Blog - 7 Gejala Kurang Tidur: Jarang Disadari Padahal Berbahaya

7 Gejala Kurang Tidur: Jarang Disadari Padahal Berbahaya
13/02/2019 11.02 Comments

Banyak yang merasa kalau waktu tidur harian sudah cukup dan berkualitas, namun faktanya berkata lain. Beberapa orang mungkin tidak merasa dan tidak mengetahui gejala kurang tidur. Meski terdengar sepele, ternyata hal ini cukup berbahaya!

Tanda dan Gejala Kurang Tidur pada Tubuh

Kamu mungkin akan menjawab tanda kurang tidur adalah mengantuk. Hal tersebut memang tidak salah, namun ternyata jika terlalu sering, ada gejala lain yang ditunjukkan oleh tubuh. Ini dia daftar gejala kurang tidur pada tubuh yang jarang disadari:

1. Merasa Tidak Enak Badan Saat Bangun

Ketika bangun tidur, seharusnya tubuh merasa lebih segar karena telah beristirahat dalam jangka waktu tertentu. Kalau kamu merasa tidak enak badan, seperti lemas, sakit kepala, atau mulut kering saat bangun tidur, maka bisa jadi ini adalah salah stau tanda kurang tidur. Jika memburuk, maka harus segera menghubungi dokter.

2. Tidur Lebih Lama dan Susah Bangun

Pernah mengalami tidur lebih lama daripada biasanya? Bahkan terkadang alarm pun tidak mempan untuk membangunkan kamu. Kedua hal ini adalah gejala kurang tidur yang ditunjukkan oleh tubuh. Organ-organ tubuh kamu masih merasa lelah, sehingga masih butuh istirahat.

3. Susah Fokus

Gejala kurang tidur yang lainnya adalah susah fokus ketika beraktivitas seharian. Mata kamu mungkin tidak mengantuk, namun kamu akan kesulitan untuk mengatur fokus seharian. Salah satu bentuk tidak fokusnya bisa ditandai dengan kesulitan mengerjakan pekerjaan kantor atau tidak nyambung ketika diajak ngobrol oleh orang lain.

4. Berat Badan Naik

Kalau kamu merasa berat badan terus naik, padahal tidak banyak makan, maka perlu curiga dengan pola tidur harian kamu. Salah satu efek begadang adalah membuat tubuh memproduksi hormon tertentu yang menimbulkan rasa lapar. Kamu pun mungkin akan mencari sedikit camilan untuk mengganjal perut dan inilah yang memicu kenaikan berat badan.

5. Wajah Kusam dan Berjerawat

Tanda kurang tidur yang satu ini tentu menjadi momok menakutkan bagi para wanita. Bukan hanya mitos, ternyata ada penelitian yang mengungkapkan hubungan antara kurang tidur dengan wajah. Saat kurang tidur, maka hormon dalam tubuh tidak seimbang, sehingga ini membuat wajah tidak bisa melakukan regenerasi sel secara optimal. Bukan tidak mungkin juga akan timbul garis-garis halus dan kerutan di wajah.

6. Lebih Moody atau Mudah Marah

Seseorang yang mengalami gejala kurang tidur akan moody. Hal ini bisa terlihat dari apakah seseorang tersebut tiba-tiba sering marah-marah atau tidak. Ada penelitan juga yang mengungkapkan kalau seseorang kurang tidur setiap malam, maka akan cenderung kelelahan, mudah marah, dan bahkan stres.

6. Gampang Sakit

Merasa tiba-tiba gampang sakit? Bisa jadi tubuh menunjukkan gejala kurang tidur. Perlu diingat bahwa waktu tidur yang cukup akan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dipicu oleh terbentuknya hormon sitokin yang berperan melindungi infeksi. Fakta dari penelitian mengungkapkan bahwa jika seseorang sering tidur kurang dari 7 – 8 jam sehari, maka akan tiga kali berisiko mengalami demam atau flu.

7. Menjadi Pelupa

Gejala kurang tidur yang terakhir adalah jadi lebih cepat lupa akan hal apapun. Tentunya ini akan sangat mengganggu aktivitas harian kamu, baik dalam belajar maupun bekerja. Sebenarnya hal ini terjadi karena masih berhubungan dengan tanda kurang tidur yang menyebabkan susah fokus.

Apakah kamu pernah mengalami salah satu atau beberapa tanda dan gejala yang ada di atas? Kalau ya, maka segeralah untuk mengubah pola tidur agar kebutuhan tidur harian bisa lebih maksimal dan tubuh bisa lebih sehat.

Kalau kamu mau punya tidur berkualitas dan bisa bangun tidur dengan segar, maka kamu harus coba tidur di kasur INTHEBOX. Spring bed yang satu ini didesain dengan teknologi modern yang dapat memberikan kenyamanan dan menopang tulang punggung dengan sangat baik.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields