Blog - 5 Bahaya Menggunakan Headset Saat Tidur

5 Bahaya Menggunakan Headset Saat Tidur
04/10/2018 12.58 Comments

Ada beberapa orang yang harus mendengarkan lagu favorit menggunakan headset atau earphone ketika tidur dengan alasan agar lebih cepat tidur. Meski menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun ada bahaya menggunakan headset saat tidur yang mengancam dan jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja?

Bahaya Pakai Headset Saat Tidur

Kalau kamu punya kebiasaan ini, inthebox sarankan untuk mulai menghentikannya atau setidaknya mengurangi. Awalnya memang akan terasa sulit, namun lama-kelamaan pasti terbiasa. Coba lihat saja beberapa bahaya menggunakan headset saat tidur berikut ini:

1. Indra Pendengaran Menurun

Dampak pertama yang akan kamu rasakan adalah menurunnya indra pendengaran. Seringnya telinga terpapar suara dengan volume tinggi ternyata dapat membuat koklea menjadi rusak. Efek yang satu ini memang tak akan dirasakan secara langsung dan baru akan terasa setelah beberapa waktu.

Sayangnya, kebanyakan orang tak menyadari bahwa pendengarannya menurun atau berkurang. Bahkan, hal ini baru akan terdeteksi ketika memeriksakan diri ke dokter.

2. Kulit Telinga Luka

Beberapa headset atau earphone diproduksi dengan dilengkapi karet.atau bantalan untuk membuat penggunanya merasa nyaman. Meski sudah dilengkapi dengan pelindung seperti itu, bukan berarti telinga kamu akan aman.

Ketika sering menggunakan headset atau earphone saat tidur, maka kulit mengatur sendiri posisi benda tersebut. Seringnya terkena gesekan dalam jangka waktu lama tentu bisa saja membuat bagian kulit telinga kamu menjadi luka.

3. Infeksi Telinga

Bukan hanya melukai kulit telinga, bahaya menggunakan headset saat tidur juga bisa menimbulkan infeksi telinga. Menggunakan headset terlalu lama atau bahkan hingga tidur bisa membuat telinga kamu berdengung dan juga tidak nyaman saat bangun tidur. Infeksi telinga akibat pakai headset bisa timbul karena telinga terlalu lama terkena gesekan.

4. Telinga Rusak Permanen

Akibat pakai headset ketika tidur bisa membuat telinga rusak permanen. Hal ini tentu ditakuti oleh banyak orang karena akan sulit untuk disembuhkan. Telinga yang rusak permanen bisa disebabkan karena kamu menggunakan headset dengan volume yang kencang dalam jangka waktu yang lama.

Perlu diketahui bahwa suara yang aman dan direkomendasikan adalah di bawah 85 dB dan sayangnya kebanyakan produsen memproduksi headset yang menghasilkan suara sekitar 95-108 dB.  

5. Merusak Otak

Bahaya pakai headset saat tidur yang terakhir dan paling mengerikan adalah bisa merusak otak. Ya, bukan hanya telinga, nyatanya efek samping pakai headset saat tidur juga bisa merusak organ lain, termasuk otak. Apa hubungannya dengan kerusakan otak?

Menggunakan headset saat tidur membuat otak kamu tidak sepenuhnya beristirahat karena suara yang masuk akan tetap diproses olah otak. Padahal, seharusnya otak beristirahat. Selain itu, adanya gelombang elektromagnetik yang dihasilkan pun bisa turut merusak sel otak.

Kini sudah tahu ‘kan ternyata ada bahaya menggunakan headset saat tidur yang cukup mengerikan? Kamu masih mau pakai headset atau earphone?

Kalau kamu merasa susah tidur karena tak pakai headset, ada baiknya coba untuk mengganti perlengkapan tidur. Apa hubungannya? Cara ini bisa kamu lakukan sebagai pengalihan atau mengubah kebiasaan tidur. Temukan cara lain yang membuat kamu tidur lebih nyaman tanpa menggunakan headset.

Cobalah pakai kasur INTHEBOX atau mungkin kamu bisa coba juga bantal dan guling INTHEBOX. Merek ini sudah terbukti memberikan kenyamanan tidur bagi para penggunanya. Selain itu, hal yang terpenting adalah harga kasur yang mudah!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields