Blog - 5 Bahaya Tidur Setelah Makan, Bisa Stroke!

5 Bahaya Tidur Setelah Makan, Bisa Stroke!
By Pamella Fricylia 12/09/2018 20.38 Comments

Pernahkah kamu dengar fakta bahwa kebiasaan tidur setelah makan bisa bikin tubuh jadi gemuk? Faktanya bukan hanya itu, masih ada banyak bahaya tidur setelah makan bagi kesehatan tubuh. Ternyata sangat berisiko!

Percaya atau tidak, kalau kamu langsung tiduran atau bahkan tidur sesaat setelah makan, kondisi ini bisa memicu terjadinya beragam penyakit berbahaya, termasuk stroke. Kira-kira kenapa ya bisa muncul penyakit berbahaya hanya karena tidur?

Ini dia berbagai bahaya tidur setelah makan bagi kesehatan tubuh disertai penyebabnya:

1. Obesitas

Risiko pertama yang akan kamu alami adalah obesitas. Perlu kamu ingat bahwa obesitas yang dimaksud di sini bukan sekadar penambahan berat badan, melainkan berat badan yang bertambah beberapa kali lipat. Efek yang satu ini akan kamu rasakan jika mengonsumsi makanan berat atau hanya camilan.

Kenapa bisa obesitas karena tidur setelah makan?

Setiap makanan yang kamu konsumsi mengandung kalori sebagai modal beraktivitas. Nah, berhubung kamu langsung tidur, maka kalori yang masuk tidak digunakan untuk beraktivitas, sehingga akhirnya menumpuk dan menjadi lemak. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan obesitas.

2. Heartburn

Sesuai dengan namanya, heartburn adalah kondisi di mana bagian dada terasa panas dan bahkan perih. Berbagai sumber juga menjelaskan bahwa heartburn adalah kondisi asam lambung naik. Kondisi seperti ini adalah salah satu bahaya tidur setelah makan yang akan kamu alami jika sering makan dan ngemil sebelum tidur.

Penyebab heartburn adalah naiknya asam lambung ke rongga dada yang disebabkan makanan yang kamu konsumsi tidak tercerna dengan baik. Inilah yang membuat produksi asam lambung meningkatdan mengalir ke tenggorokan ketika kamu dalam posisi tidur.

3. Gasteophageal Reflux (GERD)

Bahaya tidur setelah makan yang berikutnya adalah gasteophageal reflux atau disingkat dan dikenal sebagai GERD. Sebenarnya, kondisi yang satu ini sangat berkaitan dengan heartburn dan bisa dikatakan juga bahwa GERD adalah domino effect dari heartburn.

Penyebab GERD adalah klep pemisah antara lambung dengan tenggorokan tidak menutup dengan smpurna. Inilah yang menyebabkan asam lambung sangat mungkin untuk kembali naik ke tenggorokan. Bahaya tidur setelah makan ini akan membuat kamu jadi tidak nyaman seharian.

4. Acid Reflux

Selanjutnya, kamu sangat mungkin terkena acid reflux jika sering langsung tidur setelah makan. Sama seperti kedua poin sebelumnya, bahaya tidur setelah makan ini membuat asam lambung kamu meningkat dan naik ke tenggorokan akibat langsung berbaring setelah makan.

Alhasil, kamu akan merasakah perih dan panas di area tenggorokan ketika bangun tidur. Pada umumnya, hal ini seringkali dialami atau dirasakan oleh orang-orang yang berpuasa. Jika tidur lagi setelah sahur, maka dipastikan tengorokan akan terasa sangat kering dan perih saat bangun tidur. 

5. Stroke

Bisa dibilang ini adalah bahaya tidur setelah makan yang paling berbahaya dan juga menakutkan. Dikutip dari berbagai sumber, jika seseorang sangat sering langsung tidur akan sangat berpotensi terkena stroke.

Hal ini sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Ioannina Medical School di Yunani. Hasilnya, peserta penelitian yang tidur satu jam sebelum makan bisa menurunkan risiko stroke sebesar 66% dan yang memberi jarak tidur sekitar 2 jam bisa menurunkan 76% risiko stroke.  

Itu dia berbagai bahaya tidur setelah makan. Masih mau melakukannya? Jangan sampai kamu terkena stroke karena sering melakukan kebiasaan ini, ya!

Sangat disarankan untuk memberi jarak antara makan dengan tidur setidaknya 3 jam. Setelah mengatur waktu tidur dengan baik, kamu bisa langsung beristirahat dengan nyenyak di atas kasur INTHEBOX.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields