Blog - 7 Fakta Tidur dan Mimpi yang Ternyata Unik

7 Fakta Tidur dan Mimpi yang Ternyata Unik
By Pamella Fricylia 12/08/2018 13.00 Comments

Percaya atau tidak, ada fakta tidur yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Selain itu, ada juga fakta mimpi yang sudah terbuki secara ilmiah. Nah, ada baiknya kamu baca artikel ini sampai selesai karena InTheBox akan menjelaskan selengkapnya khusus untuk kamu!

Berikut fakta tidur dan fakta mimpi yang harus kamu tahu:

1. Tidur ‘Balas Dendam’ Tidak Berlaku

Seberapa sering kamu begadang? Biasanya begadang dilakukan menjelang akhir pekan dan kita biasanya akan tidur seharian saat libur atau biasa dibilang tidur balas dendam. Banyak yang berpikir kalau kurang tidur, maka keesokan harinya harus tidur lebih lama untuk mengembalikan stamina tidur.

Perlu kamu tahu, fakta tidur yang benar, hal ini sama sekali tidak berlaku. Tidur lama keesokan harinya malah akan sia-sia karena saat bangun, tubuh kamu akan lebih lemas. Sebagai pengingat, orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam.

2. Otak Tetap Bekerja Aktif Saat Tidur

Ketika kita tidur, sebagian besar organ tubuh pun akan ikut beristirahat. Fakta tidur yang selanjutnya, ternyata organ otak tak ikut beristirahat saat tidur. Bahkan, otak akan mengisi energi ketika kita tidur dan tetap mengontrol organ tubuh kita. Salah satu pembuktiannya yaitu kita tetap bernapas saat tidur.

3. Bermimpi Melalui Proses Panjang

Tahukah kamu?

Saat kita terpejam, kita tak akan langsung bermimpi. Ada serangkaian proses panjang sebelum kita bermimpi, bahkan ini memakan waktu cukup lama. Tidur sendiri memiliki dua fase, yaitu fase non-REM (rapid eye movement) dan fase REM.

Fase non-REM adalah ketika kita mengantuk atau baru tidur dan masih mudah terbangun. Biasanya dari fase non-REM ke fase REM memakan waktu 90 menit. Nah, fase REM ini di mana kita sudah tertidur nyenyak dan mulai bermimpi.

4. Sebagian Besar Mimpi Sulit Diingat

Pernahkah terpikir kenapa kita susah ingat mimpi yang semalam? Berdasarkan fakta mimpi, hal ini terjadi karena saat tidur lelap, tubuh bisa mematikan sistem otak. Oleh karena itu, tak jarang kita lebih sering mengingat sebagian mimpi, daripada mengingatnya secara utuh.

Biasanya, mimpi yang lebih sering diingat adalah saat di mana kita akan tidur. Hal ini didasari oleh fungsi otak tertentu yang sudah mulai aktif, sehingga kita bisa mengingat lagi dengan baik.

5. Hal yang Memengaruhi Bisa Ingat Mimpi

Sebenarnya, ada hal yang membuat kita benar-benar ingat dengan mimpi semalam. Berdasarkan fakta tidur dan fakta mimpi yang unik dan diungkapkan oleh berbagai sumber, kita bisa dengan mudah mengingat mimpi jika bangun tanpa alarm dan berniat ingin ingat mimpi dari sebelum tidur.

Fakta mimpi yang selanjutnya, kita akan dapat dengan mudah mengingat mimpi setelah beberapa waktu, bukan ketika kita baru bangun tidur.

6. Kita Pernah Melihat ‘Tokoh’ di Mimpi

Ketika bermimpi, tak jarang kita melihat orang atau tokoh lain yang sama sekali tidak dikenal. Lalu, siapakah dia?

Fakta mimpi yang unik berikutnya mengungkapkan bahwa orang-orang tersebut sebenarnya pernah secara tidak sadar kita lihat atau kita temui di dunia nyata. Meski kita tak mengingatnya, alam bawah sadar kita lah yang mengaktifkannya kebali.

7. Penderita Tuna Netra Bisa Mimpi

Siapa bilang bermimpi hanya untuk orang yang bisa melihat? Faktanya, tunanetra juga bisa bermimpi, namun tidak bergantung pada ingatan penglihatannya seperti orang normal pada umumnya. Orang yang tuna netra akan bermimpi bergantung dengan indera lain yang selama ini ia rasakan.

Itulah fakta tidur dan fakta mimpi yang belum banyak diketahui. Kalau kamu mau tidur nyenyak dengan mimpi yang indah, sebaiknya pilih kasur InTheBox untuk melengkapi istirahat malammu.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields