Blog - Bahaya Obat Nyamuk & Tips Aman Memakainya

Bahaya Obat Nyamuk & Tips Aman Memakainya
08/11/2018 17.27 Comments

Banyak nyamuk di kamar tentu akan sangat mengganggu waku tidur dan istirahat pun jadi tidak berkualitas. Sebagai solusi alternatif, biasanya kita pakai obat nyamuk, namun tahukah kamu kalau ada bahaya obat nyamuk yang mengintai kita? Ketahui juga tips aman menggunakannya!

Bahaya Obat Nyamuk Berdasarkan Jenis

Pengusir nyamuk yang satu ini tentu sangat diandalkan, terutama di rumah atau kamar yang banyak nyamuk. Secara ajaib, nyamuk di kamar pun akan bekurang atau bahkan hilang sama sekali. Sayangnya, benda yang stau ini tidak selalu aman.

Ada beberapa bahaya obat nyamuk berdasarkan masing-masing jenisnya. Lebih jelasnya, simak penjelasan singkat berikut ini:

1. Obat Nyamuk Bakar

Jenis obat nyamuk pertama yang akan kita bahas adalah obat nyamuk bakar. Bentuk obat nyamuk bakar pun biasnaya berupa lingkaran spiral. Sesuai dengan namanya, cara kerja obat ini pun dengan cara dibakar untuk bisa mengusir nyamuk yang ada di dalam ruangan.

Percaya atau tidak, ada studi yang sudah emmbuktikan bahwa bahaya obat nyamuk bakar setara dengan 100 buah rokok. Lebih lanjutnya, penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan tubuh berisiko terkena kanker paru-paru.

2. Obat Nyamuk Elektrik

Beralih ke jenis obat nyamuk lain. Perkembangan zaman yang semakin modern membuat produsen menciptakan obat nyamuk elektrik. Sebagai informasi, terdapat dua jenis, yaitu yang berbentuk kepingan dan cairan.

Berbeda dengan obat nyamuk bakar, jenis obat nyamuk elektrik tidak menghasilkan asap, melainkan uap yang sama-sma berfungsi mengusir nyamuk. Bahaya obat nyamuk elektrik adalah bisa menyebabkan alergi, iritasi mata, dan bahkan gangguan saluran pernapasan.

3. Obat Nyamuk Semprot

Siapa yang tidak kenal obat nyamuk semprot?

Jenis obat nyamuk yang satu ini bisa dibilang lebih dulu populer dibandingkan dua jenis lain yang ada di atas. Lalu, apa bahaya obat nyamuk semprot?

Bahaya obat nyamuk semprot jika terhirup bisa menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, hingga muntah. Tidak hanya itu, jika obat nyamuk semprot mengenai kulit, maka kandungan DEET yang ada di dalamnya akan menyebabkan iritasi atau bahkan gangguan saraf.

Tips Aman Pakai Obat Nyamuk

Kini sudah tahu ‘kan apa saja bahaya obat nyamuk berdasarkan jenisnya?

Kalau kamu terpaksa menggunakannya karena kondisi rumah atau kamar dipenuhi oleh nyamuk membandel, maka perhatikan tips memakai obat nyamuk yang aman. Cukup perhatikan dan lakukan hal-hal berikut:

  • Baca dan ikuti apa instruksi yang ada di setiap kemasan obat nyamuk
  • Jangan langsung menempati ruangan setelah menyalakan atau menyemprotkan obat nyamuk
  • Jangan tidur sambil menyalakan obat nyamuk
  • Langsung cuci tangan menggunakan sabun setelah memegang obat nyamuk
  • Hindarkan obat nyamuk dari jangkauan anak-anak
  • Hanya gunakan obat nyamuk ketika sedang diperlukan

Itulah beberapa tips dan cara aman pakai obat nyamuk. Kalau kamu takut dengan bahaya obat nyamuk, maka bisa mulai mengurangi pemakaiannya. Jika benar-benar membutuhkan, pastikan untuk tidak menyalakan obat nyamuk saat tidur. Nyalakanlah sebelum waktu tidur dan jangan langsung masuk ke dalam kamar.

Solusi lain agar tidak terkena bahaya obat nyamuk adalah dengan menggunakan pakaian panjang, raket nyamuk, atau bahkan mungkin kelambu tidur. Jangan lupa juga untuk memastikan kebersihan kamar dan di sekitar rumah, siapa tahu ada yang jadi sarang nyamuk.

Kalau kamu sering terbangun di malam hari karena nyamuk, mungkin tidurmu belum benar-benar nyenyak. Coba gunakan kasur spring bed INTHEBOX agar tidur lebih nyenyak dan tidak terbangun di malam hari meski ada gangguan nyamuk.

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields