Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-menghilangkan-bau-di-kasur-inthebox.jpg

11 Cara Menghilangkan Bau di Kasur (Cepat & Mudah)

2 November 2019

Ada banyak penyebab bau kasur, mulai dari keringat, ompol, dan sisa makanan. Jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai penyakit, terutama penyakit pernapasan. Sayangnya, banyak yang bingung bagaimana cara menghilangkan bau di kasur. Hal ini disebabkan oleh ukuran kasur yang besar. Lalu, harus bagaimana?

Cara Menghilangkan Bau di Kasur yang Cepat dan Mudah

Kamu tidak perlu bingung! Ada cara menghilangkan bau apek pada kasur spring bed yang cepat, mudah, dan efektif yaitu:

1. Rutin Mengganti Seprai

Bau kasur bisa disebabkan oleh kamar lembap. Oleh karena itu, sebaiknya rutin mengganti seprai. Perlu diingat kalau permukaan seprai bisa dikatakan sebagai sarang kuman yang berasal dari keringat dan kotoran yang menempel.

Ganti sprei setidaknya maksimal sebulan sekali. Kalau dirasa kamar kamu lebih lembap, maka tak ada salahnya untuk mengganti seprai setiap dua minggu sekali.

2. Jemur Kasur Secara Rutin

Cara menghilangkan bau apek pada kasur spring bed atau jenis kasur lainnya adalah dengan menjemur kasur di bawah terik matahari. Jangan pernah malas untuk membawa kasur keluar kamar dan menjemurnya agar kasur bisa “bernapas”.

Cara menjemur kasur agar tidak bau apek yaitu ketika matahari benar-benar terik. Kamu juga harus membalikan sisi lainnya agar terjemur dengan baik.

3. Pindahkan Posisi Kasur

Jika kasur tidak mungkin untuk dikeluarkan dari kamar, kamu bisa memindahkan posisi kasur. Posisikan kasur lebih mendekat dengan jendela atau ventilasi, sehingga memungkinkan sinar matahari menyinari permukaan kasur.

Ini bisa dijadikan alternatif, terutama bagi kamu yang tak ada lahan untuk menjemur kasur atau menggunakan spring bed berukuran besar. Cara ini juga bisa sekaligus memberikan nuansa baru untuk dekorasi kamar tidur.

4. Pakai Baking Soda

Baking soda sudah menjadi bahan andalan pembersih perabotan rumah tangga, termasuk kasur. Umumnya, baking soda banyak digunakan untuk menghilangkan bau membandel yang menempel di lemari, oven, atau kulkas.

Cara membersihkan kasur dengan baking soda:

• Taburkan baking soda di permukaan kasur

• Sikat perlahan dan diamkan beberapa saat

• Bersihkan menggunakan vacuum cleaner

5. Gunakan Cuka Putih

Cuka putih dikenal efektif menghilangkan bau bahkan noda membandel di kasur, namun aromanya sangat menyengat. Begini cara pakai cuka putih untuk menghilangkan bau di kasur:

• Tuangkan cuka putih ke dalam wadah semprotan

• Semprotkan ke permukaan kasur dan utamakan ke bagian yang bau

• Bersihkan menggunakan lap kering

• Pastikan kasur kering sebelum dilapisi sprei

Kamu juga bisa menambahkan air lemon agar bau cuka tidak terlalu menyengat.

6. Gunakan Cairan Detergen

Kamu bisa membuat cairan pembersih kasur dengan bahan sederhana, yaitu dari campuran air dan detergen (disarankan detergen cair). Begini cara membuat dan membersihkan kasurnya:

• Larutkan satu sendok detergen dengan satu liter air

• Masukkan larutan detergen ke dalam botol semprot

• Semprotkan pada bagian kasur yang bau

• Bersihkan dengan lap kering

7. Taburkan Kamper

Bukan hanya bisa diletakkan di dalam lemari pakaian, kamper juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kasur wangi dan tidak lembap.

Ada dua cara menghilangkan bau di kasur pakai bedak bayi. Pertama, kamu bisa menaburkan kamper yang sudah ditumbuk di atas kasur dan ditinggalkan seharian. Kedua, jika kamu meletakkan kasur di lantai, maka taburkan kamper di bagian ujung kasur dan permukaan bawah kasur.

8. Taburkan Tepung Maizena

Kalau di rumah kamu ada tepung maizena, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau apek di kasur. Caranya sangat mudah karena kamu hanya membutuhkan kain bersih. Taburkan tepung maizena di atas permukaan kasur secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan menggunakan lap yang telah dibasahi.

9. Semprotkan Pewangi Pakaian

Bahan ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ompol di kasur. Begini tahapan cara membuat dan membersihkan kasur pakai pewangi pakaian:

• Campurkan pewangi pakaian dengan air secukupnya dan masukkan ke dalam botol semprot

• Semprotkan ke bagian kasur yang dirasa bau atau bekas ompol

• Biarkan kasur kering atau bisa keringkan dengan hair dryer

10. Gunakan Obat Kumur

Bahan yang satu ini juga bisa digunakan sevagai cara menghilangkan bau pesing di kasur. Dijamin tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 5-10 menit. Ini tahapan yang harus kamu lakukan:

• Tuangkan sedikit obat kumur ke bagian kasur yang bau ompol

• Sikat pakai sikat gigi bekas dan diamkan 5-10 menit

• Bersihkan dengan menempelkan kain bersih

• Keringkan menggunakan hair dryer

11. Taburkan Bedak Bayi

Ternyata bedak bayi bisa bikin kasur wangi dalam sekejap. Memiliki aroma yang khas, biasanya bedak bayi digunakan untuk membuat tubuh menjadi wangi dan menyerap keringat. Caranya sangat mudah, yatu hanya cukup menaburkan di bagian yang dirasa bau. Meskipun praktis, jangan dilakukan terlalu sering, ya!

Itu dia berbagai cara menghilangkan bau di kasur yang cepat dan mudah. Cara mana yang akan kamu coba?

Selain kasur yang bersih, jangan lupa juga untuk selalu pakai kasur yang nyaman. Kamu bisa pilih kasur spring bed INTHEBOX dan bantal guling INTHEBOX. Cek pilihan produk INTHEBOX di sini!


ARTIKEL LAINNYA

6 Ukuran Kasur yang Perlu Kamu Ketahui!
3 December 2020
Bingung memiih ukuran kasur yang tepat untuk kamar tidurmu? Di artikel ini, INTHEBOX akan mengulas semua ukuran kasur yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa memilih ukuran kasur yang sesuai. Ukuran kasur disertai gambar yang membantu kamu semakin mengerti. Selengkapnya
Clinomania, Kecanduan Kasur yang Bikin Mager Seharian
30 August 2018
Bermalas-malasan di kasur seharian memang sangat asyik, tapi awas kamu terkena kelainan clinomania! Apa itu clinomania? Ini merupakan kelainan psikologis yang membuat penderitanya malas bergerak alias mager untuk beranjak dari kasur. Ketahui gejala dan pengobatannya, yuk! Selengkapnya
7 Vitamin Kurang Tidur Akibat Insomnia & Sering Begadang
20 December 2018
Kamu punya gangguan insomnia atau sering begadang dan tubuh terasa lemas saat bangun tidur? Kalau begitu, kamu bisa coba konsumsi vitamin kurang tidur, muali dari yang berbentuk suplemen hingga yang alami dan berasal dari makanan. Ini penjelasan lengkapnya! Selengkapnya
CS1