Blog - 7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Kentut Saat Tidur

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Kentut Saat Tidur
15/11/2018 18.48 Comments

Disadari atau tidak, mungkin kita pernah kentut saat tidur. Umumnya, orang yang tidur bersama kita lah yang merasa terganggu apalagi jika kebiasaan ini sudah sangat berlebihan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kentut saat tidur? Kali ini inthebox akan mengupas “misteri” ini untuk kamu.

Kenapa Bisa Kentut Saat Tidur?

Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi sebagian orang karena umumnya seseorang tidak sadar ketika dirinya kentut saat tidur. Sebenarnya kebiasaan ini bukanlah hal yang aneh karena faktanya, saraf tubuh tetap bekerja meski kita dalam kondisi tidur.

Salah satu saraf yang masih bekerja ketika tidur yaitu yang berada di otot cincin anus. Saraf ini memiliki kendali untuk mengontrol keluarnya gas atau kentut. Ketika kita kentut saat tidur, itu artinya tubuh ada dalam keadaan setengah sadar meski hanya sementara karena otot di sekitar anus baru akan terbuka ketika mendapatkan perintah dari alam bawah sadar.

Cara Menghilangkan Kentut Saat Tidur

Melihat penjelasan di atas, kalau kamu sering kentut saat tidur, maka bisa dikatakan bahwa kamu sering mengalami keadaan setengah sadar. Bukan hanya bisa mengganggu kenyamanan tidur orang yang ada di sekitar, kebiasaan ini juga tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Faktanya, sering kentut saat tidur juga bisa membuat kita malu ketika harus menginap di rumah saudara atau bersama teman-teman. Oleh karena itu, kamu bisa coba cara menghilangkan kentut saat tidur yang mujarab berikut ini:

1. Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah kebiasaan makan. Kalau kamu sering makan dengan cepat, kini kurangi kecepatannya. Mengunyah makanan secara perlahan bisa mengurangi jumlah udara yang ikut tertelan dan terkumpul di sistem pencernaan.

2. Kurangi Asupan Makanan yang Mengandung Gas

Cara menghilangkan kentut saat tidur yang berikutnya adalah dengan mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung gas. Beberapa di antaranya seperti kol, kismis, brokolo, kacang-kacangan, jamur, dan minuman berkarbonasi. Bukan berarti kamu tak boleh memakannya karena beberapa di antaranya bermanfaat abgi tubuh. Cukup kurangi porsinya untuk mengurangi gas dalam tubuh.

3. Kurangi Makanan Tinggi Serat

Ada banyak manfaat makanan tinggi serat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak juga makanan tinggi serat yang menjadi produsen gas. Oleh karena itu, kalau kamu sering kentut ketika tidur, maka kurangi dulu untuk mengonsumsi makanan tinggi serat.

4. Hindari Makanan dengan Pemanis Buatan

Pemanis buatan bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Pemanis buatan seperti mannitol dan sorbitol juga bisa meningkatkan kadar gas atau bahkan bisa menyebabkan diare.

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kentut saat tidur. Ketika berolahraga secara rutin, maka fungsi sistem pencernaan akan membaik dan tidak akan ada gas yang “terperangkap”.

6. Minum Cuka Apel

Cara menghilangkan kebiasaan kentut saat tidur adalah dengan meminum larutan cuka apel. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah yaitu dengan melarutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air. Konsumsilah sebelum makan untuk mengontrol kadar gas yang berasal dari makanan.

7. Hindari Kegiatan Menelan Udara

Apa contohnya?

Kebiasaan menelan udara yang dimaksud di sini adalah merokok, meminum dari sedotan, dan mengunyah permen karet. Tanpa disadari, kadar udara yang masuk ke dalam pencernaan akan meningkat, sehingga produksi gas pun bertambah.

Itu dia beberapa cara menghilangkan kebiasaan kentut saat tidur yang mudah untuk dilakukan. Jangan lupa juga lengkapi istirahat malammu dengan kasur spring bed INTHEBOX agar lebih nyenyak dan berkualitas.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields