Blog - 7 Cara Menguruskan Badan Saat Tidur

7 Cara Menguruskan Badan Saat Tidur
28/09/2018 12.53 Comments

Banyak yang ingin kurus, namun malas untuk mengikuti program diet atau bahkan mengaku tak punya waktu untuk berolahraga. Nah, ternyata salah satu cara menguruskan badan yang cepat dan mudah adalah dengan tidur. Masa sih?

Begini Cara Menguruskan Badan Hanya dengan Tidur!

Kamu pasti ragu atau tidak percaya akan hal ini, namun faktanya banyak sumber yang sudah membuktikan bahwa tidur adalah cara menurunkan berat badan yang mudah. Bukan sekadar tidur, namun ada cara tidur tertentu yang harus kamu lakukan.

Sudah siap kurus dan langsing? 

Ini beberapa cara menguruskan badan hanya dengan tidur:

1. Tidur dengan Lampu Mati

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan lampu saat tidur. Trdengar sepele, namun banyak yang tak melakukannya. Selain tak terbiasa, ada yang mengatakan bahwa tidur dengan lampu mati akan terasa sesak atau bahkan takut.

Perlu kamu tahu kalau tidur dengan lampu mati bisa membuat tubuh beristirajat lebih maksimal. Bukan hanya itu, faktanya ini juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang mudah karena hormon melatonin akan diproduksi lebih banyak. Hormon ini berperan untuk membuat tubuh mengantuk dan membantu membakar kalori.

2. Buat Suhu Kamar Jadi Dingin

Cara menguruskan badan saat tidur yang berikutnya adalah tidur di ruangan dengan suhu dingin. Ketika tidur pada suhu yang dingin, tubuh akan bekerja ekstra mengeluarkan energi untuk menghangatkan tubuh. Di saat yang bersamaan, lemak di beberapa bagian tubuh pun ikut terbakar.

3. Jauhkan dan Matikan Gadget

Siapa di antara kamu yang sering memainkan gadget kesayangan sebelum tidur?

Kebiasaan yang satu ini memang mengasyikan, namun jika bisa dihindari, maka bisa jadi cara menguruskan badan yang efektif. Ada sebuah penemuan di Universitas Manchester yang menjelaskan bahwa gelombang cahaya biru yang berasal dari gadget dapat mengganggu hormon melatonin yang berkaitan dengan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran lemak akan terhambat.

4. Buat Waktu Tidur Lebih Terjadwal

Tak jarang seseorang mengabaikan pola dan waktu tidur harian, padahal inilah yang berpengaruh dengan penurunan berat badan. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam per hari. Ini akan membantu metabolisme tubuh agar bekerja dengan baik dan bisa membakar lemak saat tidur.

5. Mengonsumsi Daun Mint

Selanjutnya, cara menguruskan badan adalah dengan mengonsumsi daun mint sebelum tidur. Kandunagn yang ada di dalam daun mint terbukti ampuh menurunkan berat badan, apalagi jika kamu secara rutin mengonsumsinya sebelum tidur.

Dikutip dari berbagai sumber, penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Neurological and Orthopaedic Medicine menjelaskan bahwa berat badan bisa turun sekitar 2,3 kg dalam sebulan hanya dengan mencium peppermint setiap dua jam.

6. Mengonsumsi Protein

Menjelang tidur malam, usahakanlah untuk mengonsumsi makanan atau minuman berprotein tinggi. Tentunya ini masih berhubungan dengan cara menguruskan badan saat tidur. Selain bisa mengerem rasa ingin ngemil di malam hari, nyatanya ada penelitian juga terkait hal ini.

Ada sumber yang menjelaskan bahwa seseorang yang minum protein shake 30 gram sebelum tidur akan melepaskan energi dan kalori yang lebih banyak sebelum tidur, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

7. Menambah Waktu Tidur

Cara menurunkan berat badan saat tidur yang terakhir adalah dengan menambah waktu tidur. Percuma saja kalau kamu melakukan diet, namun pola tidur masih berantakan. Oleh karena itu, sebaiknya tambah waktu tidur agar tubuh bisa beristirahat dengan cukup dan bisa membakar lemak dengan maksimal. 

Nah, itulah berbagai cara menguruskan badan saat tidur yang bisa kamu coba. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, kamu harus melakukannya secara rutin dan jangan lupa untuk dapatkan tidur berkualitas dengan pakai kasur spring bed INTHEBOX.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields