Blog - Bayi Ngorok Saat Tidur: Penyebab & Cara Mengatasi

Bayi Ngorok Saat Tidur: Penyebab & Cara Mengatasi
29/11/2018 13.32 Comments

Mendengkur arat ngorok adalah kebiasaan tidur yang jarang disadari dan umumnya dialami oleh orang dewasa. Lalu, normalkah kalau bayi ngorok saat tidur? Ada orang tua yang menganggap ini lucu, tapi ada juga yang merasa khawatir. Kira-kira apa penyebabnya, ya?

Penyebab Bayi Ngorok yang Harus Diketahui

Sebelum kita bahas apa saja penyebabnya, perlu dipahami dulu bahwa bayi ngorok adalah hal yang wajar karena adanya udara yang terhambat saat melalui aluran pernapasan. Umumnya, suara yang keluar akan berupa dengusan yang menandakan pernapasan di hidungnya agak terhambat.

Meski dikatakan normal, nyatanya para orang tua harus tetap waspada karena bisa saja menandakan penyakit serius. Langkah pertama yang dilakukan bisa dengan mengecek kebersihan kasur. Sebelum itu, ketahui dulu berbagai penyebab bayi ngorok saat tidur berikut ini:

1. Alergi atau Asma

Bayi mendengkur bisa disebakan oleh asma yang biasanya dipicu oleh alergi. Gejala yang bisa diperhatikan adalah napas bayi yang pendek dan juga mudah lelah. Penyebab yang satu ini memang sulit dihilangkan, namun setiaknya bisa diredakan dengan cara mengonsumsi obat tertentu. Kalau bayi memiliki riwayat alergi, maka pastikan permukaan kasur selalu bersih dan bebas dari tungau.

2. Hidung Tersumbat atau Mampet

Penyebab bayi ngorok saat tidur yang kedua adalah kondisi hidung tersumbat dan ini umumnya terjadi ketika bayi sedang sakit. Ketika hidung tersumbat, udara yang masuk tidak stabil dan bahkan bisa melalui mulut. Inilah yang akhirnya memicu ngorok.

3. Bayi Pilek

Masih berkaitan dnegan poin sebelumnya, bayi ngorok bisa disebabkan karena kondisi kesehatannya yang menurun seperti menderita pilek. Ketika bayi pilek, ingus yang ada di area hidung akan menghalangi jalur masuk urara. Kalau penyebabnya karena ini, maka solusinya adalah dengan menyembuhkan pilek yang didertita bayi.

4. Amandel Membesar

Bukan hanya pilek, penyebab bayi ngorok saat tidur juga bisa karena amandel yang membesar akibat infeksi. Ketika ini terjadi, maka udara yang masuk ke paru-paru jadi terhambat. Inilah yang menyebabkan adanya tekanan dan akhirnya timbul suara yang biasa disebut mendengkur.

5. Apnea Tidur

Kondisi yang satu ini memang mampu menjadi pemicu dan penyebab ngorok pada bayi. Apnea tidur terjadi karena adanya timbunan lender pada saluran pernapasan bayi, sehingga ketika udara masuk aka nada sedikit getaran dan akhirnya mendengkur. 

Cara Mengatasi Bayi Ngorok dengan Mudah

Setelah mengetahui apa saja penyebab bayi ngorok, tentu para orang tua jangan tinggal diam. Segera lakukan upaya dan cara mengatasi bayi gorok, apalagi kalau ternyata hal ini terjadi karena ada masalah kesehatan. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Pastikan Posisi Tidur Bayi Nyaman

Orang dewasa disarankan untuk tidur miring untuk mengatasi dan menghilangkan ngorok. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk bayi karena malah berbahaya. Solusinya, biarkan bayi tidur telentang dengan memposisikan kepalanya miring ke salah satu sisi.

2. Perlengkapan Tidur Bayi Harus Pas

Cara mengatasi ngorok pada bayi adalah dengan memastikan bahwa perlengkapan tidur yang diapkai sudah sesuai. Misalnya, jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi untuk bayi dan bahkan ada baiknya tak perlu menggunakan bantal.

3. Kasur Harus Nyaman dan Bersih

Seperti yang kita tahu, bayi sangat senitif. Oleh karena itu, cara mengatasi bayi ngorok juga bisa dengan memerhatikan penggunaan dan kebersihan dari kasur. Pilihlah kasur yang nyaman seperti spring bed INTHEBOX agar tubuhnya tersangga dengan baik dan pastikan juga untuk selalu membersihkannya agar terbebas dari tungau.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields