Blog - 5 Cara Memperbaiki Pola Tidur (Paling Efektif)

5 Cara Memperbaiki Pola Tidur (Paling Efektif)
20/09/2018 11.44 Comments

Pola tidur yang berantakan tentu akan sangat berpengaruh pada aktivitas harian karena tentu akan sangat memengaruhi performa kamu. Sangat mungkin terjadi kamu sulit berkonsentrasi atau bahkan lemas seharian. Merasa terganggu? Yuk, ketahui cara memperbaiki pola tidur!

Ketika pola tidur yang sudah sangat berantakan, kamu pasti akan merasa lelah. Beragam cara sudah dilakukan, namun hasilnya rata-rata masih nihil. Melihat hal ini, inthebox akan memberikan tips ampuh agar kamu bisa tidur dengan nyenyak dan bangun dengan segar.

Ini cara memperbaiki pola tidur agar tidur jauh lebih nyenyak:

1. Jam Tidur Dibuat Lebih Rutin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyamakan jam tidur. Hal ini memang akan terasa sulit di awal, namun dalam jangka waktu beberapa hari pasti kamu sudah bisa menyesuaikan diri. Terlebih lagi kamu harus mengusahakan waktu tidur selama 7-8 jam setiap harinya.

Dapat dipastikan kalau kamu akan mengalami dua hal dalam melakukan cara memperbaiki pola tidur yang satu ini. Pertama, kamu akan kesulitan menyamakan waktu tidur. Kedua, kamu akan kesulitan mengatur waktu tidur menjadi 7-8 jam karena biasanya yang pola tidurnya berantakan hanya memiliki waktu tidur yang lebih sedikit.

2. Jangan tidur Siang Kalau Tak Biasa

Cara memperbaiki pola tidur yang kedua adalah dengan menghindari tidur siang, apalagi kalau kamu memang tidak terbiasa. Ketika memutuskan untuk tidur siang, terlebih dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat dipastikan kamu akan susah tidur di malam hari.

Sekilas hal ini terlihat sepele, namun tanpa disadari bisa merusak pola tidur kamu. Oleh karena itu, kalau kamu tak ingin punya pola tidur berantakan, maka sebaiknya jangan tidur siang kalau tak biasa melakukannya. Jika benar-benar butuh tidur siang, lakukanlah sebentar saja.

3. Tidur Dalam Kondisi Gelap

Selanjutnya, kamu bisa mencoba tidur dalam kondisi gelap. Yap, tentu saja cara memperbaiki pola tidur ini akan berpengaruh kenapa kamu yang biasa tidur dengan lampu menyala. Faktanya, cahaya lampu kamar akan sangat berpengaruh pada kualitas tidur kamu.

Adanya cahaya lampu akan membuat beberapa organ, khususnya saraf dan otot tidak beristirahat dengan maksimal. Bisa saja kamu jadi sering terbangun di malam hari dan tentunya ini akan sangat berpengaruh pada pola tidur harianmu. Tidak percaya? Coba saja!

4. Jauhkan Alarm

Memasang alarm nampaknya menjadi kebiasaan rutin sebagian besar orang, bahkan ada yang tidak bisa bangun tidur tanpa pasang alarm. Seringkali alarm disimpan di dekat kita tidur dan tak jarang juga kita ingin menambah sedikit jam tidur dengan menekan tombol snooze. Kamu juga sering melakukannya?

Kalau jawabannya ya, sebaiknya jangan dilakukan lagi dan jauhkan alarm!

Meski hanya menambah beberapa menit, ini akan berpengaruh pada pola tidur kamu. Kamu akan terbiasa dengan waktu tidur tersebut dan bahkan bisa saja kamu akan ‘kebal’ dengan alarm yang dipasang. Jadi, menjauhkan alarm adalah cara memperbaiki pola tidur yang super mudah.

5. Perhatikan Asupan Makanan & Minuman

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memerhatikan asupanan makanan dan minuman yang dikonsumsi menjelang tidur. Kamu wajib menghindari makanan dan minuman apapun yang mengandung kafein karena akan membuatmu terjaga semalaman.

Bukan hanya itu, disarankan juga untuk mengatur jam makan malam. Usahakan kamu terakhir makan yaitu 3 jam sebelum tidur. Ini akan memberikan efek kenyang saat tidur dan membuat organ-organ tubuh beristirahat dengan baik, sehingga kamu tak akan sering terbangun malam hari.

Itulah beberapa cara memperbaiki pola tidur yang mudah dan terbukti efektif. Jangan cuma dibaca, tapi coba praktikan juga, ya!

Oh, ya, tentunya pola tidur akan semakin baik ketika kamu bisa beristirahat dengan sangat nyenyak. Oleh karena itu, kamu disarankan pakai kasur spring bed INTHEBOX agar istirahat jadi lebih berkuaitas.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields