Blog - 5 Penyebab Berkeringat Saat Tidur, Waspada Kanker!

5 Penyebab Berkeringat Saat Tidur, Waspada Kanker!
11/10/2018 18.23 Comments

Pernah berkeringat saat tidur? Biasanya, berkeringat saat tidur malam hari disebabkan ketika seseorang bermimpi buruk. Tak jarang juga seseorang menyepelekan hal ini dan bahkan menganggapnya sebagai hal biasa karena mengalaminya hampir setiap hari. Kini kamu perlu waspada karena bisa saja ini adalah gejala kanker!

Kenapa Bisa Berkeringat Saat Tidur Malam Hari?

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi kepala berkeringat saat tidur malam. Ada yang menganggap hal ini wajar terutama pada orang-orang berbadan gemuk. Faktanya hal itu sama sekali tidak benar dan bahkan berkeringat saat tidur malam menandakan adanya penyakit serius.

Penyebab berkeringat saat tidur bisa disebabkan oleh berbagai penyakit berbahaya, seperti:

1. Infeksi Bakteri

Penyebab yang pertama adalah adanya infeksi bakteri pada tubuh kamu. Infeksi ini menyebabkan perubahan suhu tubuh, sehingga bisa saja menimbulkan keringat berlebih pada tubuh, termasuk ketika sedang tidur.

Salah satu infeksi bakteri yang menyebabkan berkeringat saat tidur adalah infeksi paru-paru seperti tuberkolosis (TB) atau yang lebih dikenal dengan Tbc, abses, infeksi tulang (osteomyelitis) dan radang pada jantung (endocarditis).

2. Hipertiroidisme

Apa itu hipertiroidisme? Hipertiroidisme adalah kondisi di mana tubuh kelebihan hormon tiroksin dan biasanya ini akan membuat tubuh menjadi selalu hangat. Kondisi seperti ini juga memicu tubuh untuk terus berkeringat saat tidur.

Penyakit ini lebih berisiko dialami oleh wanita berusia 20-40 tahun. Gejalanya bukan hanya berkeringat saat tidur, namun disertai juga dengan mudah marah, turunnya konsentrasi, diare, haid idak teratur, dan penurunan berat badan.

3. Menopause

Perlu dipahami dulu bahwa menopause bukan tergolong penyakit, namun termasuk salah satu penyebab berkeringat saat tidur. Menopause bisa dikatakan sebagai penyakit apabila proses penuaan dini terjadi sebelum waktunya.

Bukan hanya ditandai dengan haid yang tidak teratur, menopause juga membuat tubuh merasakan sensasi panas. Kondisi inilah yang memicu kepala berkeringat saat tidur malam.

4. Efek Samping Obat Antidepresan

Berkeringat saat tidur malam hari bisa disebabkan juga oleh efek samping obat antidepresan, terlebih lagi kalau kamu meminumnya sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya adrenalin dalam tubuh yang disebabkan oleh reaksi adrenergik.

Jika setiap kali kamu meminum obat antidepresan sebelum tidur dan kepala berkeringat saat tidur malam, maka itu tandanya obat tersebut memiliki efek samping bagi tubuhmu. Ada baiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengganti obat.

5. Gejala Kanker

Penyebab berkeringat saat tidur yang terakhir memang sangat mengerikan karena ternyata ini juga bisa jadi gejala awal kanker. Pada umumnya, ini menunjukkan gejala kanker limfoma. Ada juga sumber lain yang menyebutkan gejala kanker lain seperti kanker tulang, kanker hati, leukeumia, dan tumor ganas.

Jika berkeringat saat tidur hanya terjadi sesekali, itu belum tentu gejala awal kanker. Biasanya, ini menjadi gejala kanker jika berkeringat terjadi hampir setiap hari dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab pastinya.

Berkeringat saat tidur tentu membuat tidur menjadi tidak nyaman dan mungkin saja membuat kamu terbangun beberapa kali, belum lagi jika kasur tidak empuk dan terasa gerah.

Melihat hal tersebut, ada baiknya kamu menggunakan kasur INTHEBOX dan juga bantal INTHEBOX. Setidaknya kedua benda ini sudah pasti akan emmbuat tidur kamu lebih nyaman dan juga bebas gerah.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields