Blog - 9 Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab, Cara Mengatasi

9 Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab, Cara Mengatasi
19/08/2018 21.00 Comments

Ada banyak gangguan tidur yang tentu membuat istirahat kita jadi tidak berkualitas. Apa kamu mengalaminya? Sebenarnya, kalau kita tahu jenis dan penyebab gangguan tidur, maka kita juga bisa dengan mudah mengetahui cara mengatasinya.

Ini dia jenis gangguan tidur yang lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya:

1. Mendengkur

Gangguan yang satu ini nampaknya dialami oleh banyak orang, termasuk anak kecil. Penyebab mendengkur adalah dari udara yang masuk ke tenggorokan, lalu menggetarkan jaringan halus yang ada di sekitar tenggorokan. Salah satu cara untuk mengatasi dengkuran adalah dengan mengubah posisi tidur jadi menyamping.

2. Mengigau

Perlu kamu ketahui, biasanya mengigau terjadi pada fase rapid eye movement (REM). Pada fase normalnya, REM akan membuat kita bermimpi dan ketika dalam kondisi tidak normal, maka akan menyebabkan mengigau yang disertai dengan berbicara atau gerakan anggota tubuh. Solusinya, tidur dengan teratur dengan waktu yang cukup.

3. Insomnia

Jenis gangguan tidur yang satu ini tentu tidak asing lagi. Susah tidur malam atau yang lebih dikenal dengan insomnia memang dialami oleh banyak orang. Gejala insomnia terdiri dari susah tidur dan sering terbangun di malam hari.

Meski jenis gangguan tidur ini sudah tergolong umum, namun jangan pernah disepelekan karena dapat mengganggu aktivitas. Jika sudah parah, insomnia dapat menyebabkan masalah pola tidur, stres, hingga depresi. Cara mengatasinya yaitu dengan berhitung mundur, tekuk jari kaki, atau cuci muka dengan air dingin.

4. Hipersomnia

Nah, hipersomnia adalah kebalikan dari insomnia. Hipersomnia adalah terlalu banyak tidur, bahkan gangguan ini bisa dialami penderitanya ketika tidur siang. Penyebab hypersomnia adalah gangguan sistem saraf dan metabolism tubuh. Mengatasi hypersomnia bisa dengan mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi dan teh.

5. Sleep Paralysis

Jenis gangguan tidur yang satu ini dikenal juga dengan kelumpuhan tidur atau lebih populernya adlaah “ketindihan”. Penyebab ketindihan atau sleep paralysis yaitu karena kondisi otak tidak sinkron, sehingga tak bisa bergerak dan bersuara saat bangun, meski mata sudah terbuka.

6. Sleep Apnea

Gangguan tidur sleep apnea adalah gangguan pernapasan akibat dinding tenggorokan yang menyempit saat sedang tidur. Sleep apnea terbagi dua, yaitu sleep apnea obstruksi yang disebabkan otot tenggorokan yang relaksasi berlebihan dan sleep apnea central yang disebabkan otak tak mengirim sinyal untuk mengatur pernapasan. Cara mengatasinya dengan berhenti merokok dan menurunkan berat badan.

7. Sleep Walking

Sesuai dengan namanya, sleep walking adlaah tidur sambil berjalan dan ini hanya menimpa 15% orang dewasa. Sejauh ini belum diketahui penyebab utama sleep walking, namun diduga karena stres atau faktor genetik. Satu-satunya cara untuk mengatasi sleep walking adalah dengan berkonsultasi ke dokter.

8. Night Terrors

Teror malam adalah kondisi yang bisa membuat penderitanya tiba-tiba terbangun karena mimpi buruk dan merasa sangat takut. Pada umumnya, gangguan tidur ini dialami oleh anak-anak, namun tak jarang juga menyerang orang dewasa.

Penderitanya bisa berteriak ketika terbangun atau bahkan sampai menangis. Dikutip dari berbagai sumber, sejauh ini belum ada cara mengatasi night terrors, namun para dokter meyakini ini disebabkan oleh gangguan saraf pusat.

9. Narkolepsi

Gangguan tidur narkolepsi bisa dikatakan sangat parah. Penderitanya akan mengalami kantuk yang sangat hebat di siang hari, bahkan rasa kantuknya akan sangat sulit dikontrol. Kondisi ini tentu akan sangat berbahaya dan solusinya adalah dengan segera berkonsultasi ke dokter.

Itu dia beragam jenis gangguan tidur yang disertai penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Kamu juga bisa mencegah terjadinya hal-hal di atas dengan memilih kasur yang tepat seperti spring bed InTheBox.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields