terganggu dengan kondisi ini, maka sebaiknya segera lakukan cara untuk menghindari tersentak saat tidur. Kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti:

1. Tenangkan Pikiran Sebelum Tidur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menenangkan pikiran sebelum tidur. Seperti yang sudah kita bahas di atas, kaget saat tidur bisa disebabkan oleh terlalu banyak pikiran dan stres. Oleh akrena itu, ada baiknya selalu menenangkan pikiran sebelum tidur agar istirahat malammu tidak terganggu.

2. Ubah Gaya Hidup

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup. Sebisa mungkin hindari alkohol, rokok, dan kebiasaan begadang. Setidaknya mulailah untuk mengurangi porsinya agar bisa hidup lebih sehat dan terbebas dari gangguan tidur.

Kamu juga bisa mengganti kasur dan bantal dengan merek INTHEBOX. Ketika kamu tak sengaja terbangun di malam hari hanya karena kaget saat tidur, maka kasur dan bantal INTHEBOX akan membantu kamu untuk bisa kembali tidur dengan pulas.

Cek pilihan kasur INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

5 Bahaya Kerja di Atas Kasur yang Harus Diwaspadai!
26 January 2021
Bekerja dari rumah atau working from home menjadi populer dan dilakukan banyak orang apalagi di masa pandemi saat ini. Namun di balik itu semua, ada bahaya kerja di atas kasur yang harus diwaspadai. Selengkapnya
Cara Menambal Kasur Angin (Cepat & Mudah)
7 November 2018
Kasur angin bocor? Tak perlu bingung karena kini kamu bisa memperbaiki kasur udara di rumah dengan langkah sederhana. Kamu hanya perlu melakukan cara menambal kasur angin yang ada di dalam artikel ini. Dijamin mudah dan cepat! Selengkapnya
4 Manfaat dan Tips Mendengarkan Musik Saat Tidur
23 December 2020
Musik atau lagu adalah alat luar biasa yang mampu meningkatkan kesehatan emosional, performa, kreatifitas, terapi, dan bahkan kualitas tidur. Saat tidur, musik atau lagu bisa membantumu lebih rileks. Lantas apa saja manfaat mendengarkan musik saat tidur? Berikut jawabannya! Selengkapnya
CS1