Blog - 5 Akibat Tidur di Sofa (No. 3 Bikin Kapok)

5 Akibat Tidur di Sofa (No. 3 Bikin Kapok)
03/12/2018 13.33 Comments

Ketika bersantai saat siang hari, tak jarang seseorang memilih untuk berbaring di kursi atau sofa dengan alasan lebih nyaman dan tidak akan tidur dalam jangka waktu lama. Kalau kamu sering melakukannya, sebaiknya hindari kebiasaan tidur di kursi. Coba lihat saja berbagai akibat tidur di sofa berikut ini!

Bahaya dan Akibat Tidur di Sofa atau Kursi

Terlihat sepele, padahal sama sekali tidak bisa disepelekan. Kalau kamu sekadar berbaring di sofa untuk bersantai sebentar, nampaknya tak akan menjadi masalah besar. Hal yang menja

Berikut beberapa akibat tidur di sofa yang membuat kamu berpikir dua kali untuk melakukannya lagi:

1. Sulit Mendapatkan Tidur Berkualitas

Ketika kamu memutuskan untuk tidur di sofa, maka jangan harap bisa mendapatkan tidur berkualitas. Meski kamu tidur dengan nyenyak dan dalam jangka waktu cukup lama, dapat dipastikan kalau kamu tidak akan mendapatkan tidur berkualitas.

Selain pegal-pegal, akibat tidur di kursi juga bisa membuat kamu mengalami gangguan tidur. Hal ini bsia terjadi kalau kamu adalah tipe orang yang mudah terlelap dengan nyenyak di sofa saat siang hari. Jangan heran kalau kamu jadi lebih mudah bangun.

2. Sakit Punggung Berkepanjangan

Sakit punggung saat bangun tidur bukan hanya disebabkan oleh tempat tidur yang tidak nyaman. Faktanya, nyeri tulang punggung juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tidur di sofa. Beberapa orang tidak akan mengalami efek samping tidur di kursisecara langsung, kebanyakan setelah melakukan hal ini berkali-kali.

Sakit punggung disebabkan oleh tekanan yang diterima cukup besar ketika kamu tidur di atas sofa dalam kurun waktu yang cukup lama dan juga sering. Tekanan yang cukup besar, namun permukaan tidur tidak empuk lah yang jadi faktor penyebabnya.

3. Menyebabkan Banyak Penyakit

Setiap orang tentu tidak ingin sakit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari salah satu penyebabnya yaitu tidur di atas kursi. Disadari atau tidak, kebanyakan orang tentu lebih malas untuk membersihkan kursi atau sofa. Belum lagi area ini digunakan untuk menyambut tamu. Tak heran kalau akan ada banyak kotoran dan kuman.

Beda halnya dengan kasur. Ketika malas membersihkan kasur, setidaknya kamu akan mengganti sprei, sehingga jumlah kuman dan kotoran akan lebih sedikit. Melihat fakta ini, tentu saja salah satu akibat tidur di sofa adalah ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh kamu.

4. Memengaruhi Struktur Tulang Belakang

Bukan hanya memberikan rasa tidak nyaman dan mendatangkan berbagai penyakit, akibat tidur di sofa juga bisa memengaruhi struktur tulang belakang. Seperti yang kita tahu, sofa tentu dirancang untuk memberikan kenyamanan saat duduk, bukan untuk tidur.

Oleh karena itu, tidur di kursi akan berdampak buruk pada struktur tulang belakang kamu. Bagian permukaan dan isinya memang tidak diracang untuk berbaring. Gejala awalnya bisa terlihat dari rasa tidak nyaman saat bangun tidur di sofa.

5. Tubuh Bisa Kepanasan

Ketika tidur di sofa, tak jarang seseorang akan merasa kepanasan atau mungkin kedinginan. Hal ini dipengaruhi oleh material sofa yang pastinya berbeda dengan kasur. Sebenarnya hal ini juga bisa dialami ketika memilih kasur yang salah karena ada beberapa produsen kasur yang menggunakan material cukup panas.

Nah, itu dia beberapa akibat tidur di sofa yang jarang diketahui, namun perlu diwaspadai. Melihat beberapa efek samping yang ada di atas, sebaiknya tidurlah di kasur yang nyaman. Tidur di atas kasur yang salah juga bisa membuat kamu mengalami hal-hal di atas, lho!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields