Blog - 7 Bahaya Tidur Tanpa Kasur di Lantai

7 Bahaya Tidur Tanpa Kasur di Lantai
By Pamella Fricylia 23/07/2018 13.30 Comments

Tidur di lantai tanpa kasur sering dilakukan oleh banyak orang, apalagi ketika cuaca sedang panas. Kamu pernah melakukannya? Kamu pasti setuju kalau badan jadi terasa nyaman saat tiduran di lantai yang dingin. Sayangnya, kebiasaan berbaring tanpa tempat tidur ini menyebabkan penyakit.

Kamu mungkin tak akan menyadarinya karena nyatanya penyaki akibat tidur di lantai tanpa kasur tergolong jangka panjang, sehingga mungkin kini kamu masih ‘cuek’ dan akan terus melakukan kebiasaan ini.

Lebih jelasnya, ini bahaya tidur di lantai tanpa kasur:

1. Sakit punggung

Kamu pernah mengalami sakit punggung setelah bangun dari tidur di lantai? Nah, ini adalah salah satu efek langsung dari tidur tanpa kasur. Tulang punggung yang sakit disebabkan karena permukaan lantai yang keras. Ini emmbuat tulang dan otot tidak dalam kondisi rileks.

Lebih parahnya, efek jangka panjang tidur tanpa kasur di lantai adalah bisa mengakibatkan kelainan bentuk tubuh.

2. Masuk angin

Efek lain jika berbaring tanpa menggunakan tempat tidur di lantai adalah masuk angin. Bagaimana tidak? Ketika kita tiduran di lantai, suhu dingin akan langsung dengan cepat dan mudah menyerap ke dalam tubuh.

Biasanya gejalanya mulai dari badan pegal-pegal, sakit kepala, meriang, atau bahkan demam. Gejala-gejala masuk angin ini pun baru akan terasa setelah beberapa jam.

3. Gangguan tidur

Bukan hanya sakit punggung dan masuk angin, nyatanya terlalu sering tidur tanpa alas akan mengakibatkan gangguan tidur. Disadari atau tidak, badan kamu akan lebih mudah lelah dan juga melemah. Ini akan mmebuat kamu mengalami gangguan tidur, mudah sakit, dan bahkan depresi.

4. Asma

Kalau yang satu ini, efek jangka panjang tidur tanpa kasur di lantai. Saat kamu tidur tanpa kasur atau tanpa alas apapun, maka kamu akan menghirup udara berdebu yang menempel di lantai. Selain itu, suhu yang dingin pun akan lebih memperparah timbulnya asma.

5. Paru-paru basah

Tak jauh berbeda dengan penyakit asma, kamu juga bisa terkena penyakit paru-paru basah. Lantai yang berdebu dan kotor tentu mengandung banyak bakteri, sehingga bisa masuk ke dalam tubuh. Belum lagi lantai tanpa alas tempat tidur tentu terasa dingin, sehingga membuat bagian tubub menjad lembap. Kondisi ini memicu timbulnya peradangan.

6. Sinusitis

Tidur di lantai tanpa kasur dalam jangka waktu yang cukup lama akan memicu terjadinya influenza. Gejala yang muncul bisa ditandai dengan hidung tersumbat, sakit kepala, hingga bersin-bersin disertai ingus. Jika ini sering terjadi dan selalu dibiarkan, tak menutup kemungkinan saluran sinusitis menjadi semakin parah.

7. Stroke

Percaya atau tidak, sakit stroke bisa dipicu oleh kebiasaan tidur di lantai tanpa kasur. Dampaknya, beberapa bagian tubuh akan kehilangan kemampuan untuk memproses dan beraktivitas dengan baik. Tentu tidak mau ‘kan terkena penyakit berbahaya ini hanya karena tidak pakai tempat tidur?

Wah, banyak juga ya efeknya. Kamu tentu tidak mau ‘kan tubuh terserang berbagai macam penyakit hanya karena kebiasaan tidur tanpa kasur di lantai? Sebenarnya, kamu juga bisa tetap berbaring dengan sejuk di atas tempat tidur, lho!

Caranya?

Kamu hanya perlu memilih kasur yang tepat, sehingga memberikan rasa sejuk dan nyaman meski tidur di hari yang panas. Itu semua bisa kamu dapatkan kalau pakai kasur InTheBox.

Tidur tetap nyaman, tubuh terbebas dari beragam ancaman!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields