Blog - 7 Cara Menghilangkan Tungau | Cepat, Alami, Mudah

7 Cara Menghilangkan Tungau | Cepat, Alami, Mudah
25/07/2018 16.00 Comments

Tungau atau kutu kasur adalah hewan menyerupai kutu yang bentuknya amat-sangat kecil, tepatnya hanya 0,5 mm. Umumnya, hewan yang satu ini bersarang di kasur, sofa, atau bahkan karpet. Kalau kamu pernah mengalami bentol-bentol saat bangun tidur, dapat dipastikan kamu digigit tungau!

Kamu pernah mengalaminya? Jangan dibiarkan!

Berikut bahan dan cara menghilangkan tungau kasur yang cepat dan mudah:

1. Jemur Kasur

Cara menghilangkan kutu kasur yang pertama adalah dengan cara menjemur kasur di bawah terik matahari. Meski terlihat sepele, hal ini harus dilakukan secara rutin. Kenapa?

Perlu kamu tahu kalau tungau sangat suka tempat yang lembap, sehingga jika dijemur maka tungau pun tak akan bersarang. Bukan hanya kasur, sebaiknya jemur juga bantal, guling, dan selimut. Sebisa mungkin, jemurlah kasur dalam kurun waktu satu bulan sekali.

2. Larutan Garam

Jika merasa kesulitan menjemur kasur, kamu bisa menggunakan larutan garam untuk menghilangkan tungau dengan cepat dan mudah. Kamu hanya perlu menyediakan semprotan air. Begini cara membuat larutan garam untuk membasmi kutu kasur:

  • Larutkan garam ke dalam air
  • Masukkan ke dalam botol semprot
  • Semprotkan larutan garam ke atas permukaan kasur secara merata

Mudah bukan?

Sebisa mungkin jangan dulu menggunakan kasur dalam jangka waktu beberapa jam untuk memastikan bahwa tungau sudah mati.

3. Cuka

Kamu juga bisa manfaatkan cuka sebagai bahan alami pembasmi tungau. Bisa dibilang cuka adalah bahan multifungsi yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih alami di rumah. Sama halnya dengan larutan garam, kamu membutuhkan botol semprot.

Bedanya, kamu tak perlu mencampurkan cuka dengan air. Begini cara pakai cuka untuk membasmi tungau:

  • Tuangkan cuka secukupnya ke dalam botol semprot
  • Semprotkan cuka ke sarang tungau atau ke semua bagian kasur, bantal, dan guling

Bisa dibilang ini adalah cara yang paling praktis dan mudah. Setelah tempat tidur disemprot, jangan langsung dipakai, ya!

4. Daun Sirsak

Cara mudah membasmi tungau yang lainnya adalah dengan menggunakan daun sirsak. Caranya pun tak kalah mudah dari bahan-bahan sebelumnya. Kamu hanya perlu:

  • Menyiapkan beberapa lembar daun sirsak (jumlah sesuai kebutuhan)
  • Simpan daun sirsak di atas tempat tidur
  • Diamkan beberapa jam

Sangat mudah, bukan? Meskipun sangat sederhana, cara ini dijamin ampuh!

5. Kulit Durian

Siapa di antara kamu yang pencinta durian? Nah, kalau sudah selesai makan durian, jangan buang kulitnya!

Perlu kamu tahu kalau kulit durian sangat ampuh untuk menghilangkan tungau di tempat tidur. Ternyata bau durian yang cukup menyengat pun tidak disukai oleh tungau kasur. Bahkan, banyak sumber yang mengatakan kalau bau durian bisa membuat tungau jadi sekarat.

Memang bagaimana cara pakainya?

Kamu hanya perlu menyimpan beberapa kulit durian di atas kasur. Lebih bagus lagi kalau kamu tahu di sudut mana tungau bersarang. Kalau mau pakai cara ini, pastikan kulit durian sudah bersih dari daging durian.

6. Tetesan Lilin

Cara ampuh dan mudah untuk menghilangkan tungau yang berikutnya adalah pakai tetesan lilin. Khusus yang satu ini, kamu disarankan untuk lebih berhati-hati karena kasur berpotensi terbakar.

Kamu hanya perlu meneteskan lilin ke permukaan kasur yang disinyalir ada tungau. Kamu juga bisa mengatur sendiri takaran lilin dengan kebutuhan dan ukuran kasur.

7. Lavender

Nah, kalau bahan yang satu ini tergolong ampuh dan tidak akan mengganggu indra penciuman kamu. Ada dua alternatif cara menghilangkan kutu kasur dengan lavender, yaitu:

  • Semprotkan minyak lavender ke permukaan kasur yang jadi sarang tungau
  • Taburkan lavender kering yang dibungkus kain di tempat tidur

Mana yang akan kamu pilih sebagai cara menghilangkan tungau di kasur kesayanganmu? Selamat mencoba!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields