Blog - 9 Akibat Kurang Tidur yang Bahaya bagi Kesehatan

9 Akibat Kurang Tidur yang Bahaya bagi Kesehatan
17/08/2018 12.15 Comments

Kamu sering begadang atau mengalami susah tidur malam? Lama-kelamaan mungkin tubuh akan terbiasa, namun faktanya kita bisa mengalami efek kurang tidur yang nyatanya buruk bagi kesehatan. Lalu, apa saja akibat kurang tidur?

Perlu kamu tahu juga bahwa kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda dan ini biasanya berdasarkan usia. Misalnya saja, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam sehari, lalu untuk anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur 8-10 jam sehari.

Nah, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang susah tidur malam, yaitu mulai dari stres, terlalu lama tidur di siang hari, atau bahkan kondisi kasur yang sudah tidak nyaman. Kalau kamu sering mengalaminya, jangan disepelekan!

Berikut ini efek dan akibat kurang tidur:

1. Gampang Sakit

Pernahkah kamu mengalami hal ini?

Sering susah tidur malam membuat tubuh drop dan gampang sakit. Ini disebabkan oleh kurangnya sitokinin dalam tubuh yang berfungsi melawan infeksi dan peradangan. Hormon yang satu ini diproduksi oleh tubuh ketika tidur. Oleh karena itu, saat kurang tidur, kamu akan mudah sakit.

2. Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan momok menakutkan, khususnya bagi para wnaita. Nyatanya hal ini bisa dihindari dengan tidur cukup. Efek kurang tidur memang bisa memicu penuaan dini karena hormon korlistol yang berfungsi menghancurkan kolagen akan bertambah banyak. Dampaknya, muncul lingkaran mata, kulit menjadi kusam, dan tmbul kerutan halus.

3. Mudah Lupa

Jangan heran kalau kamu jadi pelupa karena sering kurang tidur malam. Kenapa bisa begini? Ketika tidur, ingatan jadi menguat karena saraf saling terkoneksi. Ketika kurang tidur, kamu juga akan merasa mengantuk dan ini akan membuatmu sulit berkonsentrasi dan mengingat. Efek jangka panjangnya, kamu bisa mengalami penurunan fungsi otak dalam mengingat dan mengolah informasi.

4. Obesitas

Percaya atau tidak, efek kurang tidur yang berikutnya adalah obesitas. Kondisi tubuh yang terlalu gemuk ini didukung oleh kebiasaan makan di malam hari saat susah tidur. Pasalnya, ketika malam, rasa lapar akan muncul lebih kuat. Jika ini dibiarkan, maka kamu bisa terkena obesitas dan bahkan timbul masalah kesehatan lainnya.

5. Penyakit Jantung

Bukan rahasia lagi bahwa penyakit jantung paling ditakuti oleh banyak orang. Meski kamu tidak punya riwayat kelainan jantung, akibat kurang tidur bisa menyebabkan masaah jantung. Ini dipicu oleh darah yang tidak terpompa dengan baik saat kurang tidur malam. Oleh karena itu, hindari hal ini dengan tidur yang cukup

6. Depresi

Gangguan depresi tentu akan sangat mengganggu dan nyatanya, efek kurang tidur bisa memicu depresi berat. Biasanya hal ini terjadi kepada orang yang sering tidur di bawah enam jam per hari. Salah satu gejala depresi akibat kurang tidur adalah lebih sensitif, cemas berlebih, hingga badan yang tidak fit.

7. Stroke

Akibat kurang tidur yang berikutnya adalah memicu timbulnya penyakit stroke. Penyakit ini disebabkan oleh system pembuluh darah dan jantung yang tidak bekerja dengan baik, sehingga berisiko gangguan pada sistem kerja otak. Khusus bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung memang wajib menjaga kualitas tidur.

8. Performa Seks Menurun

Beragam sumber menjelaskan bahwa sering begadang atau kurang tidur akan mengalami penurunan libido atau hasrat berhubungan seksual. Ini disebabkan oleh rasa kantuk, lelah, dan bahkan stres. Bukan hanya performa seks yang menurun, sering susah tidur malam juga akan membuat pria dan wanita mengalami penurunan kepuasan seksual.

9. Berisiko Terkena Kanker

Sama halnya dengan penyakit jantung dan stroke, kanker juga termasuk penyakit menakutkan dan mematikan. Dikutip dari berbagai sumber, ada penelitian tahun 2010 yang membuktikan bahwa akibat kurang tidur dapat memicu kanker.

Penjelasan ilmiahnya, ketika kamu kurang tidur, sel-sel tubuh tak bisa bekerja dengan baik. Kondisi inilah yang membuat banyak sel di tubuh yang rusak dan tidak bisa membelah diri di saat yang tepat, sehingga sel kanker di tubuh menjadi aktif.

Itu dia penjelasan singkat mengenai efek dan akibat kurang tidur yang bisa kamu alami. Tidak mau ‘kan kesehatan tubuh terganggu hanya karena susah tidur malam? Nah, salah satu caranya yaitu dengan memilih spring bed berkualitas seperti InTheBox.

Kasur InTheBox dijamin akan membuat tidur kamu lebih nyaman dan berkualitas. Kamu juga tak perlu khawatir lagi akan terkena gangguan tidur!

Pelajari inthebox lebih lanjut, di sini

Post Comments

* Required Fields