Blog - 7 Aturan Tidur Siang yang Baik, Ideal, dan Optimal

7 Aturan Tidur Siang yang Baik, Ideal, dan Optimal
19/01/2019 22.13 Comments

Tidur siang adalah salah satu cara beristirahat yang paling tepat ketika tubuh sangat lelah. Sayangnya, jarang ada yang tahu seperti apa aturan tidur siang yang baik dan ideal agar istirahat lebih optimal. Tak jarang ketika sedang libur, seseorang akan tidur siang dalam waktu berjam-jam, padahal hal ini salah besar.

Tips dan Aturan Tidur Siang yang Baik

Kenapa harus tidur siang? Seperti yang pernah kita bahas, ada banyak manfaat tidur siang untuk tubuh. Pada intinya, tidur siang yang ideal tidak boleh terlalu lama dan tidak boleh terlalu sore. Bukan hanya itu, ada juga beberapa aturan tidur yang baik agar tubuh beristirahat maksimal di siang hari  

Ini dia tips dan aturan tidur siang yang baik, ideal, dan optimal:

1. Tidur Pukul 2 – 3 Siang

Waktu tidur siang yang baik adalah pukul 2 hingga 3 siang. Kenapa ini menjadi waktu terbaik? Pertimbangannya yaitu biasanya tubuh akan mengantuk setelah makan siang. Bukan hanya itu, tidur di waktu ini juga tidak akan mengganggu waktu makan siang dan juga tidur malam kamu. Pastikan jangan langsung tidur ketika baru saja selesai makan siang.

2. Tidur Siang Maksimal 30 Menit

Tidur siang yang baik tidak boleh terlalu lama dan sangat disarankan maksimal hanya 30 menit. Jangan sampai lebih dari 30 menit karena kamu bisa masuk ke dalam fase tidur nyenyak, sehingga akan merasa lemas saat bangun. Tidur siang yang ideal juga bisa kamu lakukan mulai dari 10 menit jika kamu memang tidak punya banyak waktu.

3. Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Sering bablas tidur siang terlalu lama?

Kalau begitu, kamu harus coba tips tidur siang yaitu dengan meminum secangkir kopi sebelum tidur siang. Usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak gula agar efek kafein bisa segera terasa oleh tubuh. Cara ini terbukti efektif untuk membantu kamu agar tidak tidur terlalu lama dan bisa bangun sebelum 30 menit.  

4. Pilih Posisi Tidur Paling Nyaman

Posisi tidur yang nyaman bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Di waktu tidur siang yang singkat ini, pastikan kamu memilih posisi tidur yang dianggap paling nyaman. Jika kondisinya tidak memungkinkan, misalnya karena sedang berada di kantor, cukup pastikan untuk tidak tidur di atas tangan karena akan menghambat peredaran darah.

5. Ruangan Harus Nyaman

Jika memungkinkan, pastikan untuk tidur siang dia ruangan yang nyaman. Cara untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang baik adalah dengan tidur di ruangan yang redup, sejuk, dan tidak berisik. Ini akan membantu tubuh istirahat optimal meski tidur hanya sebentar.

6. Jangan Langsung Beraktivitas Saat Bangun

Aturan tidur yang baik dan perlu kamu perhatikan adalah jangan pernah langsung beraktivitas atau berkegiatan sesaat setelah bangun tidur siang. Risiko yang akan kamu rasakan yaitu sakit kepala, susah fokus, hingga bad mood. Biarkan tubuh beristirahat dulu sekitar 5 menit agar semua fungsinya kembali seperti semula.

7. Pakai Kasur yang Nyaman

Tips tidur siang yang ideal dan optimal yang satu ini tentu saja baru bisa kamu lakukan jika sedang tidur siang di rumah. Jika sedang di rumah, manfaatkan secara maksimal agar mendapatkan manfaat tidur siang yaitu dengan tidur di atas kasur ternyaman seperti spring bed INTHEBOX. Kasur yang nyaman akan membuat istirahat kamu jadi maksimal dan tubuh akan terasa segar meski waktu tidur siang hanya sebentar.

Itu dia beberapa tips dan aturan tidur siang yang baik, ideal, dan juga optimal versi inthebox. Selamat mencoba!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields