Blog - 6 Cara Tidur yang Baik, Sehat, dan Paling Ideal

6 Cara Tidur yang Baik, Sehat, dan Paling Ideal
18/12/2018 17.11 Comments

Yakin kamu sudah melakukan cara tidur yang baik setiap harinya? Perlu dipahami kalau tidur bukanlah sekadar memejamkan mata untuk beristirahat, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tubuh mendapatkan istirahat berkualitas tanpa ada gangguan kesehatan di kemudian hari.

Cara Tidur yang Baik untuk Tubuh

Belum banyak orang yang tahu dan menerapkan cara atau posisi tidur yang baik, padahal hal ini bisa dikatakan penting agar tubuh kembali segar saat bangun tidur. Mudahnya, kamu hanya perlu melakukan ini:

1. Tidur dengan Lampu Mati

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membiasakan tidur dengan lampu mati. Seperti yang sudah pernah dibahas, tidur dengan lampu menyala akan membuat istirahat jadi tidak maksimal. Secara tak disadari, jam biologis tubuh akan turut terganggu, bahkan lebih parahnya bisa memicu depresi dan kanker.

Tidur dengan lampu mati akan membuat sel-sel tubuh menjadi istirahat dengan lebih maksimal. Tubuh pun tentunya jadi jauh lebih rileks, sehingga kamu tidak akan mendapatkan istirahat yang maksimal dan bangun tidur tubuh tidak segar.

2. Hindari Posisi Tidur Telentang

Cara tidur yang baik yaitu dengan menghindari posisi tidur telentang. Kenapa? Ternyata disadari atau tidak, kKetika tidur dengan posisi telentang, maka tulang punggung akan lebih mendapatkan tekanan.

Fakta lainnya, posisi tidur telentang akan membuat kamu lebih banyak bernapas melalui mulut ketika tidur. Ini tentunya akan mebuat udara yang masuk ke dalam tubuh tidak akan tersaring dengan baik, sehingga bisa meningkatkan risiko sakit flu.

3. Posisi Tidur Tidak Tengkurap

Selanjutnya, cara tidur yang baik adalah dengan tidak tidur tengkurap. Perihal ini, inthebox juga sudah pernah membahas mengenai bahaya tidur tengkurap. Ada beberapa efek yang akan kamu dapatkan, seperti menghambat sistem pernapasan, memicu sakit leher, menimbulkan sakit tulang punggung, hingga meningkatan stres.

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata ada penelitian di Australia yang pernah mengungkapkan hal yang berkaitan dengan fakta ini. Disebutkan bahwa risiko kematian anak lebih besar hingga tiga kali lipat jika sering tidur tengkurap dibandingan posisi tidur menyamping.

4. Posisi Tidur Menghadap Kanan

Tidur menghadap kanan dikenal dengan posisi tidur Rasulullah dan ternyata ini adalah salah satu cara tidur yang baik. Bukan semata-mata karena agama Islam mengutamakan kanan daripada kiri. Faktanya ada alasan medis yang berkaitan dengan hal ini.

Manfaat tidur miring ke kanan ternyata bisa mengurangi risiko gagal jantung. Ini didukung oleh posisi jantung yang berada di atas, sehingga tidak akan tertindih dengan organ lain selama sedang tidur dalam jangka waktu lama.

5. Tinggi Bantal Harus Pas

Hal ini memang terkesan sepele, namun faktanya tinggi bantal saat tidur bisa berpengaruh pada kondisi tubuh. Cara tidur yang baik adalah dengan menyesuaikan tingkat ketinggian bantal agar tidak terlalu tinggi.

Posisi bantal yang terlalu tinggi akan berpengaruh pada struktur tulang leher. Biasanya ini langsung terasa ketika bangun tidur. Kamu akan merasakan sakit leher atau lebih parahnya bisa mengalami sakit tulang belakang karena posisi kepala yang terlalu tinggi.

6. Jauhkan Alat Elektronik

Kebanyakan orang menonton tv sebelum tidur atau juga bermain dengan gadget. Bisa dibilang ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang, namun faktanya hal ini tidak baik untuk dilakukan. Sinar biru dan bahkan radiasi yang dihasilkan akan membuat istirahat kamu jadi tidak maksimal.

Itu dia beberapa cara tidur yang baik dan ideal. Jika diperatikan, semua cara di atas memang mudah untuk dilakukan, namun ada hal yang tidak boleh dilupakan yaitu menggunakan tempat tidur dan bantal yang sesuai. Posisi tidur yang sudah disesuaikan tetap bisa membahayakan tubuh kalau kasur dan bantalnya tidak bisa menopang dengan baik.

Oleh karena itu, direkomendasikan untuk pakai spring bed INTHEBOX yang memiliki teknologi untuk menopang tulang belakang dengan baik. Ketebalan bantal INTHEBOX juga bisa dikatakan pas dan lembut, sehingga tidak akan teralu tinggi. Buktikan saja sendiri!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields