Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
bahaya-tidur-pakai-kipas-angin-inthebox.jpg

11 Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin, Picu Penyakit Ini!

28 November 2019

Kamu sering tidur pakai kipas angin? Ada banyak efek atau bahaya tidur pakai kipas angin semalaman bagi dewasa dan bayi seperti yang dijelaskan oleh berbagai sumber. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan tidur seperti ini. Apa saja dampaknya?

Efek dan Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin

Fungsi kipas angin adalah mengatur sirkulasi udara di ruangan, sehingga tak masalah jika kamu menggunakannya di kamar tidur. Hal yang harus dihindari adalah menggunakan kipas angin ketika tidur.

Berikut bahaya tidur memakai kipas angin semalaman bagi kesehatan tubuh:

1. Bagian Tubuh Kering

Perlu kamu tahu bahwa tidur memakai kipas angin bisa membuat mata, hidung, dan rongga mulut menjadi kering. Hal ini akan terjadi jika kamu punya kulit sensifit, lalu menyalakan kipas angin semalaman.

2. Suhu Tubuh Menurun Drastis

Dampak selanjutnya yaitu bisa menurunkan suhu tubuh.

Sekilas memang tidak berbahaya, namun efek sampingnya akan terasa ketika suhu ruangan semakin sejuk atau turun. Saat menjelang pagi, maka suhu tubuh pun biasanya ikut turun. Ini berpengaruh pada tekanan darah dan gangguan pernapasan.

3. Kekurangan Cairan Tubuh

Meski kamu bisa tidur nyenyak saat pakai kipas, ternyata udara sejuk di kamar tidur bisa menyerap air dalam tubuh kamu. Jadi jangan heran jika kamu terbangun di malam hari karena haus atau merasa sangat haus saat bangun tidur.

4. Memicu Penyakit Asma

Bahaya tidur pakai kipas angin bisa memicu penyakit asma. Kalau kamu sudah punya riwayat penyakit asma, maka bisa saja sering kambuh. Disadari atau tidak, kipas angin yang sedang berputar turut menyedot debu dari bagian belakang dan mengeluarkannya di bagian depan.

5. Hipotermia

Saat menyalakan kipas angin semalaman, maka tubuh akan kekeringan akibat suhu dingin. Kondisi ini disebabkan oleh terserapnya air di dalam tubuh. Besar kemungkinan bahwa kelembapan tubuh akan semakin turun, sehingga paling parahnya bisa menyebabkan hipotermia.

6. Sakit Leher

Sering sakit leher saat bangun tidur bukan hanya karena salah bantal.

Bisa jadi ini adalah efek samping kipas angin yang menyala saat tidur. Ini disebabkan otot leher yang kencang semalaman akibat suhu dingin yang dihasilkan oleh kipas.

7. Nyeri Otot

Bukan hanya sakit leher, kamu juga berisiko mengalami nyeri otot dan kaku. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya produksi cairan lubrikasi. Caira ini berfungsi menguatkan otot dan sendi dalam tubuh.

8. Kekurangan Oksigen

Ada angin bukan berarti banyak oksigen. Bahaya tidur pakai kipas angin ternyata bisa membuat tubuh kekurangan oksigen.

Kemungkinannya semakin besar jika saat tidur, kipas angin diarahkan ke tubuh atau wajah. Ini membuat udara sekitar tubuh berputar, sehingga oksigen tidak bisa dihirup maksimal.

9. Sakit Gigi dan Gusi

Rongga mulut dan tenggorokan kering akibat kipas angin ternyata bisa memicu masalah di area mulut.

Kalau kamu terpaksa tidur pakai kipas, maka jangan arahkan langsung kipas ke tubuh. Pastikan juga untuk membuka jendela kamar tidur agar sirkulasi udara tetap lancar.

10. Iritasi Sinus

Udara kamar tidur yang kering karena menyalakan kipas angin semalaman juga bisa berakibat sinus.

Kondisi ini terjadi akibat selaput lendir yang ada di rongga hidung ikut kering. Ketika selaput kering, maka produksi lendir meningkat, sehingga efek tidur pakai kipas angin akan menyumbat saluran pernapasan dan akhirnya membuat iritasi sinus.

11. Penyakit Bell's Palsy

Paling parah, kamu bisa kena penyakit bell's palsy. Perlu diketahui bahwa bell palsy adalah penyakit yang membuat saraf wajah menjadi tegang, sehingga sulit berekspresi termasuk sulit senyum.

Itu dia berbagai bahaya tidur pakai kipas angin semalaman. Jadi, mulai sekarang kurangi kebiasaan ini, ya!

Lalu, bagaimana kalau kamu merasa gerah di malam hari? Solusinya, kamu bisa menyalakan kipas angin sebelum tidur.

Pilih juga kasur yang tidak menimbulkan rasa panas dan gerah, seperti kasur INTHEBOX.

Material spring bed INTHEBOX terdiri dari bahan antipanas, sehingga akan membuat tidur malam kamu terasa nyaman. Sudah banyak yang membuktikan kenyamanannya.

Cek pilihan kasur INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Kamu Wajib Tahu! Pilihan Ukuran Kasur Standar mulai Single sampai King
15 July 2022
Tips memilih ukuran kasur standar yang cocok untuk kamu mulai ukuran Single sampai King, terdapat beberapa ukuran standar kasur di Indonesia yang biasanya digunakan, yuk cek selengkapnya! Selengkapnya
Rekomendasi: Kasur Paling Bagus dan Murah
10 November 2018
Banyak orang yang tidak tahu seperti apa kasur paling bagus di Indonesia. Oleh karena itu, tak jarang seseorang mengeluhkan kasur yang baru dibelinya. Ketahui kriteria dan harga kasur paling murah dan berkualitas dalam artikel ini! Selengkapnya
Parasomnia Adalah Kumpulan Gangguan Tidur, Seperti Apa?
31 January 2019
Pernah mendengar istilah parasomnia? Parasomnia adalah sekumpulan gangguan tidur mulai dari yang biasa saja hingga yang cukup mengganggu. Temukan penjelasan mengenai parasomnia dan ketahui cara mengatasinya yang mudah dan efektif! Selengkapnya
CS1