Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
membaca-sambil-tiduran-inthebox.jpg

7 Bahaya Membaca Sambil Tiduran (No. 5 Fatal Akibatnya)

14 January 2019

Baca buku sambil tiduran adalah kebiasaan bagaikan ‘surga’ bagi sebagian orang, khususnya yang hobi membaca. Saking asyiknya, tak jarang juga menghabiskan waktu berjam-jam membaca novel atau buku favorit lainnya. Sayangnya, ada bahaya membaca sambil tiduran dan bukan hanya mata minus. Apa saja?

Bahaya Membaca Sambil Tiduran yang Fatal

Membaca buku adalah kebiasaan yang bagus karena bisa menambah wawasan. Bukan hanya buku ilmiah, buku fiksi seperti novel pun bisa mengasah imajinasi dan kreativitas. Tak jarang seseorang terlalu menikmatinya dan bahkan membaca sambil tiduran. Jangan diulangi, ini bahaya membaca sambil tiduran yang jarang diketahui:

1. Menyebabkan Mata Minus

Akibat membaca samba tiduran yang pertama adalah menyebabkan mata minus. Khusus yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dan biasanya para orang tua sudah sering mengingatkan anak-anaknya sejak kecil.

Gejala awal yang akan dirasakan dari bahaya baca buku sambil tiduran yang menyebabkan mata minus adalah kesulitan membaca atau melihat sesuatu dengan jelas dari jarak normal. Bagaimana kalau sudah menderita mata minus? Tentu saja jangan pernah sesekali melakukan hal ini karena mata minus kamu bisa saja bertambah parah.

2. Mudah Mengantuk

Penyebab mengantuk bisa jadi karena tubuh terlalu lelah atau kurang istirahat. Ternyata, akibat membaca sambil tiduran juga bisa membuat kita jadi mudah mengantuk. Perhatikan saja kalau kamu baca buku sambil tiduran, maka akan lebih sering menguap. Ini disebabkna adanya reaksi mata lelah yang tidak disadari.

3. Kepala Sangat Pusing

Pernah merasa pusing setelah baca buku sambil tiduran?

Ternyata kondisi ini juga menjadi salah satu bahaya membaca sambil tiduran. Tanpa kamu ketahui, saat membaca sambil berbaring, maka saraf mata akan seperti dipaksa untuk berhubungan dengan saraf otak. Inilah yang menyebabkan kepala mejadi terasa sangat pusing.

4. Merasa Mual dan Muntah

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, dampak membaca sambil tiduran yaitu bisa membuat kepala menjadi sangat pusing. Efek selanjutnya juga bisa memicu rasa mual dan ingin muntah. Kondisi ini bisa saja disebabkan oleh asam lambung yang meningkat karena berbaring terlalu lama.

5. Daya Pikir Melemah

Mungkin tak akan ada yang menyangka bahwa bahaya membaca sambil tiduran adalah membuat daya pikir melemah. Yap, kebiasaan ‘sepele’ ini ternyata bisa berakibat fatal dan sayangnya tak banyak orang yang tahu. Dampaknya pun memang tidak langsung dirasakan, melainkan menjadi salah satu efek jangka panjang.

6. Migrain Berkepanjangan

Bahaya membaca buku sambil tiduran yang berikutnya adalah memicu migrain berkepanjangan. Pada umumnya, migrain atau sakit kepala sebelah memang akan muncul ketika seseorang sedang dalam kondisi yang terlalu lelah. Jika sudah mulai merasakan ini dan dibiarkan, maka akan cukup sulit untuk disembuhkan.

7. Menimbulkan Kecanduan

Kecanduan membaca memang sangat bagus dan positif, namun jika kecanduan membaca sambil tiduran tentu menjadi kebiasaan yang negatif. Akibat baca buku sambil tiduran yang berkaitan dengan jangka panjang adalah kecanduan, sehingga akhirnya tidak bisa konsentrasi menyerap informasi dari buku jika tidak dilakukan sambil berbaring.  

Tips Aman Membaca di Kasur

Sebetulnya tidak ada salahnya jika kamu merasa nyaman menghabiskan waktu seharian di kasur, termasuk membaca buku. Hal yang harus dihindari dan diubah adalah membaca sambil tiduran, namun berarti tak ada masalah jika membaca di kasur dilakukan sambil duduk santai.

Posisi membaca yang aman di kasur atau tempat tidur adalah sambil duduk. Posisi kepala sangat disarankan untuk tegak dan jangan luma menyimpan banyal tipis di punggung agar lebih nyaman. Pastikan pencahayaan di dalam ruangan tidak terlalu redup agar tidak merusak mata.

Membaca buku favorit bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Oleh karena itu, kalau kamu punya hobi baca buku di kasur dan ingin menghindari bahaya membaca sambil tiduran, maka pastikan kasurnya nyaman seperti spring bed INTHEBOX. Permukaan kasur yang empuk dan tidak panas membuat kamu bisa berlama-lama membaca buku favorit.

ARTIKEL LAINNYA

Mengenal Kasur Memory Foam dan Kelebihannya
26 December 2020
Beberapa tahun terakhir, kasur memory foam menjadi cukup populer di Indonesia. Kasur yang mampu meningkatkan kualitas tidur ini, ternyata memang telah direkomendasikan banyak ahli. Baca penjelasan lengkap mengenai kasur memory foam di sini ya! Selengkapnya
4 Penyebab Kaget Saat Tidur & Cara Mengatasinya
18 November 2019
Pernah bermimpi terjatuh hingga akhirnya tersentak saat tidur? Biasanya kita akan langsung terbangun karena kaget saat tidur. Ternyata ada beberapa penyebab yang jarang disadari. Ketahui juga cara mengatasinya! Selengkapnya
Unik! Kasur Pegas dalam Box yang Super Nyaman
14 November 2018
Kasur pegas dalam box seperti spring bed INTHEBOX adalah bentuk inovasi di bidang manufaktur. Selain unik, kasur pegas lipat seperti ini juga sangat praktis karena tak perlu repot membawa kasur berukuran besar ketika membeli, bahkan bisa dibeli secara online! Selengkapnya
CS1