Blog - Bahaya Tungau (Kutu Kasur) bagi Kesehatan

Bahaya Tungau (Kutu Kasur) bagi Kesehatan
By Pamella Fricylia 07/08/2018 12.00 Comments

Setelah sebelumnya kita sempat membahas mengenai cara membasmi tungau, kini kita bahas lebih lanjut mengenai bahaya tungau bagi kesehatan tubuh. Sebelum kita bahas lebih lanjut, apa yang ada di bayangan kamu soal bahaya kutu kasur?

Tempat Tungau Berkembang Biak

Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita bahas dulu tempat dan faktor pemicu tungau atau kutu kasur berkembang biak. Banyak sumber menyebutkan kalau hewan kecil yang satu ini sangat menyukai tempat yang hangat dan lembap dan kasur adalah salah satu tempat yang paling sempurna bagi tungau.

Disadari atau tidak, ada sekitar setengah ons kulit mati yang terkumpul selama satu minggu di atas tempat tidur dan ini disukai oleh tungau. Perkembangbiakan tungau juga semakin dipicu oleh kondisi kamar tidur yang lembap, apalagi ketika kita meninggalkan kamar dengan cara menutup jendela.

Bahaya Tungau bagi Kesehatan Tubuh

Selanjutnya, kita akan langsung membahas bahaya tungau kasur. Sebagian besar dari kamu pasti akan menjawab kalau bahaya tungau adalah membuat gatal dan iritasi kulit. Jawaban tersebut benar, namun faktanya masih ada banyak bahaya yang ditimbulkan oleh hewan kecil tak kasat mata ini. Penasaran?

Ini dia bahaya tungau untuk bagi tubuh kita:

1. Gatal dan Alergi

Seperti yang kita tahu, tungau atau kutu kasur dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Bukan hanya di satu titik, biasanya kita akan merasakan gatal di beberapa bagian tubuh. Tak sekadar gatal, kamu juga bisa mengalami ruam merah pada kulit.

Perlu kamu ketahui, hal ini bukan disebabkan oleh gigitan tungau kasur, melainkan disebabkan oleh kotoran tungau. Tak usah bingung karena ini adalah efek umum yang terjadi pada kulit jika terkena kotoran tungau.

2. Bersin dan Pilek

Bahaya tungau yang berikutnya adalah bersin-bersin dan pilek. Gejala ini muncul karena debu yang menempel pada kasur sudah bercampur dengan kotoran tungau dan akhirnya terhirup melalui oleh kita. Debu dan kotoran tungau inilah yang membuat kita akan bersin secara terus-menerus, sehingga hidung akan menghasilkan lendir.

Terus-menerus bersin hingga berlendir tentu akan memicu pilek.  Biasanya pilek pun akan sulit disembuhkan jika faktor penyebabnya adalah kutu kasur. Kenapa? Pilek karena tungau baru akan bisa sembuh dengan mudah apabila membasmi tungau dari kasur.

3. Asma

Jika di poin sebelumnya dijelaskan bahwa tungau menyebabkan bersin dan pilek, nyatanya bahaya tungau juga bisa menyebabkan asma. Penyakit asma adalah gangguan pernapasan yang membuat penderitannya kesulitan bernapas.

Jika tungau kasur tidak dibasmi, maka debu dan kotorannya yang terhirup akan langsung berdampak serius bagi penderita asma. Bukan hanya bagi penderita asma, bahaya tungau juga bisa jadi pemicu asma jika kita terus-menerus menghirup yang seperti ini.

4. Sakit Kudis

Bukan tidak mungkin tungau menyebabkan penyakit kulit yang parah. Salah satu bahaya tungau yang lainnya adalah memicu timbulnya penyakit kudis (scabies). Kalau kamu sudah terserang penyakit ini, maka biasanya disertai demam dan bisa saja menularkannya kepada orang lain.

Tak perlu khawatir karena pada umumnya, kudis yang timbul karena tungau hanya berupa bentol-bentol yang disertai rasa gatal di beberapa area kulit. Kalau sudah mengalami gejala seperti ini, jangan pernah dibiarkan begitu saja karena bukan tidak mungkin kondisinya akan semakin parah.

Nah, itu dia beragam bahaya tungau kasur bagi tubuh kita. Yakin sekarang kamu masih malas membersihkan tempat tidur?

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields