Blog - 5 Efek Samping Obat Tidur, Bukan Solusi Insomnia!

5 Efek Samping Obat Tidur, Bukan Solusi Insomnia!
04/10/2018 18.37 Comments

Obat tidur seringkali dianggap sebagai solusi susah tidur atau gangguan insomnia. Faktanya, meminum obat tidur tidak boleh berlebihan meski sudah mendapatkan resep dokter. Kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter agar tidak merasakan beragam efek samping obat tidur yang nyatanya berbahaya.

Efek Samping Obat Tidur yang Ternyata Bahaya

Kalau selama ini kamu berpikir bahwa obat tidur bisa menjadi solusi bagi para penderita insomnia. Memang bisa dikatakan bahwa obat tidur bisa menjadi solusi kalau kamu sudah tidak bisa tidur dalam kurun waktu yang lama, namun tentunya ada bahaya mengintai di balik efek samping obat tidur yang terdiri dari:

1. Ketergantungan Obat Tidur

Sering kurang tidur dan akhirnya sering minum obat tidur bisa menyebabkan kamu ketergantungan. Hal ini biasanya tak disadari, namun lama-kelamaan kamu seperti terus membutuhkan obat agar bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

Kalau sudah di tahap tersebut, kamu bisa dikatakan ketergantungan obat tidur. Bukannya menjadi solusi, gangguan tidur insomnia kamu bisa menjadi semakin parah. Gejala ketergantungan obat tidur juga bisa ditandai dengan berkeringat, gemetar, dan mual ketika konsumsi obat dihentikan.

2. Toleransi Obat Meningkat

Semakin sering mengonsumsi obat tidur, maka tingkat toleransinya pun akan semakin bertambah. Maksudnya begini, ketika kamu biasa meminum satu butir obat, namun ini dilakukan terlalu sering, maka tubuh akan kebal dan kamu membutuhkan dosis lebih.

Hal ini sudah pasti berbahaya karena asupan obat ke dalam tubuh akan semakin banyak. Kalau sudah begini, tentu kamu akan merasakan dampak minum obat tidur yang lebih parah di masa mendatang.

3. Tubuh Hilang Keseimbangan

Efek samping obat tidur yang lainnya adalah membuat tubuh jadi hilang keseimbangan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa obat tidur bisa menumpulkan sistem saraf yang berada di kaki. Padahalo, saraf yang ada di kaki ini berperan penting untuk menopang tubuh agar bisa berdiri dan juga seimbang. Oleh karena itu, jangan heran kalau ada seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi obat bisa sering terjatuh.

4. Menyebabkan Gangguan Tidur

Hilangkan anggapanmu soal obat tidur yang bisa mengatasi gangguan tidur insomnia. Faktanya, obat yang dipercaya mengatasi masalah susah tidur ini malah bisa menjadi pemicu timbulnya gangguan tidur lain, seperti mengigau hingga tidur sambal berjalan.

Efek samping obat tidur ini bisa dirasakan setelah beberapa kali minum obat atau setelah pemakaian beberapa jangka waktu. Dampaknya bisa berbeda-beda pada setiap orang.

5. Meningkatkan Risiko Kematian

Bisa dibilang kalau ini adalah efek samping dari obat tidur yang paling mengerikan. Bagaimana tidak? Obat ini ternyata bisa meningkatkan risiko kematian. Megutip penjelasan dari berbagai sumber, kalau tubuh terbiasa mengonsumsi obat tidur, maka tubuh akan terbiasa dengan reaksi tertentu setiap sebelum tidur.

Kalau sewaktu-waku kamu mengonsumsi oabt tidur lebih dari dosis yang disarankan karena tubuh sudah merasa sudah toleransi obat, maka efeknya bisa saja akan terjadi tekanan pada sistem pernapasan. Jika terjadi secara terus-menerus, tak menutup kemungkinan bisa berisiko memicu kematian mendadak.

Itulah beberapa efek samping obat tidur. Jika dilihat memang cukup berbahaya, apalagi sampai memicu risiko kematian. Jadi, ada baiknya jangan pernah nekat mengonsumsi obat tidur di luar resep dokter dan melebihi dosis.

Atasi susah tidur dengan cukup membuat tubuhmu jadi lebih nyaman ketika berada di atas kasur. Manjakan dirimu dengan menggunakan kasur INTHEBOX.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields