Blog - 7 Cara Bangun Pagi (No. 5 Paling Susah Dilakukan)

7 Cara Bangun Pagi (No. 5 Paling Susah Dilakukan)
17/09/2018 13.29 Comments

Kamu termasuk orang yang susah bangun pagi? Sudah coba berbagai cara bangun pagi tapi tak ada yang ampuh?

Pastinya hal ini cukup menyebalkan, terutama kalau kamu adalah orang yang punya kesibukan di pagi hari. Ketika berhasil bangun tidur, segala sesuatunya harus dilakukan dengan terburu-buru karena selalu gagal bangun lebih awal. Nah, inthebox punya cara agar mudah bangun pagi untuk kamu.

Lansung saja, ini dia cara bangun pagi:

1. Jangan Makan Sebelum Tidur

Bukan hanya bisa membuat obesitas, nyatanya makan sebelum tidur juga bisa membuat kamu susah bangun pagi. Kenapa bisa demikian? Sederhana saja, ketika kamu makan mendekati waktu tidur, maka sistem pencernaan akan bekerja, padahal seharusnya ikut beristirahat. Hal inilah yang membuat kamu susah bangun saat pagi hari meski sudah melakukan beragam tips bangun bagi.

2. Matikan Lampu Sebelum Tidur

Kamu tim lampu nyala atau lampu mati saat tidur?

Nah, tenyata salah satu cara bagun pagi yang mudah dilakukan adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur. Ini akan membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak dan bahkan bisa mengistirahatkan organ-organ tubuh, sehingga bisa sebagai cara mencegah kanker.

Bukan hanya dimatikan, cara agar bisa bangun pagi adalah langsung menyalakan lampu ketika membuka mata. Cara ini sangat efektif untuk mencegah tidur kembali saat baru bangun karena tak jarang ada yang sudah bangun pagi, tapi malah tidur lagi karena tak sengaja memejamkan mata.

3. Tidak Begadang atau Tidur Lebih Awal

Kebiasaan begadang adalah penyebab utama susah bangun pagi. Oleh karena itu, cara agar bisa bangun pagi yang paling efektif adalah dengan menghindari begadang. Bangun siang karena begadang adalah hal lumrah karena tubuh merasa belum istirahat dengan maksimal.

Kalau kamu benar-benar sangat sulit bangun pagi, cobalah untuk tidur lebih awal. Meski mudah dan sudah banyak yang tahu, cara bangun pagi ini masih jarang dilakukan. Dengan kamu tidur lebih awal, maka otomatis akan bangun lebih awal karena tubuh sudah cukup beristirahat.

4. Konsumsi Suplemen Melatonin

Cara bangun pagi yang satu ini sangat disarankan untuk dilakukan kalau memang semua cara yang kamu coba tak ada yang berhasil. Perlu diketahui bahwa melatonin yang merangsang tidur diproduksi oleh tubuh secara alami. Kalau kamu merasa jam tidur berantakan, maka tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter dan mengonsumsi melatonin.

Bagi sebagian orang, cara ini tergolong efektif dan hasilnya dapat langsung terasa dalam jangka waktu beberapa hari. Kamu cukup mengonsumsi melatonin dalam dosis rendah sekitar 5-6 jam sebelum tidur. jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter karena bisa memberikan efek samping.

5. Selalu Bangun Pagi Saat Libur

Tak bisa dipungkiri kalau hari libur atau weekend menjadi ajang “balas dendam” bagi sebagian besar orang. Faktanya, kebiasaan ini malah akan mengganggu jam tidur kamu dan malah membuat kamu susah bangun pagi di hari-hari biasa. Siapa yang merasa kesulitan melakukannya? Yuk, coba mulai diterapkan sebagai cara bangun pagi yang efektif.

6. Pasang Alarm dan Jauhkan

Memasang alarm bangun tidur adalah tips bangun pagi yang mudah dan umum dilakukan. Pertanyaannya, apa kamu mempan dengan cara bangun pagi yang satu ini? Faktanya, banyak yang menyalakan alarm, namun tetap bangun siang dengan alasan sama sekali tak mendengar suara alarm.

Sadar tak sadar, kamu sering kali sudah terbangun karena alarm, namun kembali tidur karena tanpa sadar mematikan sendiri alarmnya. Cara bangun pagi yang paling efektif adalah dengan memasang alarm bangun tidur berkali-kali dengan volume kencang dan menyimpan alarm agak jauh dari tempat tidur agar kamu perlu bangun dan bergerak untuk mematikannya.

7. Minta Dibangunkan Orang Lain

Bisa dibilang ini adalah cara agar mudah bangun pagi yang terakhir. Kalau sudah buntu, kamu bisa menggunakan cara ini. Mintalah orang yang tinggal bersama untuk membangunkan kamu tidur jika memang alarm bangun tidur dirasa tak mempan.

Bagaimana kalau kamu tinggal sendiri atau kost? Kalau begitu, mintalah orang terdekat untuk membangunkan kamu melalui telepon. Mintalah mereka untuk menelepon kamu berkali-kali untuk memastikan kamu sudah bangun.

Itulah beragam tips dan cara bangun pagi yang bisa kamu terapkan. Perlu diingat, kamu tidak akan pernah berhasil bangun pagi kalau tak ada kemauan atau malas melakukan salah satu di antara poin di atas.

Lengkapi juga istirahat malammu dengan kasur spring bed INTHEBOX agar tubuh bisa istirahat lebih maksimal dan bangun lebih segar.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields