Blog - 7 Efek Kebanyakan Tidur, Bisa Mati Muda!

7 Efek Kebanyakan Tidur, Bisa Mati Muda!
07/09/2018 12.02 Comments

Masih ingat bahasan kita beberapa waktu lalu tentang bahaya kurang tidur? Nah, ternyata ada juga efek kebanyakan tidur bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, sebaiknya tidurlah secukupnya, yaitu sekitar 7 jam per hari agar metabolisme tubuh berjalan baik.

Lalu, apa akibat kebanyakan tidur?

Kebanyakan orang memang memanfaatkan akhir pekan sebagai waktu beristirahat yang tepat, sehingga tak jarang ada yang tidur hingga siang atau sore hari. Kalau kamu juga melakukannya, sebaiknya segera ubah kebiasaan!

Ternyata ini bahaya dan efek kebanyakan tidur bagi kesehatan tubuh:

1. Jadi Pelupa

Salah satu manfaat tidur adalah meningkatkan daya ingat otak, namun hal ini tidak berlaku kalau kamu tidur terlalu lama atau lebih dari 9 jam per hari. Bukannya memperkuat daya ingat, kebiasaan ini ternyata malah bikin kamu jadi pelupa.

Tentu saja hal ini dapat terjadi karena ternyata akibat kebanyakan tidur yaitu bisa membuat otak jadi lebih cepat tua. Penuaan otak ini yang membuat kamu jadi pelupa dan bahkan akan ada beberapa fungsinya yang hilang.

2. Memicu Obesitas

Berdasarkan berbagai sumber portal kesehatan, dikatakan bahwa efek kebanyakan tidur adalah dapat memicu obesitas. Kondisi ini dipengaruhi oleh produksi hormon ghrelin yang berlebih dan akhirnya memicu rasa lapar, sehingga tak jarang ketika baru bangu dari tidur panjang akan langsung mencari makanan berkarbohidrat tinggi.

3. Berisiko Depresi

Sama halnya dengan kurang tidur, nyatanya efek kebanyakan tidur juga dapat memicu depresi. Jika dicari lebih jauh, memang banyak penelitian yang telah membuktikan hal ini. Dijelaskan bahwa 15 persen orang yang depresi memang tidur lebih lama. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa seseorang yang tidur 7-9 jam hanya akan berisiko terkena depresi sekitar 27% dan yang tidur lebih dari 9 jam akan berisiko mencapai 49%.

4. Sakit Punggung

Selanjutnya, akibat kebanyakan tidur adalah sakit punggung. Tak peduli seperti apapun posisi tidur kamu, sakit punggung akan tetap menyerang. Kenapa bisa bisa demikian? Tentu saja ini karena ketika tidur, semua tumpuan ada pada bagian punggung dan tubuh kurang banyak bergerak, apalagi jika kasur kamu tidak empuk dan nyaman. Ini malah akan memperparah rasa sakit punggung dan bahkan bisa susah hilang.

5. Memicu Stroke

Terlalu banyak tidur bukanlah cara beristirahat yang tepat. Nyatanya, efek kebanyakan tidur bisa memicu risiko penyakit berbahaya, seperti stroke. Terdapat penelitian yang sudah membuktikan bahwa jika sering tidur lebih dari 8 jam sehari, maka risiko terkena stroke akan meningkat sebanyak 14%.

6. Penyakit Jantung

Bukan hanya stroke, akibat kebanyakan tidur juga bisa memicu penyakit jantung. Hal ini juga sudah diuji oleh peneliti bahwa seseorang yang tidur 9-11 jam poer hari 83 persen lebih berisiko terkena penyakit jantung, namun sayangnya belum ditemukan apa pengaruhnya.  

7. Kematian Dini

Efek kebanyakan tidur yang terakhir ini memang paling mengerikan karena memang dapat memicu kematian dini. Dikutip dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa hal ini sudah terbukti melalui berbagai penelitian.

Setelah melihat beragam akibat dan efek kebanyakan tidur di atas, kamu masih mau tidur seharian?

Ada baiknya tidur secukupnya demi kesehatan tubuh. Pastikan juga tubuh kamu beristirahat dan tidur dengan nyaman setiap harinya agar tak timbul beragam masalah kesehatan lain. Oleh karena itu, gunakanlah kasur InTheBox agar kamu bisa istirahat dengan cukup!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields