Blog - Tips dan Cara Memilih Bantal Bayi yang Tepat

Tips dan Cara Memilih Bantal Bayi yang Tepat
06/11/2018 13.32 Comments

Setiap orang tua pasti menyayangi buah hatinya dan selalu ingin memberikan yang terbaik.  Sayangnya, banyak orang tua baru yang belum paham dalam memilih yang terbaik untuk buah hatinya. Terkait perlengkapan tidur pun tak bisa disepelekan. Selain alas tidur, harus tahu juga tips dan cara memilih bantal bayi yang tepat.

Tips Memilih Bantal Bayi yang Bagus dan Nyaman

Perlu diingat bahwa strukur kepala bayi masih sangat rentan, sehingga pemilihan bantal sebagai alas kepalanya harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai salah pilih karena nantinya bisa berdampak pada struktur kepala bayi.

Berikut ini beberapa cara memilih bantal bayi yang tepat agar tidak salah pilih:

1. Ukuran Bantal Bayi Harus Pas

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran bantal bayi. Ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Jangan samakan pemilihannya dengan bantal orang dewasa, namun jangan asal memilih ukuran yang kecil.

Berkaitan dengan hal ini, sangat disarankan untuk memilih ukuran bantal bayi yang sedang dengan berbentuk datar. Kenapa? Bantal yang terlalu tinggi akan terasa mengganjal di bagian leher, jadi pastikan bayi merasa nyaman.

2. Jenis Bantal Polos

Ada banyak jenis bantal bayi yang unik dan lucu, sehingga tak jarang kita merasa gemas ingin membelinya. Hal ini yang harus diperhatikan. Cara memilih bantal bayi yang benar adalah dengan memilih yang polos.

Tambahan ornamen pada bantal seperti rumbai atau manik-manik malah akan membuat bayi merasa tidak nyaman saat tidur, apalagi kepala dan lehernya masih sangat sensitif. Jadi, sebaiknya pilih jenis bantal bayi yang polos.

3. Bantal Lateks atau Silikon

Cara memilih bantal bayi yang berikutnya adalah memerhatikan bahan atau isian bantal. Hindari memilih bantal berisi butiran (beads) karena akan sangat berbahaya bagi bayi kalau terjadi kebocoran. Selain itu, bentuknya pun cenderung tidak stabil.

Terkait hal ini, ada baiknya memilih jenis bantal lateks atau bantal silicon untuk bayi. Khusus bantal lateks yang terbuat dari getah karet tentunya tidak mengandung zat kimia berbahaya dan juga antibakteri dan tungau. Lalu, bantal silicon memiliki penyerapan tinggi dan sangat lembut.

4. Tekstur Bantal Harus Tepat

Kebanyakan orang memilih bantal bayi yang empuk dan lembut, padahal faktanya jangan pernah memilih bantal bayi yang terlalu empuk. Meskipun demikian, jangan juga memilih yang terlalu keras. Cukup sulit, namun ada trik mudah.

Cara memilih bantal bayi berdasarkan strukturnya tidaklah sulit. Cukup lakukan tes sederhana ketika membelinya. Tekan permukaan bantal dan perhatikan berapa lama bantal tersebut kembali ke bentuk semula. Pilih yang cukup lambat untuk kembali ke bentuk semula.

5. Bantal Berbahan Hypoalergenik

Kulit bayi yang sensitif tentu harus menjadi perhatian ekstra. Bukan tidak mungkin kalau bayi alergi karena salah menggunakan bantal. Jadi, tips memilih bantal bayi yang tepat adalah dengan menggunakan bantal berbahan hypoalergenik. Agar kulitnya tidak iritasi.

Itu dia beberapa cara memilih bantal bayi yang tepat dan harus diperhatikan. Jangan disepelekan karena selain berpengaruh terhadap kenyamanan tidur, pemilihan bantal bayi juga bisa berpengruh terhadap kesehatannya.

Nah, khusus untuk orang tuanya jangan lupa untuk memilih bantal INTHEBOX yang sudah pasti bisa memberikan kenyamanan ekstra. Istirahat pun jadi lebih nyenyak setelah lelah seharian mengasuh si kecil. Bantal INTHEBOX juga sangat cocok untuk anak yang sudah mulai beranjak dewasa, lho!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields