Blog - 7 Efek Begadang yang Ternyata Bahaya bagi Tubuh

7 Efek Begadang yang Ternyata Bahaya bagi Tubuh
By Pamella Fricylia 06/09/2018 09.17 Comments

Begadang bukan lagi hal yang tabu dan bahkan sudah banyak dilakukan, apalagi oleh generasi millenial. Ada banyak alasan seseorang untuk begadang, yaitu mengerjakan tugas, bekerja, atau bahkan sekadar main. Tahukah kamu kalau ada efek begadang yang cukup bahaya?

Ada baiknya begadang dilakukan jika benar-benar dibutuhkan dan sebisa mungkin jangan terlalu sering. Faktanya, banyak sumber yang menyebutkan bahwa begadang akan sangat berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa sampai memicu penyakit kanker.

Ini beberapa efek begadang yang ternyata bahaya bagi kesehatan tubuh:

1. Anemia

Anemia atau kekurangan darah bisa kamu alami akibat begadang, apalagi jika hal ini cukup sering dilakukan. Kenapa bisa terjadi? Ternyata ketika seseorang tidur terlalu larut, produksi hormon dan sel darah dan sel darah merah akan terganggu.

Pemicunya tentu oleh metabolisme tubuh yang juga terganggu akibat begadang. Metabolisme yang tidak seimbang lah yang berpengaruh pada produksi hormon dan sel darah merah, sehingga pada akhirnya menyebabkan anemia.

2. Berat Badan Meningkat

Hal yang satu ini bisa dibilang sebagai efek begadang yang cukup ditakuti oleh banyak orang, khususnya wanita. Penyebabnya masih sama, yaitu metabolisme di tubuh jadi terganggu dan ini berdampak pada hormon yang mengatur rasa lapar.

Saat begadang, hormon leptin dan ghrelin akan meningkat. Kedua hormon inilah yang akan memicu rasa lapar berlebih. Selain itu, pembakaran kalori pun jadi melambat, sehingga kamu akan susah kurus kalau sering begadang.

3. Diabetes

Efek begadang yang selanjutnya adalah memicu timbulnya penyakit diabetes tipe 2. Tentu saja hal ini dapat terjadi karena perubahan pola tidur sangat berpengaruh terhadap gula darah dalam tubuh, terlebih lagi kalau kamu sering tidur kurang dari 5 jam. Perlu diketahui bahwa ketika kita tidur, kadar gula akan terkontrol dan juga melakukan proses detoksifikasi.

4. Memengaruhi Kesuburan

Percaya atau tidak, akibat begadang bisa berpengaruh terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita. Sel-sel di dalam tubuh tidak bisa berjalan seperti seharusnya dan inilah penyebabnya. Kualitas ovum dan sekresi hormon pada wanita akan terganggu dan bahkan bisa mengacaukan siklus menstuasi. Bahaya begadang pada pria tentunya bisa memengaruhi kualitas sperma.

5. Menyebabkan Alzheimer

Berdasarkan data dari beragam sumber, disebutkan bahwa ada professor dari Neurology Washington University yang menyatakan bahwa salah satu efek begadang yaitu bisa meningkatkan penumpukan protein di otak.

Berdasarkan dugaan penelitian yang telah dilakukan, kondisi tersebut dapat memicu kerusakan otak dan mengacu pada penyakit Alzheimer. Bisa dibilang ini bukanlah bahaya begadang yang langsung terasa karena efeknya baru terasa 10-15 tahun kemudian.

 6. Memicu Penyakit Jantung dan Stroke

Akibat begadang yang berbahaya selanjutnya adalah memicu penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini tentu saja ditakuti karena dapat menyebabkan kematian. Begadang tentu akan membuat kamu kurang tidur dan ini yang meningkatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

7. Faktor Penyebab Kanker

Bahaya begadang yang terakhir bisa dikatakan paling ditakuti karena ternyata kebiasaan ini bisa memicu timbulnya penyakit kanker. Penjelasannya begini, ketika tubuh kurang tidur, produksi hormon melatonin akan terganggu dan ini merupakan hormon yang mengatur semua hormon dalam tubuh.

Fungs hormon melatonin adalah melawan sel-sel kanker dan meningkatkan antioksidan alami dalam tubuh. Kadarnya sendiri akan meningkat tepat tengah malam dan kalau kamu begadang, maka produksi hormon melatonin akan terganggu dan jadi sedikit.

Nah,itu dia bahaya dan efek begadang bagi kesehatan tubuh. Kamu masih mau begadang? Siap-siap dengan risiko di atas, ya!

Salah satu solusi untuk menghindari kebiasaan begadang adalah dengan menciptakan suasana nyaman di tempat tidur. Kasur yang emuk dan nyaman pasti berhasil menjadi daya tarik untuk membuat kamu “merindukannya”. Oleh karena itu, pilihlah kasur InTheBox yang sudah pasti bikin kamu nyaman dan selalu ingin cepat tidur.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields