Blog - Jam Tidur Bayi yang Normal Sesuai Usia (Baru Lahir - 12 Bulan)

Jam Tidur Bayi yang Normal Sesuai Usia (Baru Lahir - 12 Bulan)
17/12/2018 10.12 Comments

Jam tidur bayi dan orang dewasa tentu akan berbeda. Oleh karena itu, tak jarang para orang tua baru cukup sulit menyesuaikan waktu beristirahat karena tidak mengetahui pola tidur bayi. Kali ini inthebox akan membahasnya secara khusus untuk para orang tua agar tetap bisa mendapatkan waktu istirahat yang maksimal.

Pembagian Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya

Meski ada di usia yang masih bayi, jam tidur bayi baru lahir dengan jam tidur bayi 2 bulan tentu akan berbeda. Sayangnya, belum banyak yang tahu berapa lama si kecil membutuhkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Berikut ini jam tidur bayi yang normal berdasarkan usianya:

Jam Tidur Bayi Baru Lahir

Ketika si kecil baru lahir, ia membutuhkan waktu tidur sekitar 16 jam 30 menit setiap harinya. Pada umumnya, pola tidur bayi baru lahir ini terbagi ke dama 8 jam tidur siang dan 8 jam 30 menit tidur malam. Tentu bayi tidak akan langsung tidur selama itu, melainkan akan tidur dan terbangun dalam hitungan menit atau jam.

Jam tidur bayi baru lahir memang tidak bisa diprediksi dan umumnya mereka akan bangun karena lapar dan haus, sehingga meminta susu. Pada fase ini, senyaman apapun tempat tidur bayi, tak akan berpengaruh besar karena ia akan tetap sering terbangun.

Jam Tidur Bayi 1 Bulan – 2 Bulan

Selanjutnya, kita beraih ke jam tidur bayi 1 bulan dan jam tidur bayi 2 bulan. Pada fase ini, waktu tidur yang normal pada bayi akan sedikit berkurang menjadi 14 – 16 jam per hari. Bagimana dengan pembagiannya? Biasanya bayi akan tidur selama 6 – 7 jam pada siang hari dan 8 – 9 jam pada malam hari.

Perlu diketahui bahwa pada usia ini, bayi sudah mulai belajar untuk mengenai perbedaan waktu siang dan malam. Oleh karena itu, waktu tidur di malam hari pasti lebih lama jika dibandingkan siang hari, namun tentu dibarengi dengan menyiasati dengan membuka ventilasi atau menyalakan lampu di siang hari dan mematikan atau meredupkan cahaya kamar saat malam hari.

Jam Tidur Bayi 3 Bulan – 5 Bulan

Pada usia bayi 3 bulan sampai 5 bulan, tidak ada perubahan waktu tidur. Artinya, waktu tidur bayi yang normal pada rentang usia ini masih sekitar 14 – 16 jam per hari. Meskipun total waktunya sama, namun jika diperhatikan tentu ada perbedaan di pola tidur bayi.

Durasi tidur bayi pada malam hari jadi lebih lama yaitu sekitar 10 – 11 jam, sedangkan waktu tidur siang bayi hanya menjadi 4 – 5 jam. Faktor perubahan ini tentu karena bayi sudah semakin terbiasa untuk membedakan antara siang dan malam.

Jam Tidur Bayi 6 Bulan – 8 Bulan

Jika di usia sebelumnya waktu tidur bayi berkisar antara 14 – 16 jam per hari, jam tidur bayi 6 bulan sampai 8 bulan biasanya hanya 14 jam per hari. Waktu tidur malamnya pun menjadi lebih lama, yaitu sekitar 11 jam dengan waktu tidur siang yang hanya 3 jam.

Jam Tidur Bayi 9 Bulan - 12 Bulan

Yap, pada usia ini jam tidur bayi kembali berkurang yaitu sekitar 13 jam 30 menit. Jika dilihat emmang berkurangnya tidak banyak dan juga perubahannya pun tidak banyak. Bayi berusia 9 hingga 12 bulan biasanya akan tidur siang selama 2 jam 30 menit dan tidur malam sekitar 11 jam.

Itu dia sekilas mengenai jam tidur bayi yang normal sesuai usianya. Pola tidur bayi bisa berubah-ubah terutama ketia ia sedang sakit, tumbuh gigi, atau sudah semakin aktif. Jam tidur di atas juga hanya patokan dan bisa sedikit berbeda antar bayi.

Hal yang perlu dipastikan adalah kenyamanan tidur si kecil yaitu dengan memilih tempat tidur bayi yang nyaman. Jika sang buah hati tidur bersama orang tua, coba pastikan untuk menggunakan kasur yang tepat, tidak mengganggu tidurnya ketika ada gerakan, dan juga bisa menopang struktur tulang punggung bayi agar bisa tumbuh dengan baik. Nah, semua kriteria tersebut ada di kasur terbaik merek INTHEBOX.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields